Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

poilosAvatar border
TS
poilos
[Solo Trip Nepal] Melihat indahnya dunia, menikmati Nepal lebih dari Himalaya.

Nepal, entah sejak kapan dan kenapa gw sangat tertarik dengan negara ini. Ketika gw bilang ke rekan tentang rencana perjalanan gw ke Nepal, banyak respon yang bervariasi dari rekan gw. "ngapain ke Nepal?", "emang ada apaan disono?", "ih negara jorok & kumuh, orangnya bau". Apalagi setelah gw bilang gw kesana solo trip selama 20 hari dan karena trip ini gw pun memutuskan resign dari kantor gw. 
Jawaban gw buat rekan-rekan gw itu memang gabisa gw jelaskan dan biasa gw cuman bisa tertawa kecil karena kita gabisa maksain apa yang kita percaya dan anggap penting ke semua orang.
Pertama kali gw tertarik ke Nepal adalah saat gw SMA, saat baca tentang Nepal & Himalaya dan seketika gw berpikir suatu saat gw bakal pijakin kaki di pegunungan Himalaya. Singkat cerita pas gw kuliah gw mengikuti organisasi pecinta alam dan selama disana gw diajarin gimana caranya menyusun perjalanan dan menghitung semua aspek yang diperlukan buat perjalanan (mata kuliah ini gabakal bisa didapet dari kuliah reguler), dan pada suatu hari gw mengingat akan mimpi gw pas SMA tentang Himalaya, saat itu juga gw bertekad untuk merealisasikan salah satu impian gw itu. 
Ada beberapa hal yang harus gw, pertimbangin buat trip ini:
1) Gw lagi kerja kantoran yang strict, dan gw gamau banget kalo ke Nepal cuman sebentar apalagi sekedar trekking lalu pulang, rencana gw adalah minimal gw melakukan banyak kegiatan di Nepal dengan sefektif mungkin.
2) Siapa yang bisa gw ajak ke Nepal dan yang bisa nyisihin waktunya juga.
Setelah bebarpa bulan pertimbangan, akhirnya gw putusin kalo nggak diijin cuti 20 hari gw akan resign, dan gw akan solo-trip, dan keputusan gw udah bulat, akhirnya gw mulai untuk mencari tau tentang Nepal mulai dari tempat, transport, mata uang, dll. 
Dan tanggal yang gw pilih adalah 2 - 20 Oktober 2019, sejalan di trip ini gw bakal kasih tau apa aja yang gw lakuin di Nepal selain trekking di Himalaya, karena Nepal yang di gambarkan selama ini 80% tentang pegunungan Himalaya, padahal masih banyak hal lain yang gak kalah menarik yang bisa lu lakuin di sana.

2 Oktober | Jakarta - KL - Kathmandu
Perjalanan gw dimulai dari Jakarta menuju Kathmandu transit via KL. Berangkat dari Jakarta sekitar jam 11 Pagi dan tiba di Kathmandu sekitar jam 10 malam waktu Kathmandu. 
Setelah sampai di bandara Kathmandu ada beberapa tips yang bisa gw share:
1) JANGAN! foto-foto / video mulai dari turun pesawat sampe keluar dari imigrasi bandaranya, jadi ada seorang turis yang begitu masuk gedung bandara langsung foto-foto dan ngerekam, seketika itu juga mereka dicegat sama petugas bandara dan diminta untuk dihapus semua foto & videonya.
2) Urus visa lewat website online. Karena banyak yang ngurus pake mesin di bandara antrinya bisa 2jam lebih, kalau kalian via online tinggal bawah print-an resi pendaftarannya dan tinggal bayar di kasir sesuai tarif visa nya, untuk semua dokumen mending kalian udah di siapin dari jakarta dan dibawa dalam hand baggage akan sangat memudahkan proses legal.
2) Nepal menggunakan mata uang Nepali Rupee, mata uang ini gabisa dituker diluar negaranya jadi saran gw bawa USD dari jakarta dan baru kalian tuker ketika sampe di Nepal. 
3) USD yang dituker dibandara lebih baik untuk keperluan taxi dari bandara - hotel & beli paket data yang ada di bandara. Untuk kebutuhan selanjutnya lebih baik dituker di daerah kota karena rate di bandara mahal.
4) Dideket pintu keluar bandara ada 2 provider lokal yang nyediain paket data, mereka langsung nyediain paket buat turis dan harganya juga masih masuk akal (paket gw sekitar 200 ribu untuk 20 hari)
5) Untuk tempat stay paling nyaman tinggal di daerah Thamel, daerah ini adalah daerah turis di Kathmandu. Disini banyak restaurant, hotel, money changer, dan toko-toko lainnya. 
oke setelah gw sampai di bandara dan mengurus semua dokumen yang diperluin, gw segera cari taxi buat ke hotel.

3 Oktober | Ngalor ngidul di Kathmandu, Thamel, Garden of Dreams, Durbar Square
A. Thamel
Hari ke-2 di Nepal gw berencana untuk hanya keliling di Kathmandu dan ngunjungi beberapa tempat-tempat di Kathmandu. sekedar info traffic di Kathmandu bisa dibilang lebih semberawut dari Jakarta dan polusinya juga lebih parah dari Jakarta.
Setelah bangun dan menjalankan ritual pagi, gw langsung ambil daypack dan bersiap nyusurin Kathmandu pake kaki. karena gw stay di daerah Thamel, buat cari sarapan gampang dan pilihannya lumayan banyak dan gausa takut kalo gacocok karena udah banyak makanan western disini. Pilihan sarapan gw kali ini adalah Thamel Doner Kebab, kebab ini gede, padet, dan ngenyangin banget.[e



gaselang berselang 30 menit setelah gw kekenyangan makan Kebab, terliriklah suatu dagangan yang rame, kondisinya didepan proyek bangunan dan rame kuli-kuli proyek ngumpul, tanpa basa basi gw samperin dan ngeliat ada jajanan yang kayaknya asik, orang-orang sana melirik gw lumayan keheranan dan gw disodorin bangku pendek. Namanya adalah chai (teh susu) dan biasa dimakan sama Sel Roti. Seporsi chai dan 2 buah roti harganya cuman 3000 rupiah, pantes tuh kuli proyek pada nongkrong disana.

Suasana di Thamel ini asik banget buat sekedar jalan-jalan, dengan arsitektur yang masih jadul dan banyak toko-toko tradisional, gampang banget buat kehipnotis, apalagi masih banyak shrine & temple yang tiba-tiba muncul ditengah keramaian. 
Di Thamel ini juga sebagai perhentian turis-turis yang mau mulai pendakiannya ke berbagai rute pendakian di Nepal. jadi buat kalian yang mau nanjak dan butuh belanja persiapan terakhir disini banyak toko-toko outdoor yang menjual berbagai macam kebutuhan mulai dari peralatan, jaket, trekking pole, sepatu, carrier, sampe obat-obatan banyak tersedia. dan saran gw buat yang mau ke Nepal untuk trekking, buat yang gamau beli biasanya mereka juga nyediain penyewaan alat trekking. Karena semua peralatan gw udah lengkap dari Jakarta, jadi gw nggak masuk ke toko outdoor, kenapa? takut kalap.





B. Garden of Dreams
Setelah seharian jalan-jalan di Thamel, gw terhipnotis jalan, arah angin, dan burung gagak (serius Kathmandu banyak banget burung gagak & dara) gw akhirnya tiba disuatu tempat yang menarik banget, dari pintu masuknya udah banyak tumbuhan merambat sejenis pager hidup, tanpa pikir panjang gw pun masuk kedalam. untuk masuk kesana perlu bayar tiket masuk (gw lupa mungkin sekitar 30 ribuan). 
Setelah gw baca-baca brosurnya, ternyata tempat ini namanya Garden of Dreams
Atmosfir didalem sini beda banget dengan ke-chaos-an Kathmandu yang hectic banget. sebenernya didalem sini gaada suatu wahana atau apapun yang bisa dilakukan, cuman setelah seharian jalan di Kathmandu begitu masuk taman ini, mood seakan-akan dimainin, tiba-tiba semuanya jadi tenang dan bisa sejenak duduk dan nikmatin serenity didalem taman ini.



Masih banyak lagi sih tempat yang gw datengin waktu di sini tapi mungkin nanti jadi kepanjangan buat hari pertama doang. Mungkin 1 hal yang menarik banget yang gw ceritain adalah cerita pertemuan gw sama homeless pas di Thamel.

C. Systematic Chaos, Homeless di Thamel
Salah satu kejadian yang wah banget, yang mungkin gak kepikiran sama gw yang bisa terjadi dan mengubah 80% jalannya trip gw di Nepal adalah pertemuan gw dengan satu homeless pas jalan-jalan di Thamel.
Ceritanya pas gw jalan-jalan di Thamel tanpa ada tujuan sedikitpun mau ngapain tiba tiba ada orang panggil gw, karena gw lagi mode adventure akhirnya gw samperin dan kita ngobrol-ngobrol. sebut aja dia H (beneran homeless dia tidur dipinggir jalan beralaskan kardus dan selimut yang udah lusuh) tapi yang bikin gw bingung bahasa inggrisnya fasih banget. singkat cerita kita ngobrol dan ternyata dia orang yang berpendidikan, dia sekolah di Jerman, dan pernah kerja di Jerman, Perancis, California, Texas, gaheran bahasa Inggrisnya bagus banget, cuman gw gaberani nanya cerita dia gimana bisa jadi homeless dengan pendidikan dan pengalaman yang dia punya.
akhirnya gw cerita dengan rencana gw untuk trekking ke daerah Langtang & Gosaikunda Lake, dan dia dengan sangat concern dan kekeh untuk gw mempertimbangkan ke sana sendirian, akhirnya dia membawa gw ketemu temennya yang seorang operator Tour & Travel, persis didepan lapak dia. awalnya gw curiga dan takut kalo ada yang aneh-aneh, cuman setelah gw liat tempatnya meyakinkan dan memang kantor pariwisata akhirnya gw mengiyakan untuk masuk. 
disana gw disambut sama operator, namanya karsang, nah disini mulai hal yang gak gw perkirakan terjadi. Jadi ternyata tanggal yang gw tentuin untuk ke Langtang itu bertepatan dengan Festival Dashain, kalo di Indonesia setara Lebaran dan jadi orang-orang yang tinggal di Kathmandu bakal pulang kampung, dan sangat kebetulan kampung karsang itu deket sama daerah yang bakal gw kunjungin, namanya desa Goljung. singkat cerita Karsang nawarin untuk ikut dia pulang kampung ke desanya dan ngerayain Dashain bareng didesanya selama 2 malem, setelah itu dia bakal temenin gw buat nanjak Langtang & Gosaikunda Lake, dengan harga yang menurut gw gabisa dibandingin dengan experience yang bakal gw dapet, akhirnya gw iyakan untuk usul dia. Jadilah perjalanan kali ini yang awalnya cuman mau nanjak berubah jadi cultural trip + bonus trekking. 

mungkin segini dulu yang bisa gw ceritain. next gw bakal ceritain apa aja yang gw alamin selama festival disana dan pastinya gimana sih Trekking Route Langtang & Gosaikunda Lake, dan yang terakhir yang gak kalah menarik gw secara impulsif ikut meditation retreat di antah berantah.

4 Oktober | Ikut mudik bareng warga lokal naik Jeep ke Syabrubesi
Altitude: 2.380masl

A. Dokumen Perijinan
Kalo ada yang mau trekking ke Nepal, gw saranin jangan langsung jalan 1 hari setelah sampe di Katmandu, tapi sisihin 1 hari untuk persiapan terakhir (obat, peralatan, dll) dan urus dokumen terlebih dahulu yaitu TIMS & Langtang Region Permit (semua rute di Nepal harus ada perijinannya, googling aja dan sesuai rute sama keperluan dokumennya), kalau pengurusan sendiri bisa diurus di Nepal Tourism Board, cuman gw ditawarin untuk dibantu pengurusan sama Karsang karena dia udah ada orang kenalan didalem jadi gausah repot dan ngantri. Dokumen pengurusannya gw lupa cuman bisa di cek di Nepal Tourism Board, untuk biaya TIMS = 2000NPR & Region Permit = 3000NPR (sekitar Rp600 ribuan, lumayan murah menghitung gw belasan hari disini dan tourist).



B. Kathmandu - Syabrubesi


Hari ini, gw bakal mudik naik Jeep ke desa / start point pendakian rute Langtang & Gosaikunda Lake. Nama desanya adalah Syabrubesi. Jarak dari Kathmandu - Syabrubesi sekitar 150km dan jangan percaya sama google yang katanya cuman 5,5 jam, tapi karena kondisi jalan dan lalu lintas Nepal yang menurut gw lebih buruk dari Indonesia, gw naik Jeep membutuhkan waktu sekitar 10 Jam termasuk 2x berhenti 1jam untuk makan pagi dan makan siang dan istirahat lurusin tulang belakang.
Pilihan transportasi dari Kathmandu ke Syabrubesi bisa menggunakan 3 pilihan:
1. Private Jeep : Kayak namanya jadi sewa 1 Jeep rate waktu itu gw tanya sekitar 400$ muat 7 orang (1 depan, 3 tengah, 3 belakang)
2. Shared Jeep : Mirip yang pertama tapi sharing sama orang lain, harganya sekitar 15$/orang
3. Bus : ini transportasi yang paling nggak direkomendasiin, karena kondisi jalan yang lumayan ancur, jadi guncangan busnya sangat terasa dan sering gw liat pennumpang bus musti turun karena kondisi jalan berlumpur dan sering slip, dari sergi harga paling murah, 600 NPR (+-Rp75.000)
Semua transport tsb ngepool di terminal Macchapokhari dan biasanya pembelian tiket langsung di terminal. Rata-rata semuanya jalan jam 7 pagi dari sini.

Perjalanan kali ini gw beruntung banget karena udah pesen tiket sharing Jeep 2 minggu sebelum kedatangan. Sebelumnya gw gatau kalo gw datang bertepatan dengan festival Dashain dan orang-orang dari Kathmandu banyak yang mudik ke desanya masing-masing. Jadi waktu gw sampe diterminal Macchapokhari, banyak turis-turis yang terdampar disana karena mereka mau beli tiket hari H di sana, tapi karena ada festival ini mereka kehabisan tiket dan dibilang 2 hari lagi baru ada tiket yang kosong, paling adanya Private Jeep, cuman dari sisi harga jauh lebih mahal. Gw dapet tiket Shared Jeep dengan harga yang sangat murah 10$/person (orang yang jual kasih gw harga lokal karena cuman sendiri) tapi kata dia biasanya paling murah 15$/orang buat turis. View selama perjalanan sebenernya agak mirip sih sama kalau roadtrip jakarta - Jawa Tengah. cuman dengan kondisi yang lebih ekstrim karena jalannya lebih rusak dan dipinggir jurang.

View dominan selama perjalanan


View rest area makan siang


Gambaran jalan yang dilewatin (sekitar 40% jalan kyk gini)


Sebelum tiba di Syabrubesi, ada desa namanya Dhunce dan disini bakal di cek TIMS & Langtang Region Permit, ini kenapa gw saranin buat bikin permit pas di Kathmandu karena kalo disini kalian gaada permit, ngurusnya bakal ribet dan lebih mahal. Mereka harus inquiry ke Kathmandu untuk daftarin pake komputer karena disini nggak ada jaringan. Dan yang lebih repot lagi kalian bakal ditinggal sama kendaraan karena mereka gamau nunggu untuk sampe dokumen itu kelar diurus, jadi bakal di drop disini, dan harus jalan / cari kendaraan lagi untuk ke Syabrubesi.

Permit Checking Counter


C. Tiba di Syabrubesi
Gw jalan dari Kathmandu jam 7 pagi dan sampai di Syabrubesi jam 4 Siang, Oh iya gw diminta buat tinggal sehari dulu disyabrubesi sebelum besoknya Karsang bakal jemput gw, dia jalan dari Kathmandu siang karena masih ada kerjaan di Kathmandu. Gw diarahin untuk stay di Hotel Sky, hotel ini punya adiknya Karsang jadi gw dapet diskon disini, untuk harga makan malam + kamar + makan pagi gw bayar sekitar 1000 NPR (-+Rp125.000), oh iya selama trekking di sini sistem bayarnya lumayan unik, jadi pembayaran dilakuin pas Checkout, dan kita bakal dikasih buku besar dan tulis apa aja yang dimakan dari makan malam & makan pagi dan harganya ditulis sendiri (harga ada di menu) dan disediain kalkulator, setelah itu totalnya baru kalian bayar, kalau jago nawar, disini kalian juga bisa nawar dari harga total, misal total 2000NPR kalian tawar jadi 1500NPP, beberapa orang ada yang bisa tapi biasa tergantung kondisi ruangan rame/nggak, kalo rame biasanya gabakal dikasih nawar, nanti yang lain ikutan. Nah karena gw bareng Karsang, jadi semua pembayaran gw percayakan ke dia dan memang diakuin harga orang lokal jauh lebih murah dibanding turis (bisa 40-50% lebih murah). Gambaran untuk desa Syabrubesi sebenernya gak gede-gede banget mungkin panjang jalannya cuman 500 meter yang ada pemukimannya, dan karena terkenal perhentian terakhir sebelum trek Langtang, disini ada beberapa toko peralatan outdoor cuman harganya mahal, dan kalau butuh porter/guide, bisa info ke Hotel, nanti mereka akan carikan, cuman yang pasti harganya bakal lebih mahal.

Kondisi hotel didesa ini masih bagus karena masih terhubung jalan aspal. Perlu diketahui semakin tinggi elevasinya dan makin terpencil, biaya kamar & makan makin mahal dan kondisi kamar juga makin seadanya, sama juga untuk jaringan internet dan Hot Shower.

Sedikit Gambaran Syabrubesi


Hotel Sky


Kondisi Kamar



Hari ini sekian dulu yang bisa gw tulis dan share, kalo ada pertanyaan boleh ditanya dibawah, gw bakal bantu jawab sebisamungkin.
Diubah oleh poilos 20-04-2020 08:08
BumiTimur
onik
nona212
nona212 dan 14 lainnya memberi reputasi
15
1.6K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Catatan Perjalanan OANC
Catatan Perjalanan OANCKASKUS Official
1.9KThread1.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.