Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AzizatulisnaeniAvatar border
TS
Azizatulisnaeni
Sebab Penyakit Dalam Hati Salah Satunya Kurang Bersyukur
Hati merupakan termasuk organ penting dalam tubuh manusia. Pada umumnya hati memiliki pengaruh besar sehingga dapat menentukan perilaku seseorang. Jika seseorang berperilaku baik maka baik pula amal perbuatannya begitu juga sebaliknya.
Seperti organ lainnya, hati juga bisa menimbulkan penyakit. Penyakit hati menurut islam yaitu salah satu bersemayamnya setan serta keburukan sehingga perilaku orang tersebut terpengaruh untuk melakukan hal yang buruk.
Perlu anda ketahui penyakit hati dalam islam bukanlah penyakit hatu yang menyangkut kesehatan seseorang. Namun terpengaruhnya perilaku serta perbuatan manusia. Berikut firman Allah.
Dan adapun orang – orang yang di dalam hati mereka ada penyakit, maka dengan surat itu bertambah kekafiran mereka, disamping kekafirannya (yang telah ada) dan mereka mati dalam keadaan kafir. (QS. At Taubah : 125)
Dalam firman Allah di atas dijelaskan bahwa penyakit hati pada seseorang membawa pada kekafiran bahkan mati dalam keadaan kafir. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk menjaga hati dari berbagai hal yang kotor sehingga dapat merusak keimanan dan ketaqwaan kita.

Penyebab penyakit hati

1. Kurangnya bersyukur
Kita dianjurkan untuk senantiasa bersyukur agar bertambahnya nikmat hidup kita. Rasa kurang bersyukur pada diri kita tentang apa yang telah Allah berikan akan menyebabkan penyakit hati.

2. Lemahnya iman
Hati yang kotor juga bisa tergantung dengan keimanan kita. Semakin lemahnya iman kita maka semakin kotor pula hati kita. Jika hal tersebut terjadi maka hati kita mudah sekali terpengaruh dengan bisikan setan sehingga menimbulkan penyakit hati.

3. Merasa dirinya paling baik
Merasa dirinya paling baik merupakan salah satu penyebab penyakit hati. Salah satunya merasa dirinya melakukan amal ibadah lebih baik dari orang lain sehingga menimbulkan sifat yang sombong.

4. Menginginkan dirinya seperti orang lain
Penyakit hati kali ini sering terjadi di dalam kehidupan kita. Salah satunya iri dengan apa yang dimiliki orang lain. Selain itu, tidak suka melihat orang lain bahagia sehingga mempengaruhi orang lain supaya melakukan hal yang sama dan keduanya terjerumus dalam penyakit hati tersebut.

Demikian penjelasan di atas. Semoga kita terhindar dari penyakit - penyakit hati yang membuat diri kita jauh dari Allah SWT. Sekian.

Sumber : ~ Al – Quran dan terjemahnya
Diubah oleh Azizatulisnaeni 06-04-2020 05:57
0
398
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
LifestyleKASKUS Official
10.5KThread11.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.