• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • 5 Alasan Kenapa Mercedes Benz Menjadi Pilihan Favorit Pengusaha Bus Di Pulau Sumatera

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
5 Alasan Kenapa Mercedes Benz Menjadi Pilihan Favorit Pengusaha Bus Di Pulau Sumatera
Bicara soal transportasi dipulau Sumatera,khususnya transportasi bus.Ada hal yang menarik,dimana armada bus Sumatera hampir semuanya menggunakan mesin dan chassis Mercedes Benz gan.Adakah disini yang tinggal di Sumatera ?




Sumber


Yang domisili pulau Sumatera pasti sering melihat logo atau tulisan Mercedes Benz dibody bus Sumatera,nah kenapa pengusaha bus lebih suka pada produk Mercedes Benz ?.Padahal ada beberapa pabrikan lain yang menawarkan mesin dan chassis bus,seperti Hino misalnya.Nah ini dia 5 hal yang menurut ane menjadi faktor utama,kenapa pabrikan dari Jerman ini diminati dipulau Sumatera.Kita mulai dari yang pertama gan emoticon-Big Grin



1.Mengenalkan Mesin Diesel Di Sumatera



Mesin Mercedes Benz OH1521 Intercooler gan emoticon-Big Grin

Sumber


Sebelum menggunakan Mercedes Benz,bus Sumatera ini sangat fanatik dengan merek Amerika gan.Seperti Ford,GMC,dan Chevrolet,beberapa PO besar di Sumatera dulu awal merintisnya menggunakan mesin Chevrolet.Dengan bahan bakar bensin,dibekali sistem perseneling 4 percepatan.


Torsinya memang kecil,tapi mampu menghasilkan tenaga kuda 80-135 PS pada massanya.Mercedes Benz masuk Sumatera sekitar tahun 1970-an,dengan menggunakan mesin diesel dan bahan bakar solar.Kehadirannya mencuri perhatian pengusaha bus waktu itu,ternyata solar lebih irit dari bensin dan tenaganya juga cukup besar.


Memasuki tahun 1980-an,hampir seluruh bus di Sumatera menggunakan Mercedes Benz.Pada saat itu juga berakhrilah era merek Amerika di Sumatera,dan lahir era Mercedes Benz yang dipercaya jadi andalan dilintas Sumatera sampai sekarang.




2.Suspensi Nyaman Dan Rem Full Air Brake



Suspensi udara OH1626 gan.

Sumber


Mercedes Benz ini bisa dibilang terus mengupgrade (meningkatkan) produknya ya gan,diantaranya adalah suspensi dan sistem pengereman.


Sistem pengeremannya diupgrade,dari yang pertama menggunakan sistem hidrolik dengan minyak rem.Kemudian dirubah sistem full air brake (pengereman udara),biasanya kita mendengar suara CEEESSSSsaat bus mengerem.Ini disebut sistem air brake emoticon-Big Grin ,sistem ini lebih aman digunakan kendaraan besar seperti bus dan truk.


Masalah rem akan ane bahas ditulisan yang lainnya,intinya sistem air brake lebih baik dan aman untuk bus dan kendaraan besar lainnya.
Selain itu suspensi Mercedes Benz terkenal nyaman dari dulu gan,karena sudah dilengkapi stabilizer,sehingga bus tetap terasa nyaman digunakan melewati jalan berkelok atau pun bergelombang.Tidak membuat penumpang merasa mual juga emoticon-Big Grin


Kita tahu lintas Sumatera begitu ekstrim apalagi lintas tengah yang melewati Bukittinggi dan Pasaman,dimana melewati jalur pegunungan berkelok-kelok naik turun dan cukup sempit.Dibutuhkam sistem pengereman yang mumpuni untuk melibasnya.





3.Meningkatkan Kemampuan Mesin Yang Dipasarkan



Penampakan mesin Mercedes Benz OF 1113 gan emoticon-Big Grin ,tipe mesinnya OM 352

Sumber



Salah satu tipe mesin yang dipasarkan Mercedes Benz dulu adalah OF 1113 (OF singkatan dari Omni Front=mesin depan) dengan mesin OM 352,6 silinder segaris.Mesin ini juga sudah melewati upgrade yang cukup banyak gan pada perkembangannya,salah satu bus bermesin depan milik Mercy yang laris manis dipasaran pada masanya.


Salah satu upgradenya penambahan baut pada pengikat roda,yang dulu 8 baut dirubah menjadi 10 baut,selain itu mesinnya ditambahkan turbo.Untuk meningkatkan tenaganya,dan sistem pengereman hidroliknya sudah digantikan full air brake.




Chassis dan mesinnya OF 1113 gan,dulu velgnya identik dengan 8 baut.Setelah diupgrade menjadi 10 baut.

Sumber


Mesin OF1113 pun mendapat upgrade dan diganti menjadi OM366,biasa disebut juga OH Prima.Setelah itu OH Prima dipanjangkan wheelbasenya (jarak sumbu roda depan dan belakang) menjadi seri OH 1518,yang kemudian seri ini diupgrade menggunakan perseneling 7 gigi percepatan,dan berubah menjadi 1518 King.


Seri 1518 kembali diupgrade menjadi 1521 Intercooler,seri ini yang begitu legend dari produk Mercedes gan,dan masih banyak dijumpai pada armada bus Sumatera.Sering disebut juga kuler atau kuler jahat emoticon-Big Grin




Setir tampah,ciri khas dari OH 1521 gan emoticon-Big Grin

Sumber




OH1521 milik ALS emoticon-Big Grin

Sumber


Penambahan Intercooler pada mesin 366 L sebelumnya,merubahnya menjadi 366 LA.Dan memiliki tenaga 210 Horse Power,seri 1521 ini diproduksi terakhir tahun 2007 gan.Lebih dikenal juga sebagai Hercules/OH Semi.ALS menjadi salah satu bus yang masih mengoperasikan armada 1521,dan digunakan melayani rute AKAP dan juga menggendong paket lintas pulau Sumatera-Jawa.Tangguh sekaligus kokoh juga Mercedes Benz ini gan emoticon-Belo




4.Menawarkan Berbagai Jenis Variasi Mesin Dan Sparepart Yang Mudah Dicari



Sumber


Mercedes Benz juga menawarkan berbagai jenis chassis dan mesin yang beragam,tidak hanya bermain dikelas big bus.Tapi juga tersedia varian bus medium,yang terbaru adalah tipe OF 917.Yang saat ini digunakan PO Harapan Jaya (Tulungagung) dan Sinar Dempo (Pagar Alam).


Tahun 2004 Mercedes Benz menghadirkan mesin baru yaitu 906 LA Commonrail,dengan sistem elektrik disebut juga OH 1525.Kemudian berkembang lagi menjadi 1526 elektrik dan yang terakhir menjadi 1526 NG.Cukup banyak juga hal yang diupgrade gan,selain itu variasi mesinnya terus berkembang dari masa ke masa emoticon-Big Grin


Beberapa variasi yang ditawarkan Mercedes Benz adalah sebagai berikut,versi entri:1526,1626,1623.Versi premium :1836 dan 2542 (versi 2542 biasanya dibangun menjadi bus tingkat/tronton saat ini gan).Versi medium: OF 917.




Versi entri bus,OH 1526.ANS by Morodadi Prima karoseri emoticon-Big Grin

Sumber




Chassis Premium 2542 dibangun pada bus tingkat emoticon-Big Grin .Sempati Star DD,Adiputro karoseri.





Variasi medium bus OF 917,Sinar Dempo,Adiputro karoseri emoticon-Big Grin

Sumber



Selain itu bila terjadi kerusakan pada komponen mesin,mencari sparepartnya sendiri juga cukup mudah gan.Mekanik di Sumatera kebanyakan sudah mengerti mesin Mercedes Benz,jadi mereka tidak kesulitan untuk memperbaiki bila terjadi trobel.Berbeda dengan seri Volvo atau Scania yang saat ini mulai masuk di Sumatera, mencoba bersaing dengan Benz,dimana tidak semua mekanik menguasai ke dua mesin tersebut.


Jadi agak riskan juga bila terjadi trobel pada chassis dan mesinnya,tidak seperti Mercy yang sudah dikenal di Sumatera.Perbaikannya tentu lebih mudah daripada ke dua pesaing barunya.




5.Hanya Mesin Bus Mercedes Benz Yang Mampu Mengatasi Ekstrimnya Jalur Sumatera ?



NPM melintas Sitinjau Lauik emoticon-Belo

Sumber



Kalau ini mungkin persepsi pengusaha dan masyarakat saja ya gan,saat ini bukan hanya Mercy saja sebenarnya yang bisa melakukannya.Tapi kalau melihat fakta dilapangan,bisa jadi itu bukanlah persepsi semata.


Walaupun saat ini ada Scania dan Volvo yang mulai menarik minat pengusaha bus Sumatera,tapi mereka hanya digunakan disebagian wilayah Sumatera.Seperti Aceh,Medan,Pekanbaru dan sekitarnya.Dimana jalurnya tidak begitu curam (biasanya Volvo dan Scania ditemui melewati lintas timur via Pekanbaru),sementara Mercedes Benz sendiri sudah teruji diberbagai macam kondisi,salah satunya lintas tengah/barat Sumatera.Dimana NPM,ANS,ALS,SAN,Putra Rafflesia dan FRC melewati jalur perbukitan dan pegunungan yang berkelok-kelok.




Sudut tikungan Sitinjau Lauik,ini alasan kenapa Mercedes Benz jadi favorit dipakai melintas jalur ekstrim seperti ini.

Sumber


Salah satunya dijalur Sitinjau Lauik yang banyak tanjakan serta turunan yang ekstrim gan.Dimana NPM,ANS,SAN dan FRC menjadi pemain top dijalur ekstrim tersebut.Kekuatan untuk menanjak serta sistem pengereman saat melewati turunan,saat melewati jalur terkenal di Sumatera ini sangat dibutuhkan.




SAN mencoba taklukan Sitinjau Lauik emoticon-Big Grin




Hujan disertai kabut+jalan tanjakan,dua hal yang saling melengkapi emoticon-Nohope emoticon-Hammer (S)

Sumber Foto


Tak heran bila Mercedes Benz sering mengisi jatah armada bus yang melintas jalur Sumatera Barat ini gan emoticon-Cool
Yang unik setiap kendaraan besar (truk dan bus),ketika akan menanjak pasti mengambil lajur kanan seperti foto diatas.


Agar lebih mudah ketika berbeloknya,maka kendaraan dari atas yang ingin menuruni jalan ini,harus mengalah dan berhenti dulu gan.Kalau langsung berbelok mengikuti lajur kiri jalan,sangat riskan bagi kendaraan besar.


Biasanya ada warga yang siaga disekitar sana mengatur arus lalu lintas,jalur ini termasuk rawan lakalantas gan.Peran warga sangat penting,terutama mengatur kendaraan besar yang hendak menanjak atau menurun,biasanya mereka diberi uang sukarela dari sopir truk dan bus (bukan pungli gan).Mereka tidak memaksa,kalaupun tidak dikasih pun mereka juga tidak mempermasalahkannya.


Ada juga lintas Bukittingi-Pasaman.Yang nanti tembus sampai perbatasan Sumut,jalurnya cukup sempit dan berkelok juga.Dimana rute ini diambil oleh ALS mengisi trayek Medan-Padang dan Medan-Jakarta via Danau Toba.


Salah satu rute ekstrimnya ALS melewati Batu Jomba didareah Sipirok Sumut,yang sudah tidak bisa disebut lagi jalan nasional.Lebih tepatnya jalur full off road gan,seringkali jalannya juga amblas ke sisi jurang.Disini kekuatan mesin dan chassis Mercedes Benz benar-benar diuji melewati jalur ini.




ALS melintas jalur ekstrim Batu Jomba emoticon-Hammer (S)



Penampakan jalur Batu Jomba gan,terlihat ALS sedang berusaha agar tidak terperosok emoticon-Nohope


Tak jauh dari Sipirok ada jalur off road lain yang disebut sebagai "Jalur Neraka",Aek Latong nama jalannya gan.Tanjakannya lumayan curam,serta jalanan tidak rata,dan lumpur yang siap menghisap ketika hujan tiba.Siapa sangka jalur seperti ini dilewati ALS setiap harinya dengan mesin Mercedes Benz,sambil membawa paket barang emoticon-Belo




ALS nomor 399 melintasi jalur neraka Aek Latong gan.

Sumber




ALS lewat jalur neraka Aek Latong emoticon-Hammer (S)

Sumber


Tak heran ALS mempercayakan mesin armadanya pada Mercedes Benz,mengingat jalur yang mereka lewati cukup ekstrim seperti pada foto jalur diatas.Disini ane rasa bahwa hanya Mercedes yang mampu melibas Sumatera itu adalah fakta yang tak terbantahkan (cmiiw gan),gila gak sih melihat bus melewati jalur seperti itu.Dan itu bukan hanya sekali dua kali,berkali-kali malahan emoticon-Hammer (S).


Ini mungkin salah satu pnyebab kenapa PO Sumatera sangat fanatik dengan Mercedes Benz,bukan hanya jalur naik turun bukit dan gunung,tapi jalur ekstrem off road sekalipun mereka mampu melewatinya emoticon-Belo
Terbukti bahwa mesinnya sendiri bandel sekaligus chassisnya cukup kokoh,untuk melewati jalur ekstrim seperti ini.







Quote:




Sumber: Pemikirandan opini pribadi dan pengamatan TS
Referensi: 1,2,3
Foto ilustrasi:google image,blog otomotif
Diubah oleh si.matamalaikat 13-04-2020 12:01
rtrn
nona212
tien212700
tien212700 dan 66 lainnya memberi reputasi
67
12.8K
186
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.