Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dialog.rasackltAvatar border
TS
dialog.rasacklt
Rasa Asli Dari Coklat Dan Manfaat Coklat
Apa Itu Coklat

Cokelat adalah sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao (Theobroma cacao). Cokelat pertama kali dikonsumsi oleh penduduk Mesoamerika kuno sebagai minuman, walaupun dipercaya bahwa dahulu cokelat hanya bisa dikonsumsi oleh para bangsawan.

Cokelat umumnya diberikan sebagai hadiah atau bingkisan pada hari raya. Dengan bentuk, corak, dan rasa yang unik, cokelat sering digunakan sebagai ungkapan terima kasih, simpati, atau perhatian bahkan sebagai pernyataan cinta. Cokelat juga telah menjadi salah satu rasa yang paling populer di dunia. Selain dikonsumsi paling umum dalam bentuk cokelat batangan, cokelat juga menjadi bahan minuman hangat dan dingin.

Rasa Asli Coklat

Rasa cokelat masih sulit didefinisikan. Dalam bukunya Kaisar Cokelat (Emperors of Chocolate), Joel Glenn Brenner menggambarkan riset terkini tentang rasanya. Menurutnya rasa cokelat tercipta dari campuran 1.200 macam zat, tanpa satu rasa yang jelas-jelas dominan. Sebagian dari zat itu rasanya sangat tidak enak kalau berdiri sendiri. Karenanya, sampai kini belum ada rasa cokelat tiruan.

Efek psikologis yang terjadi saat menikmati cokelat dikarenakan titik leleh lemak kokoa ini terletak sedikit di bawah suhu normal tubuh manusia. Sebagai ilustrasi, bila anda memakan sepotong cokelat, lemak dari cokelat tersebut akan lumer di dalam mulut. 

Lumernya lemak kokoa menimbulkan rasa lembut yang khas dimulut, riset terakhir dari BBC mengindikasikan bahwa lelehnya cokelat di dalam mulut meningkatkan aktivitas otak dan debaran jantung yang lebih kuat daripada aktivitas yang dihasilkan dari ciuman mulut ke mulut, dan juga akan terasa empat kali lebih lama bahkan setelah aktivitas ini berhenti.

cokelat batangan yang dikenal di masyarakat yang terasa manis tersebut merupakan hasil industri hilir biji kakao (bubuk, pasta atau lemak cacao) yang dicampur dengan bahan tambahan lainnya termasuk gula yang akan menghasilkan rasa manis di cokelat. Cokelat yang kita makan aslinya berasal dari biji kakao yang diolah menjadi cocoa liquor, cocoa butter dan cocoa powder yang kalau dicicipi terasa pahit. 

Jadi baik tidaknya cokelat yang kita makan tergantung dari jumlah kandungan gula yang digunakan. Makin sedikit penggunaan gula (Dark chocolate) makin bagus cokelat tersebut untuk kesehatan.

Manfaat Coklat

Selama  ini kita sering mendengar para orang tua melarang anak-anaknya untuk jangan makan cokelat kebanyakan nanti bisa sakit gigi dan bikin gemuk. Padahal cokelat (Chocolate) dipercaya mengandung anti oksidan flavonoid dan polifenol, yang dapat membantu mengurangi efek penuaan, meningkatkan gairah dan semangat hidup serta membantu mengurangi stress. Selain itu ada beberapa lagi manfaat dari coklat, simak berikut ini.

1. Mencegah penyakit jantung
2. Menurunkan tekanan darah
3. Menurunkan kolesterol
4. Anti depresan
5. Kandungan lemak rendah
6. Meningkatkan sirkulasi darah
7. Menghindari kelelahan kronis
8. Menghambat penuaan
9. Coklat meningkatkan kesehatan mata.
10. Coklat mengurangi risiko kanker.
11. Coklat meningkatkan produksi insulin alami.
12. Coklat dapat menghaluskan kulit.
13. Coklat membantu kita untuk menurunkan berat badan.
14. Coklat sangat baik untuk Kesehatan Otak
onik
nona212
masturcom
masturcom dan 9 lainnya memberi reputasi
10
1.1K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Selera Nusantara (Indonesian Food)
Selera Nusantara (Indonesian Food)KASKUS Official
9KThread6.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.