qonidioAvatar border
TS
qonidio
Ayam Petelor di Kandang Murahan Nih, Kepoin Yuk!


Hola, Gansist! Pagi ini ayam petelor Ane dah pada antre tuh di kandang minta jatah makan pagi. Biasanya sih Ane makaninnya sehari dua kali. Tiap pagi dan sore hari. Dah hampir setahunan Ane pelihara nih Ayam petelor loh. Dulu beli bibit per ekor itu 44 ribuan kalau gak salah sih. Dah lupa-lupa ingat.


Quote:


Nah, #MumpungdiRumah Ane jadi ngeluangin wantu buat ngasih makan mereka. Ayam-ayam ini berjasa banget buatku. Saban hari anak-anak Ane makannya telor sih. Kalau sehari bisa setengah kilogram habis dimakan mereka. Bayangin jika Ane harus beli saban hari tuh? Sekarang harga telor pun turun-turun-naik efek pandemi Corona sih. Alhamdulillah, Ane kagak perlu beli telor, malahan bisa jual telor. Para tetangga pada beli ke Ane selain lebih murah tentunya. Biasanya Ane cek harga di internet, sebelum mematok harga. Harga di sini selisih 700 perak ma daerah Madiun, intinya gitu.


tool rahasia Ane biar gak bau. Huhuhuhu.


Quote:


Dalam memelihara ayam petelor ini banyak susah senangnya. Ane sebelumnya lihat tata cara di plafrom lihat video gitu yang mereka dibayar pakai dollar. Nah, Ane kepincut ma salah satu video peternak ayam petelor yang bikin kandangnya murah beud. Hanya pakai bambu (ini saya kagak beli ya, soale punya kebun bambu sendiri), ram kawat, dan baja ringan sedikit. Tahulah kalau harus pakai paku dan bur, 😂😂😂 untuk memasangnya. Huhuhuhu.

Biar kata orang nernak kok setengah-setengah Ane kagak peduli. Ane dulu dah sempat peliharaan bebek juga, tapi kurang dan bahkan rugi besar.😢😢. Well, balik ke ayam petelor tadi. Saat beli bibit itu umur 11-14 minggu dengan catatan bibit telah divaksin ama si penjual. Biasanya mereka kulakan dari areal Magetan. Ane belum beli bibit lagi, tahu sendiri pan Magetan zona merah? Alhamdulillah, pasien positif Corona di sana dah pada sembuh, Ane sangat dan sangat turut bersyukur lho.

Menginjak bulan kelima, ayam-ayam petelor Ane dah pada baik hati karena mau nelor. Apaan coba?😂😂😂 Maaf banget ini bahasaku amburadul, wong kampung Ane nih, Gansist. Ane sendiri gak ada patokan buat pakannya kok. Ane biasanya nambahin sendiri pakan organik biar ngirit pakan beli jadi. Inu Ane dah rundingin ma penjual bibit yang juga punya sepuluh ekor buat logistik rumah tangganya sendiri lho. Hemat pangkal kaya kan? Ha-ha-ha!

Ane pakai M-4 itu supaya kandang gak bau dan gak ngrugiin tetangga. Demi kerukunan ajah sih. Ane pelihara ayam petelor ini di samping rumah. Oh ya, Ane kelupaan itu atap kandang pakai asbes agar suhu dalam kandang tetap hangat, Gansist.

Kalian tahu kenapa ada telor kuningnya terang dan pucat? Itu juga pengaruh pakan sih. Ane dah coba ngurangin ini dan itu. Menurut Ane tetep yang terbaik adalah pakan hasil campuran sendiri.

Oke, itulah kisah sederhana Ane yang lagi gandrung ma ayam petelor. Ane soalae tipe orang yang gak suka beli, mending buat sendiri agar tahu kualitas dan gak ragu buat mengkonsumsinya sih. Apalagi di tengah pandemi Corona kan ya?


Ini cerita Ane, mana cerita kalean?



Penulis : @qonidio
Sumber : Semua hasil pemikiran dan dokumentasi pribadi Gansist



Ngawi, 7 April 2020
Salam Paseduluran,


qonidio
Gimi96
NadarNadz
tien212700
tien212700 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
455
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hewan Peliharaan
Hewan Peliharaan
icon
6.9KThread•2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.