Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Motor Apa Sih Ini? Moge Tapi Bentuknya Mirip Seperti Muka Kadal

OdlevaAvatar border
TS
Odleva
Motor Apa Sih Ini? Moge Tapi Bentuknya Mirip Seperti Muka Kadal
Semakin kesini semakin banyak yang melakukan inovasi termasuk diduni otomotif. Kemarin baru saja muncul motor baru yang bentuknya bisa dibilang aneh banget bahkan cenderung gak lazim.

Motor ini bernama Vyrus Alyen Steering Hub, bisa dibilang Vyrus merupakan rival dari Bimota yang juga sering membuat motor-motor sport bertampang aneh seperti ini.Motor Apa Sih Ini? Moge Tapi Bentuknya Mirip Seperti Muka Kadal
Motor Apa Sih Ini? Moge Tapi Bentuknya Mirip Seperti Muka Kadal

Vyrus juga membuat model yang sama seperti Bimota yakni penggunaan kontruksi steering hub depan yang sangat gak lazim digunakan di motor-motor konvensional. Steering ini bentuknya seperti lengan ayun, kurang lebih sistem supensinya mirip seperti shock belakang dengan monoshock, lalu setir digerakan dengan hub yang sudah dihitung dan diriset sedemikian rupa...intinya bentuk steering seperti ini jauh lebih kompleks dan sulit diaplikasikan di motor.

Gak hanya sistem penggerak depan yang aneh, desain motor ini juga sangat unik, mereka banyak menggunakan wing yang sekilas bentuk kembangan wing ini mirip seperti kelopak bunga yang lagi mekar. Secara konsep memang semuanya terlihat sudah diperhitungkan, mulai dari bagian depan sampai belakan. Bahkan mereka berani bikin jok single seat yang bagian ujungnya gak ada tambahan behel atau penyangga...serem banget tuh kalau si pengendara terlalu mundur, bisa-bisa masuk ke kolong vender.

Motor Apa Sih Ini? Moge Tapi Bentuknya Mirip Seperti Muka Kadal

Kalau kalian lihat desain mesinnya mungkin gak bakal asing lagi, karena Vyrus Alyen ini menggunakan basis motor dari Ducati Panigale V2 1285cc. Sama seperti Bimota, mereka juga menggandeng perusahaan untuk mensuplai basis motor, bedanya Bimota menggandeng Kawasaki sebagai produk rebagdenya.
Kita masih bisa lihat bagian swingarm belakang tetap mempertahankan model mono, biar seragam dengan lengan ayun depan.

Urusan kaki-kaki lainnya, terlihat Vyrus belum menggunakan suspensi milik Ohlins, mungkin saja mereka pakai shock Sachs, namun untuk rem mereka pakai merk Brembo GP4. Kemudian kalau dilihat-lihat velgnya pakai bahan serat karbon, yang tentunya bikin bobot motor jauh lebih ringan.

Motor Apa Sih Ini? Moge Tapi Bentuknya Mirip Seperti Muka Kadal
Motor Apa Sih Ini? Moge Tapi Bentuknya Mirip Seperti Muka Kadal

Lampu depan sudah LED namun hanya single headlamp, tapi gak bisa dibilang jelek juga.

Sektor mesin mereka pakai mesin Ducati 1299 V Twin 90 derajat dengan ukuran bore 116 mm dan stroke 70.8 mm. Mesin tersebut memiliki tenaga mencapai 205 hp pada 10.500rpm dengan 6 percepatan dan didukung sistem pendinginan radiator.

Kapasitas tangki mencapai 11 liter, kemudian ukuran kaki-kaki menggunakan profil 120/70-17 untuk depan dan belakang 200/60-17 bagian belakang.

Motor Apa Sih Ini? Moge Tapi Bentuknya Mirip Seperti Muka KadalMotor Apa Sih Ini? Moge Tapi Bentuknya Mirip Seperti Muka Kadal

Dengan hadirnya steering hub depan secara otomatis bikin berat motor jadi bertambah, meskipun sektor bodywork pakai full carbon namun tidak akan lebih ringan layaknya motor-motor sport sekelasnya.
Referensi : pertamax7.com(6/4/2020).


PrinScrup
blueguy.co.id
tien212700
tien212700 dan 23 lainnya memberi reputasi
24
4.2K
13
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.8KThread16.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.