RSKOJakartaAvatar border
TS
RSKOJakarta
Sakit Gigi Di Masa Pandemi Covid-19, ini Solusi nya Gan


Hayoooo gan, sakit apa yang nyebelin ? .. kayaknya bakal ada yang nyebutin sakit gigi

  

Sakit gigi merupakan suatu keadaan yang sangat menyiksa, walaupun keadaan ini tidak menyebabkan kematian kecuali dalam keadaan kronis yang menyebabkan tersebarnya bakteri atau virus yang terdapat didalam mulut.

Jadi kesehatan mulut dapat menyebabkan kematian tetapi tidak bersifat primer melainkan sekunder maupun tersier. Untuk itu perlu diwaspadai menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Didalam kondisi pandemic covid 19 amat jarang rumah sakit atau klinik yang membuka pelayanan poliklinik gigi dan mulut. Keputusan dari Persatuan Dokter Gigi Seluruh Indonesia (PDGI) bahwa dokter gigi dilarang melakukan tindakan medis kedokteran gigi kecuali dalam keadaan darurat menyebabkan banyak keluhan dari masyarakat yang akan memeriksakan giginya karena keadaan ini.

Keadaan tersebut menyebabkan masyarakat harus mengetahui bagaimana cara untuk melakukan penanganan secara mandiri mengatasi sakit gigi di rumah dalam keadaan pandemic covid-19
..
Terdapat Berbagai Cara Untuk Mengobati Sakit Gigi dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan dirumah, yaitu ;

1. Kompres Pakai Es Batu
Kompres menggunakan es batu, ini akan sangat membantu mengurangi rasa sakit pada gigi. Cara nya dengan menggunakan es batu yang dipecah dan dibungkus menggunakan handuk kecil dan ditempelkan pada pipi yang sakit selama minimal 15 menit dan diulang sehari 3 kali.

2. Kumur dengan Air Garam
Air garam merupakan anti septik yang cukup bagus untuk menghilangkan peradangan pada gusi dan mengurangi rasa nyeri pada gusi. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh garam dengan setengah gelas air matang hangat dikumur selama 15 menit dan diulang hingga rasa nyeri berkurang
..
Bila Anda memiliki waktu, ada cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan tanaman obat / rempah-rempah yang memiliki khasiat kesehatan ;
1. Bawang Putih / Bawang Merah
Bawang putih sama dengan bawang merah berguna sebagai antiseptic alami. Caranya adalah dengan menumbuk halus 1 siung bawang putih dengan sdt garam lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

2. Daun Jambu Biji
Daun jambu biji juga ternyata berguna sebagai antibakteri yang berguna untuk menjaga kesehatan mulut. Selain itu daun jambu efektif sebagai cara mengobati sakit gigi karena mempunyai antibakteri, antiiflamasi, dan analgesi yang kuat.

3. Cengkih
Minyak cengkih terbukti secara efektif mampu meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan untuk sementara waktu. Pasalnya cengkih mengandung senyawa eugenol, yang berperan sebagai antiseptik alami.
Caranya dengan meneteskan mnyak cengkih kedalam gigi yang berlubang, atau memasukan kapas steril yang telah ditetesi dengan cengkeh dan diletakkan kedalam lubang gigi sampai hilang rasa sakitnya, dan diluang jika perlu
..
Jika diri kita lebih percaya dengan obat, Anda dapat membeli obat pereda nyeri. Bila kita ingin membeli obat di apotek terdapat beberapa obat yang mengurangi rasa sakit gigi.

Walaupun begitu, Anda tetap perlu memperhatikan apakah mempunyai alergi pada obat yang ditawarkan oleh pihak apotek tersebut apa tidak, mempunyai sakit maag apa tidak, dan apakah mempunyai kontra indikasi dengan obat tersebut apa tidak. Ada baiknya Anda membaca keterangan pada kemasan obat tersebut sebelum mengkonsumsinya.

Ada beberapa cara terbaik mencegah sakit gigi yakni dengan rutin sikat gigi minimal dua kali sehari, melakukan teknik sikat gigi yang benar, memilih sikat gigi dan pasta gigi yang tepat, flossing gigi dan tentunya rutin periksa gigi ke Dokter Gigi
-----
Blogpost ini diupload oleh Instalasi Humas dan PKRS RSKO Jakarta
Penulis : Drg. Bagus Ario Wibowo, MM (Dokter Gigi, Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta)
Terima kasih, Salam Hangat RSKO Jakarta
Facebook (DISINI) - Twitter (DISINI) - Instagram (DISINI) - Web (DISINI)




Diubah oleh RSKOJakarta 13-04-2020 07:02
0
554
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Healthy Lifestyle
Healthy LifestyleKASKUS Official
7.6KThread2.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.