Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kolollolokAvatar border
TS
kolollolok
Di Kepulauan Mentawai Surfer Ini Menemukan Jati Diri


Hi agan sista, jumpa lagi sama ane, TS magang di dunia perkaskusan perkara bikin thread, setelah kemarin membahas DARI BINTANG PORNO SEKARANG JADI YOUTUBER ane balik lagi nih menyuguhkan ragam informasi untuk agan sista semoga bermanfaat deh ya, kali ini ane mau bahas mengenai seorang surfer yang rela meninggalkan tanah kelahiran dan menghabiskan waktu di kepulauan Mentawai, seperti apa kisahnya ??? Penasaran kan kan kan … Langsung aja scroll ke bawah … Selamat Membaca … Let’s Go … !!!


Rob Henry pria asal Melbourne ini rela meninggalkan tanah kelahiran juga pekerjaannya sebagai surfer ke kepulauan mentawai, saat itu terjadi krisis keuangan global di tahun 2008. Krisis ekonomi itu membuat rob berpikir untuk menjalani kehidupan lebih baik di tengah situasi serba sulit, bagaimana ia akan menjalani kehidupan setelah bencana krisis ekonomi, perubahan gaya hidup mulai dijalaninnya selain untuk menyikapi apa yang sedang terjadi juga sebagai salah satu upaya dirinya mencari arti hidup juga jati dirinya.

Untuk meneguhkan hatinya rob memberanikan diri untuk memulai petualangan dengan meninggalkan tanah kelahirannya. Awalnya rob datang ke indonesia tidak langsung ke kepulauan Mentawai tapi mendatangi sebuah resor untuk tujuan surfing dan terlibat dalam sebuah proyek film tetapi ketika sedang berada di resor, ia bertemu dengan seseorang, dari pertemuan tersebut membuat jiwa dan hatinya berpikir ribuan kali tentang kehadirannya di dunia dan memulai untuk pencarian tentang arti kehidupan.

Andy pegawai resor yang membuat rob merubah pola pikirnya tentang arti sebuah kehidupan, kebebasan, bagaimana kedekatan andy dengan alam mentawai, semenjak saat itulah andy sangat merubah rob, rob serasa menemukan sesuatu hal baru yang tidak pernah ia dapatkan di tanah kelahirannya melbourne. Untuk mengobati rasa penasaran rob pun memutuskan untuk mendatangi desa nelayan terpencil untuk menemui penduduk asli Mentawai yang sudah ribuan tahun beranak pinak tanpa sentuhan modernitas, bergantung terhadap alam.


Bagi rob kepulauan mentawai merupakan kawasan sangat asing, tidak ada satu pun orang kepulauan mentawai yang mengerti bahasa rob (inggris), seiring waktu berjalan, rob pun dapat diterima serta bersosialisasi terhadap masyarakat kepulauan mentawai dan lambat laun dapat berkomunikasi dengan bahasa mereka, beradaptasi dengan masyarakat, alam, adat istiadat merupakan keseharian yang baru bagi rob, hingga rob menjalani ritual untuk membuat tato khas mentawai atau biasa disebut titi yang konon merupakan seni tato tertua di dunia.

Titi sudah dirajah ke tubuh orang mentawai mungkin sekitar zaman logam (1500 SM – 500 SM), tak hanya itu rob juga mempelajari kepercayaan suku mentawai Arat Sabulungan. Dalam kepercayaan suku mentawai ”segala hal di alam memiliki jiwa dan jika manusia meninggal jiwa mereka akan kembali ke alam dan menjadi bagian dari alam” tapi rob sangat menyayangkan karena semua tradisi, adat istiadat, dan segala macam tentang suku asli mentawai sudah mulai pudar karena generasi baru enggan untuk melestarikan.

Berbeda dengan para tetua yang tetap melestarikan segala hal tentang suku mentawai asli kebudayaan, adat istiadat, ritual hingga kepercayaan masih tradisional asli mentawai, selama 8 tahun rob di kepulauan mentawai ia menghasilkan satu buah film dokumenter bertajuk As Worlds Divide Bercerita tentang suku mentawai dari segala macam sisi. pelajaran yang didapat oleh rob adalah untuk bahagia hanya diperlukan sedikit, bukan hanya materi tetapi didapatkan dari diri sendiri juga hubungan dengan keluarga dan juga teman.

Untuk menemukan sebuah jati diri, kebahagian dan arti hidup terkadang di luar batas nalar, seorang surfer Australia menemukan itu setelah ia berpetualang jauh meninggalkan tanah kelahirannya, menjauhi gaya hidup modern, dan semua kehidupan glamour lainnya. Apakah kita sudah menemui tujuan hidup kita ? Mendapatkan Arti hidup dan lainnya ? Setidaknya dengan thread ini ane mengajak untuk kita semua dapat bersyukur dan berbuat untuk hal lebih baik agar mendatangakan kebahagiaan untuk diri sendiri dan sesama, Terima kasih atas atensinya agan sista, sampai jumpa di thread ane berikutnya ...

 ... JANGAN LUPA BERSYUKUR, STAY SAFE & TETAP SEMANGAT ...

Depok, 12 April 2020
Penulis : Kolollolok
Referensi : Dari SINI





4iinch
sebelahblog
infinitesoul
infinitesoul dan 10 lainnya memberi reputasi
11
1.9K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.