Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

KarjoKareAvatar border
TS
KarjoKare
Sosok Dibalik Lahirnya Pabrikan Otomotif Asal Jepang

Industri otomotif mulai menggeliat pada paruh kedua abad ke – 19, dimana kala itu kendaraan dibuat terbatas dan dengan metode hand made. Barulah pada abad ke – 20 ditemukan cara memproduksi kendaraan secara massal.

Saat itu Amerika menjadi negara jagoan untuk urusan penjualan mobil, disusul oleh Eropa, dan Jepang. Banyak merek – merek mobil yang bermunculan kala itu GanSis, dan gak sedikit pula yang gulung tikar karena kalah bersaing dipasaran.


Saat ini, di Indonesia mobil – mobil buatan Jepang menjadi raja, karena mereka menawarkan mobil dengan spesifikasi yang mumpuni dan harga yang terjangkau. Nah, berikut ini Ane mau ngenalin Agan dan Sista ama sosok dibalik populernya mobil – mobil pabrikan Jepang:

Toyota – Kiichiro Toyoda


Kiichiro Toyoda adalah anak dari Sakichi Toyoda yang merupakan pemilik dari perusahaan Toyoda. Kiichiro merupakan sosok yang memiliki peran besar dalam menghadirkan divisi pengembangan produksi mobil di perusahaan ayahnya tersebut.

Pada awalnya (1924 – 1933) perusahaan Toyoda merupakan produsen mesin tenun untuk industri tekstil. Dan baru di tahun 1933, Kiichiro membuat divisi baru untuk memproduksi sebuah mobil. Pada April 1936, divisi tersebut sukses membuat mobil penumpang pertama yang diberi nama Toyoda Model AA.

Tahu 1937, nama Toyoda dibanti menjadi Toyota, dan saat itu pula divisi tersebut memisahkan diri dari perusahaan Toyoda. Kiichiro Toyoda resmi memimpin Toyoda Motor Corporation dari tahun 1941 hingga 1950. Saat ini Toyota dipimpin oleh sang cucu Akio Toyoda.

Mitsubishi – Yataro Iwasaki 


Lebih dulu dari Toyota, Mitsubishi masuk industri otomotif mulai pada tahun 1917. Sebelum berkecimpung di industri otomotif, Yataro Iwasaki selaku pendiri, memulai usahanya dengan menjadi produsen mesin pelayaran (1870).

Mobil pertama Mitsubishi adalah mobil penumpang Mitsubishi Model A. Sayangnya produksi mobil pertama ini dihentikan pada tahun 1921 karena hanya laku sebanyak 22 unit. Hal ini disebabkan karena Mitsubishi Model A ini dijual lebih mahal dibanding mobil Eropa dan Amerika.

Kemudian pada tahun 1934, Mitsubishi kembali memproduksi sebuah mobil yang diberi nama PX33. Kehadirannya kala itu cukup mencuri perhatian karena penggunaannya khusus militer. Salah satu keunggulan mobil ini adalah sistem penggerak empat roda. Ini merupakan yang pertama di dunia.

Honda – Soichiro Honda


Sosok penting dibalik munculnya Honda Sebagai kendaraan adalah Soichiro Honda. Pada awalnya Soichiro memiliki pabrik Tokai Seiki yang memproduksi komponen mesin untuk Toyota. Namun, akibat dari perang dunia kedua dan terjadinya gempa bumi di Mikawa pada 1945, Soichiro harus kehilangan pabriknya.

Akibat kejadian tersebut banyak aset dan karyawan yang hilang. Namun dengan bermodal beberapa barang yang bisa diselamatkan dan uang senilai 450 ribu yen, Soichiro mulai melangkah kembali. Dengan hanya dibantu staf sebanyak 12 orang di sebuah ruangan berukuran 16 meter persegi, Soichiro mampu membangun sebuah motor bermesin 50 cc. Dan pada Agustus 1963, karena ketekunannya ia mampu membuat sebuah mobil yang diberi nama pikap mini T360. Selanjutnya pada Oktober 1963, Honda resmi meluncurkan mobil pertama mereka S500.

Nissan Datsun – Yoshisuke Aikawa


Sebelum adanya merek Nissan, dulunya pabrikan tersebut bernama DAT, yang merupakan singkatan dari para investornya, Den Kenjiro, Aoyama Rokuro, dan Takeuchi Meitaro. Datsun Tipe 11 merupakan mobil penumpang pertama (1931) yang dikeluarkan oleh DAT.

Pada tahun 1934, DAT resmi dibeli oleh Yoshisuke Aikawa yang merupakan pemilik perusahaan Nihon Sangyo. Karena udah dibeli, Aikawa menggati nama DAT menjadi Nissan, yang merupakan singkatan dari Nihon Sangyo.

Di tangan Aikawa, Nissan mulai mendunia dengan produksi mobilnya. Datsun tipe 14 menjadi mobil pertama yang ditelurkan Nihon Sangyo. Aikawa pun mulai melebarkan penjualan Nissan ke pasar Ekspor.

Suzuki – Michio Suzuki


Mirip dengan Toyota, awalnya Suzuki merupakan perusahan penghasil mesin tenun. Ini bermula pada tahun 1909. Setelah 28 tahun berkecimpung dengan mesin tenun, sang pemilik Michio Suzuki mulai melihat peluang yang potensial di indusri otomotif.

Pada tahun 1937, Suzuki mulai mengembangkan mobil prototipenya yang berfokus pada mobil ukuran kecil. Namun, rencana Suzuki ini harus terhenti karena meledaknya perang dunia kedua.

Setelah perang dunia kedua berakhir, peluang di dunia otomotif kembali diambil Suzuki. Pada tahun 1952, Suzuki resmi memproduksi sebuah kendaraan pertamanya yakni motor Power Free. Kendaraan pertama ini cukup sukses dipasaran, ini terlihat dari jumlah produksi yang mencapai 6.000 unit tiap bulannya.

Pada tahun 1954, Suzuki mulai membuat mobil. Pada tahun 1955 mobil Suzuki Suzulight lahir. Inilah titik awal Suzuki konsisten memproduksi mobil hingga sekarang.



rtrn
nona212
tien212700
tien212700 dan 23 lainnya memberi reputasi
24
2K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.