Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Anna471Avatar border
TS
Anna471
Misteri di Balik Panorama Keindahan Pantai Balekambang
Misteri di Balik Panorama Keindahan Pantai Balekambang


Agan dan Sista pasti pernah mendengar tentang Pantai Balekambang, bukan? Atau justru pernah ke sana? Pantai ini merupakan pantai selatan yang sangat indah, selalu ramai pengunjung, terutama pada hari raya kupatan dan tahun baru. Serta banyak yang bilang pantai ini merupakan miniatur Pantai Kuta Bali. Tapi, entahlah ane nggak pernah pergi ke Bali emoticon-Ngakak



Pantai Balekambang merupakan sebuah pantai yang terletak di Dusun Sumber Jambe Desa Srigono, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Tempat ini tidak hanya menawarkan pemandangan yang luar biasa indah sebagaimana yang terdapat pada deretan pantai selatan. Namun, ada beberapa tradisi dan misteri menarik yang belum banyak diketahui oleh orang.

Misteri di Balik Panorama Keindahan Pantai Balekambang
Liburan asyik

Pantai ini memang terkenal menyimpan banyak misteri berbau mistis serta tradisi yang masih kejawen. Misteri nomor satu yang paling diketahui adalah keberadaan Nyi Roro Kidul, sang penguasa kerajaan di pantai selatan.


Quote:



Misteri di Balik Panorama Keindahan Pantai Balekambang
Pura yang terletak di tengah laut


Sedang untuk tradisi yang sampai sekarang masih dilakukan, yaitu Larung Sesaji.

Larung sesaji adalah salah satu tradisi dalam rangka peringatan tanggal 1 Suro di Pendopo Balekambang.

Sesaji yang akan dilarung dibentuk seperti rumah dan disiapkan di pendopo. Di dalamnya ada aneka polo pendem serta kepala, kaki dan kulit wedus kendit dan jenang suro.

Selain ada yang dilarung, juga ada yang dimakan warga. Setelah didoakan, makanan itu dibagikan ke undangan yang datang. Ada juga yang diambil warga sendiri. Larung sesaji dilakukan di kawasan pantai itu dekat Jembatan Buntung, sekitar 500 meter dari pendopo.

Rombongan pembawa larung sesaji menuju lokasi larung lewat jembatan menuju Pura Amerta Jati, kemudian Kades Srigonco yang membuang sesaji ke laut lepas Pantai Selatan. Kegiatan itu diyakini bisa untuk menolak bala.

Acara yang digelar warga ini bukan untuk memberikan sesajian kepada Nyi Loro Kidul (bagi sebagian orang dianggap sebagai penguasa Laut Selatan). Tapi acara ini merupakan bentuk syukur kepada Tuhan yang telah memberikan rezeki.

Lalu, pada saat hari raya Nyepi diadakan larungan khusus umat Hindu. Sesaji berupa buah-buahan, sayuran, dan bahan hasil tani lainnya.


Misteri di Balik Panorama Keindahan Pantai Balekambang
Liburan asyik


Sedangkan misteri yang ada di Pantai Balekambang selain Nyi Roro Kidul adalah sebagai berikut:

1. Putus dengan Pasangan
Pasangan muda-mudi yang belum menikah dilarang pergi ke Balekambang, karena dikhawatirkan akan terpisah. Akan tetapi, jika sudah menikah nggak masalah pergi berdua ke sana. Percaya atau nggak, mitos tersebut sudah banyak dibuktikan oleh pasangan muda yang belum menikah. Entah, aku sendiri nggak tahu, hanya saja memang menghindari.

2. Membuat Awet Muda
Misteri lain yang terkenal di Pantai Balekambang adalah airnya akan membuat siapa saja yang menggunakannya menjadi awet muda. Banyak yang sudah membuktikan kebenarannya. Namun, ada juga yang nggak merasakan efek apa pun setelah mengusapkan air ke wajahnya. Entah, itu mitos atau fakta, sampai sekarang masih menjadi misteri. Kalau ane sendiri, nggak pernah melakukannya, takut musyrik karena percaya pada mitos. Nggak membasuh muka dengan air pantai saja, wajahku awet imut emoticon-Ngakak

3. Tentang Sumur Pitu
Sumur Pitu letaknya di sebelah barat Pura Ismoyo Jati berada. Merupakan pusat kekuatan mistis Balekambang. Disebut Sumur Pitu karena memiliki lubang air berjumlah tujuh. Namun, banyak yang gagal jika ingin masuk ke kawasan Sumur Pitu ini. Sebab, selalu saja diganggu makhluk halus.

4. Jurang Mayit
Ketika dalam perjalanan ke Balekambang perlu berhati-hati, terutama di kawasan yang memiliki tanjakan dan tikungan yang tajam. Salah satu titik yang sering terjadi kecelakaan adalah Jurang Mayit.



Misteri di Balik Panorama Keindahan Pantai Balekambang
Salah satu souvenir Pantai Balekambang


Demikianlah beberapa tradisi dan misteri yang ada di Pantai Balekambang. Jadi, Agan dan Sista harus berhati-hati jika ingin pergi ke sana. emoticon-Big Kiss

Sekian dari Ane, cukup sekian dan sampai jumpa kembali di thread berikutnya. Jangan lupa kasih cendol, komen, dan Share.
emoticon-Cendol Gan


Opini pribadi dan berdasarkan cerita dari kakak yang tinggal di dekat Balekambang.
Pict. dok.pri


Note:

Wedus kendit: Kambing Jawa hitam yang di tengah-tengahnya ada garis putih.

Polo pendem: makanan tradisional jawa yang diambil dari dalam tanah. Seperti umbi-umbian yang layak dimakan, ketela, singkong. Pokoknya segala makanan yang tumbuh di dalam tanah.
Diubah oleh Anna471 12-04-2020 17:01
evisukmaniati13
riwidy
mayyarossa
mayyarossa dan 41 lainnya memberi reputasi
42
4.6K
136
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.