Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

akramdjazuliAvatar border
TS
akramdjazuli
7 Bangunan Masjid Bersejarah di Spanyol


7 Bangunan Masjid Bersejarah di Spanyol



Spanyol adalah negara yang indah dengan budaya yang kaya dan sejarah yang sangat menarik. Berabad-abad lamanya Spanyol pernah dikuasai oleh umat Islam dan telah meninggalkan bagi kita beberapa masjid yang sangat indah.

Meskipun banyak dari masjid-masjid itu dihancurkan dan diubah menjadi gereja, beberapa di antaranya berhasil selamat dari upaya Spanyol untuk menghapus jejak pemerintahan Muslim di Spanyol dari halaman-halaman sejarah.


1. Masjid Agung Cordoba
7 Bangunan Masjid Bersejarah di Spanyol

Masjid Cordoba merupakan salah satu bukti kejayaan Islam Spanyol di masa dahulu. Setelah runtuhnya kekuasaan Islam masjid itu kemudian diubah menjadi katedral hingga saat ini. Ciri-ciri sebagai masjid masih terlihat dari adanya mihrab dan menara tempat menyerukan adzan, yang kini digunakan untuk meletakan lonceng.

Terletak di Calle Cardenal Herrero, 1, 14003 Córdoba, Spanyol, Bangunan bersejarah itu merupakan situs warisan dunia UNESCO dan banyak dikunjungi wisatawan.


2. Masjid Cristo de la Luz
7 Bangunan Masjid Bersejarah di Spanyol

Masjid Cristo de la Luz  terletak di Calle Cristo de La Luz 22, 45003 Toledo, Spanyol. Meskipun sudah tidak difungsikan lagi sebagai masjid, bangunan ini tetap dalam kondisi yang utuh seperti awalnya ketika dibangun.
Kini bangunan itu merupakan situs peninggalan sejarah dan dijadikan objek wisata yang penting di Toledo.

3. Masjid Almonaster
7 Bangunan Masjid Bersejarah di Spanyol

Masjid Almonaster atau Al Munastyr terletak di Provinsi Huelvam, Spanyol. Dibangun abad 10 Masehi pada masa Abdul Rahman III yang memimpin Cordoba pada saat itu. Masjid ini didirikan di atas reruntuhan sebuah kuil romawi dan gereja di era Visigoth abad ke 5 Masehi.


Nama masjid Almonaster kemudian menjadi nama kota Almonaster la Real. Setelah penaklukan Kristen, masjid ini berubah fungsi menjadi gereja. Meski begitu, bangunan aslinya masih terlihat jelas. Nama masjid pun diubah menjadi gereja Santa Maria sesuai dengan nama gereja Visigoth sebelum masjid dibangun.

4. Masjid Abu Bakr
7 Bangunan Masjid Bersejarah di Spanyol

Masjid Abu Bakr atau Mezquita Central de Madrid terletak di Calle Anastasio Herrero, 5, 28020, lingkungan Cuatro Caminos di distrik Tetuán, Madrid, Spanyol. Dirancang oleh arsitek Juan Mora dan diresmikan pada tahun 1988, merupakan masjid pertama di ibu kota sejak akhir pendudukan Islam pada 1085 .


Gedung setinggi empat lantai ini sebenarnya merupakan Pusat Budaya Islam Madrid plus masjid yang dilengkapi dengan kantor, sekolah, perpustakaan, auditorium dan toko.

5. Masjid Bashrat
7 Bangunan Masjid Bersejarah di Spanyol

Masjid Bashrat atau Mezquita Basharat yang artinya “kabar baik” terletak di 14630 Pedro Abad, Córdoba, Spanyol, merupakan salah satu masjid terkenal di Spanyol yang didirikan oleh Jamaah Islam Ahmadiyah.
Masjid ini memiliki sejarah penting bagi Spanyol yang dibangun sejak akhir pemerintahan Muslim pada akhir abad ke-15.


Masjid Basharat mulai dibangun pada masa Khalifat-ul Masih ke-3, Mirza Nasir Ahmad pada tanggal 9 Oktober 1980. Kemudian diresmikan penggunaanya pada tanggal 10 September 1982 oleh Khalifatul masih ke-4, Mirza Tahir Ahmad.

6. Masjid las Tornerías
7 Bangunan Masjid Bersejarah di Spanyol

Ini adalah bekas masjid yang terletak di Plaza Solarejo 7, 45001 Toledo dan salah satu masjid tua di Spanyol. Sekitar pertengahan abad ke-11 masjid ini dibangun di atas fondasi arsitektur Romawi, yang terletak di lingkungan lama Muslim Arrabal de Francos.


Masjid ini dibangun di dinding tangki air Romawi. Sangat disayangkan bahwa permata tersembunyi ini belum dibuka untuk umum atau dipulihkan, meskipun merupakan satu dari dua Masjid yang masih hidup di Kota Tiga Budaya.


7. Masjid King Abdul Aziz
7 Bangunan Masjid Bersejarah di Spanyol

Masjid ini terletak di Las Lomas de Marbella | Urb. Marbella Montana, 29602, Marbella, Provinsi Malaga. Dibangun pada tahun 1981, oleh arsitek Córdoban Juan Mora. Konstruksi diperintahkan oleh Pangeran Salman untuk menghormati Raja Fahd, yang sering mengunjungi Marbella.


Termasuk juga Masjid Fuengirola dan Masjid Malaga, Masjid Marbella dibiayai dengan uang dari Arab Saudi, karena itu menjadi bagian dari mazhab pemikiran Salafi, sebuah gerakan yang dominan di Arab Saudi.


Itulah 7 bangunan masjid yang ada di Spanyol, baik yang masih berfungsi maupun yang tidak berfungsi masjid lagi, bukti keberadaan Islam di Spanyol dari dulu hingga saat ini.

Sumber: bewaramulia.com
.doflamingo.
4iinch
sebelahblog
sebelahblog dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.5K
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.