Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

unbelibubbleAvatar border
TS
unbelibubble
Saat Pandemi, masih ada saja order fiktif yang buat ojol rugu

Gambar hanya ilustrasi.

Sumber: detik.com

Makassar - 

Terselip cerita kurang bahagia di balik masa pandemi virus Corona (COVID-19) yang sudah berlangsung lama ini. Sejumlah driver ojek online terpaksa pulang dengan tangan hampa karena mendapatkan teror fiktif.

Kejadian itu bermula saat salah seorang pria di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Adrian (28), terkejut ketika dua orang driver ojol secara bergantian membawa makanan ke rumahnya. Padahal, Adiran sama sekali tidak pernah memesan makanan tersebut.

"Iya kebetulan saya lagi di rumah Pak tiba-tiba ojol langsung datang ke rumah ketuk-ketuk pintu. Saya kaget tiba-tiba dapat orderan makanan," ujar Adrian kepada detikcom, Selasa (14/4/2020).

Menurut Adrian, driver yang pertama datang ke rumahnya sekitar pukul 19.30 Wita, Senin (13/4). Setelah itu, driver kedua datang.

"Yang pertama ada dua ojol yang datang ke rumah saya. Saya tanya ke mereka saya bilang bukan saya yang pesan order makanan sebanyak itu sedangkan saya di rumah hanya sendiri tinggal di rumah," kata Adrian.

Ternyata kedatangan dua driver ojol itu bukan yang terakhir. Adrian mengaku masih 'diserbu' oleh empat driver ojol makanan lainnya hingga total ia telah didatangi oleh enam orang driver.

"Nah ternyata ada lagi datang 4 ojol lagi datang ke rumah. Saya tambah kaget Pak ternyata bukan 2 ojol yang dapat order fiktif tersebut ternyata ada 4 ojol lagi," katanya.

"Dan salah satunya dari mereka ada yang top up senilai Rp 300 ribu. Kasihan ojolnya," ujar Adrian mengaku sedih.

Akibat orderan fiktif, keenam driver ojol itu disebut Adrian terpaksa pulang dengan tangan hampa. Sementara Adrian sendiri memvideokan sejumlah driver ojol yang datang ke rumahnya hingga ramai beredar di media sosial.

"Karena mereka bilang bisa dibikin video saja untuk masukan di Makassar info (akun media sosial) Pak," tutur Adrian.

Adrian sendiri berharap pihak perusahaan aplikasi terkait meningkatkan keamanan untuk menghindari insiden serupa.

Tanggapan Operator Ojol

Head of Regional Corporate Affairs Gojek for East Indonesia, Mulawarman mengatakan pihaknya sejauh ini belum menerima laporan resmi sehubungan dengan kejadian ini, baik dari para driver maupun dari Adrian selaku orang yang diantarkan makanan hasil orderan fiktif. Namun, Mulawarman menyebut pihak Gojek sebenarnya menyediakan sejumlah opsi atau solusi jika insiden ini terjadi.

"Pertama kita tidak temukan ada laporan terkait dengan hal ini. Jadi kalau pun nanti ada kejadian seperti ini, tindakan yang kita lakukan adalah mitra kita lakukan pertama, mitra kita bisa melapor via aplikasi Gojek," ujar Mulawarman kepada wartawan, Selasa (14/4/2020).

Laporan dari mitra terkait orderan makanan fiktif tersebut, kata Mulawarman, nantinya bakal direspons dengan cara pihak operator mengganti kerugian mitra dan makanan yang telanjur dibeli akan disumbangkan.

"Jadi di aplikasi ada pilihan, misalnya order fiktif atau pengiriman tidak sesuai kepada konsumennya. Jadi setelah diklaim tersebut, otomatis uang driver akan kembali," kata Mulawarman.

"Lalu makanan yang telanjur dibeli gimana gitu kan. Nah makanan yang sudah telanjur dibeli itu harus diberikan kepada yayasan ataupun panti asuhan yang terdekat di lokasinya dengan membuktikan dia sudah memberikan, ada foto-foto pendukung lainnya," terang Mulawarman.

Setelah proses dengan mitra telah selesai, lanjut Mulawarman, pihak operator selanjutnya akan memblokir akun milik

"Nanti setelah itu, akun yang memang melakukan pemesanan melalui aplikasinya ke driver itu akan otomatis terblokir," katanya.

Sementara kepada orang yang alamatnya dicatut dalam order fiktif, Mulawarman mengatakan bisa dilaporkan ke call center, baik melalui telepon, email maupun sosial media.

Jahat banget yah gan, udah tau lagi pandemi orang orang pada banyak yang susah, masih aja mau nyusahin orang dengan orderan fiktif, orang-orang kayak gini enaknya diapain ya gan...
Diubah oleh unbelibubble 14-04-2020 15:11
Godmenu
Nesonnim
Vitaminsea300
Vitaminsea300 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
1.3K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.