kucingnyapakrtAvatar border
TS
kucingnyapakrt
Imbau Pasien Tak ke Klinik karena Corona, Dokter Gigi Jakarta Dipecat


Jakarta - Seorang dokter gigi di Jakarta dilaporkan dipecat dari klinik tempatnya bekerja. Masalah bermula ketika sang dokter mengimbau pasiennya untuk tidak datang dulu ke klinik di tengah wabah virus corona COVID-19.

"Singkat cerita, kami para dokter dan tim operasional khawatir akan tindakan yang kami lakukan semenjak meluasnya wabah COVID ini," kata sang dokter pada detikcom, Sabtu (4/3/2020).

"Kekhawatiran kami semakin bertambah sejak perusahaan mempromosikan sejumlah perawatan dengan harga murah di tengah pandemi ini. Perawatan tersebut dianjurkan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) untuk ditunda dulu karena dapat menimbulkan aerosol dan bukan tindakan emergency," lanjutnya.


Seperti diketahui virus corona secara umum menyerang saluran pernapasan dan bisa ditularkan melalui percikan liur (droplet). Oleh karena itu tindakan dokter gigi termasuk pekerjaan berisiko tinggi karena berurusan langsung dengan mulut pasien.

Sang dokter dan beberapa rekan kerjanya lalu mendapat teguran dari pihak klinik. Mereka diminta menandatangani perjanjian di atas materai. Bila tidak mau menandatangani perjanjian tersebut para dokter didorong untuk mengundurkan diri.

"Sebagian dari kami sambil menangis terpaksa menandatangani surat tersebut. Sebagian yang menolak dipanggil ke bagian human capital," kata sang dokter yang menyebut sudah sekitar 15 dokter diberhentikan hingga Jumat 3 April 2020.

Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Jakarta Pusat, drg Ahmad Syaukani, membenarkan adanya kasus sejumlah dokter gigi yang dipecat karena menjalankan imbauan penundaan perawatan gigi pada pasien. Kasus kini ditangani oleh Badan Pembinaan dan Pembelaan Anggota (BPPA) PDGI.

"Kebetulan saya yang menangani dan memediasi kasus ini langsung," ujarnya.


Sumber : https://health.detik.com/berita-deti...rom=wp_nhl_7 

==========================================

dilematis juga ya..

di satu sisi, ane bisa mengerti dokter gigi adalah salah satu yang paling rawan tertular covid-19 dari pasiennya.

tapi di sisi lain, ada juga pasien gigi yang syarafnya tertekan. itu sakitnya luar biasa. jauh lebih sakit dibanding sakit gigi biasa. tak bisa diobati dengan sikat gigi, kumur garam atau kumur daun sirih. minum obat perada rasa nyeri juga tidak mempan. ane pernah soalnya.

pasien2 semacam itu butuh perawatan dokter.

mudah2an ada solusi yang terbaik untuk masalah ini.


4iinch
sebelahblog
darmawati040
darmawati040 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
1.8K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.