Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

Ā© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

aliveboysAvatar border
TS
aliveboys
Newbie Belajar Nulis
Hai... Kenalin aku newbie di sini, dan ini adalah tulisan pertama ku di kaskus.

Newbie Belajar Nulis

Aku di sini mau ngebahas tentang sebuah tulisan atau sebuah karya tulis yg dipublish di internet dan hak cipta.

Tapi sebelum itu baca dulu ya definisi dari menulis apa. šŸ¤”

Apa itu menulis?

Menulis adalah suatu kegiatan untuk menuangkan gagasan atau pikiran ke dalam bentuk tulisan. Inget ya dalam bentuk tulisan, kalo gambar namanya melukis.šŸ™…ā€ā™‚

šŸ˜ Nenek kecebur got jg tau ya kan šŸ˜

Bentuk tulisan sendiri umumnya ya dalam bentuk buku. Tapi, di era digital sekarang bentuk tulisan itu terbagi 2, yaitu dalam bentuk buku dan bentuk digital.

Sepengamatan aku, akhir2 ini tu trend menulis menjadi kegiatan favorit bagi kaum anak muda, terutama menulis dalam bentuk digital. Ini terbukti dari grup2 sosmed yang bermunculan para newbie seperti saya. Darimana saya tau itu newbie? karena mereka jg posting2 pertanyaan seputar tulis menulis.

Pertanyaan dan Permasahalan

Nah yang jadi pertanyaan, motivasi menulis tu penting gak si? Kalo aku sendiri kan motivasinya pertama karna aku suka nulis, dan kedua aku berharap ini bisa jadi pekerjaan gitu loh. Tapi temen2 yang lain tu pertanyaan2 nya menurut aku banyak yg aneh, contoh: kalo copas dari buku nanti tulisan kita dianggap copas gak ya? atau cara biar lulus copyright gmn ya?

Kita yg terjun ke dunia ginian pasti ya minimal punya basic nulis ya kan? trus kenapa mau berurusan sama copyright? toh bikin karya sendiri bisa. "Saya gak tau cara nulis" lah kalo gitu ngapain terjun di dunia ginian? tapi kalo mau dibilang gak bisa nulis, bikin postingan di sosmed bisa, itu ya itungannya tulisan jg. šŸ¤”

Rumusan masalah versi saya

Nulis ya nulis aja, gak mesti bener jg toh yang penting apa yg mau kita sampaikan tu bisa dibaca oleh pembaca, masalah pembaca ngerti apa enggaknya urusan belakang. šŸ˜

Maksudku gini loh, daripada copas karya orang kan itu memalukan, mending karya org tersebut dijadikan refrensi aja, pelajari materi yg mau ditulis dari tulisan org lain tersebut, kalo udah paham lanjut tuangkan ke dalam tulisan mu sendiri dan dgn bahasa sendiri. Dengan demikian gak perlu khawatir soal copyright.

Kesimpulan

Serius, nulis sendiri itu lebih menyenangkan walaupun acak-acakan seperti saya. Nulis ya nulis aja masalah bener enggak tulisan kita kan nanti bisa diedit lagi, apalagi buat kita yang serius terjun di dunia ginian, kalo dari awalnya melenceng nanti ke depannya gak maximal jg dan bisa menghancurkan apa yg sudah kita bangun. (kata senior yg ngajari aku)

Yoklah stop copas karya org. Kita gak munafiklah, tujuan utama nulis pasti buat cari duit. Tapi justru itu, biar duit yg kita dapat bisa berjangka panjang dan halal tentunya. Kalo kita copas karya org? iya skrg mungkin gak ketahuan, kalo esok hari org nya tau trus ngelapor? abis lah kitanya ya kan?

#GerakanStopCopas

Cukup sekian tulisan ini, atau lebih tepatnya curhatan ini, terima kasih yg udah baca. semoga wabah corona cepat berlalu, Aamiin šŸ¤²
lina.wh
.doflamingo.
4iinch
4iinch dan 5 lainnya memberi reputasi
6
984
5
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Citizen Journalism
Citizen JournalismKASKUS Official
12.8KThreadā€¢5.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
Ā© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.