LastsdaysAvatar border
TS
Lastsdays
5 Cara Cek Pajak Mobil Di Seluruh Wilayah Indonesia
Pajak Kendaraan Bermotor atau sering disebut sebagai PKB adalah pajak yang dikenakan untuk pemilik kendaraan bermotor seperti mobil maupun motor yang di operasikan pada jalan darat. Besaran pajak sebenarnya ditentukan oleh dua hal utama yaitu nilai kendaraan serta bobot terjadi potensi pencemaran.


Membayar pajak secara tarator dapat membantu sisi pembangunan karena masuk kedalam pendapatan negara. Dengan membayar pajak secara tidak langsung juga akan memudahkan pemilik kendaraan mengajukan pinjaman ke Bank. Semua rekaman pajak tentu akan jadi dokumen pendukung sehingga pinjaman bisa disetujui.

Pajak mobil nilainya lebih besar dibandingkan pajak motor. Jangan sampai anda telat membayar pajak karena akan membuat kendaraan tidak bisa dioperasikan di jalan raya. Tilang akan diberikan bagi pemilik kendaraan yang tidak membayar pajak. Oleh karena itu cara cek pajak mobil secara berkala wajib dilakukan agar tidak kena denda.

Apalagi beberapa tahun ini biaya denda pajak terus naik sehingga jangan sampai telat dalam membayar. Kemudahan juga dapat diperoleh karena pembayaran pajak bisa secara online maupun offline.

Cara Cek Pajak Mobil Terbaru

Biasanya pemilik kendaraan akan terkena pajak progresif apabila memiliki mobil lebih dari satu. Perhitungan nya berdasarkan pada tahun pembelian kendaraan mulai dari pertama sampai terakhir. Agar bisa melakukan cek pajak mobil silahkan ikuti beberapa langkah dibawah ini :

1. Melalui STNK Dan BPKB Mobil

Paling mudah adalah melakukan pengecekan pajak secara langsung melalui STNK maupun BPKB mobil. Secara langsung akan muncul besaran pajak yang harus dibayar pertahun. Selain itu informasi mobil juga tercantum mulai pemilik, nomor rangka sampai dengan waktu pembayaran pajak.

2. Melalui Website Resmi

Kemudahan dalam pembayaran pajak online membuat banyak orang memilih nya. Selain itu anda juga bisa melakukan pengecekan pajak sesuai dengan website Samsat yang ada di wilayah anda. Melalui website Samsat anda bisa memperoleh informasi meliputi besaran pajak, tanggal jatuh tempo serta kepemilikan kendaraan. Memang belum seluruh wilayah di Indonesia memiliki fasilitas website Samsat, nah untuk yang sudah tersedia ada di daerah :


a. DKI Jakarta : https://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_KBM

b. Jawa Timur : https://dipendajatim.go.id/

c. Jawa Barat :  https://bapenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/

d. Yogyakarta : http://infonjkbdiy.com/

e. Jawa Tengah : http://dppad.jatengprov.go.id/info-p...jak-kendaraan/

3. Melalui Aplikasi

Cara berikutnya adalah menggunakan aplikasi yang disediakan oleh Samsat daerah. Secara langsung melalui aplikasi anda dapat cek pajak bahkan apakah terlibat curanmor. Sementara ini memang semua aplikasi hanya tersedia untuk pengguna smartphone android saja. Jika untuk pengguna iOS maka bisa menggunakan cara lain seperti lewat SMS.

a. SAMSAT ONLINE NASIONAL : https://play.google.com/store/apps/d...neNasional.hdt

b. SAKPOLE e-SAMSAT JATENG : https://play.google.com/store/apps/d...jateng.sakpole

c. SAMBARA : https://play.google.com/store/apps/d...apenda.sambara

d. E-SMART SAMSAT JATIM : https://play.google.com/store/apps/d....e_smartsamsat

e. Samsat Pontianak : https://play.google.com/store/apps/d...msatkalbar2018
 
f. Info Pajak Kendaraan Sulut : https://play.google.com/store/apps/d...=com.Info.Info

g. SAMSAT DELIVERY : https://play.google.com/store/apps/d...samsatdelivery

h. E-SAMSAT RIAU : https://play.google.com/store/apps/d...SamsatRiau.hdt

i. Layanan Pajak Home Kal-Bar : https://play.google.com/store/apps/d...at.homeservice

j. ESamsat KEPRI : https://play.google.com/store/apps/d...=esamsat.kepri

k. Samsat Banten : https://play.google.com/store/apps/d...n.samsatbanten

l. eSAMSAT Kalimantan Utara : https://play.google.com/store/apps/d...aprov.samsatku

m. Depok Single Window - DSW : https://play.google.com/store/apps/d...oksinglewindow

o. SAMSAT SULTENG : https://play.google.com/store/apps/d...g.samsatpublic


p. SAMBAT - SAMSAT BANTEN HEBAT : https://play.google.com/store/apps/d....sambat.banten

4. Melalui SMS


Cara berikutnya adalah menggunakan SMS dimana lebih simple serta cepat. Memang belum bisa digunakan di semua daerah karena sisi data yang belum bisa diinput. Namun tidak ada salah nya anda coba untuk mengetahui nominal pajak yang harus dibayar.


Kirim SMS dengan format : Info <spasi> nomor plat kendaraan <spasi> warna dari plat kendaraan. Selanjutnya kirim ke nomor 08112119211 dan tunggu sampai mendapatkan balasan. SMS balasan akan berisi jenis kendaraan, besar pajak dan tanggak jatuh tempo.



5. Melalui Kantor Samsat


Apabila anda ingin melakukan cek lebih jelas atau lokasi tidak mendukung samsat online maka bisa langsung dating ke kantor Samsat. Melalui kantor Samsat anda bisa mengetahui status pajak mobil sekaligus melakukan pembayaran. Saat pergi bawalah persyaratan sesuai dengan peraturan samsat yang ada di lokasi anda.


Setelah mengetaui berbagai cara cek pajak mobil maka tinggal anda membayar pajak secara teratur. Jangan sampai terkena denda karena telat membayar pajak. Selain itu cara cek pajak mobil juga bisa dilakukan apabila anda akan membeli mobil bekas. Status mobil akan jelas apakah dari tindak pencurian atau benar benar asli dari tangan pemilik.



Sumber : Myjourney.id
0
5.3K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 4
Kendaraan Roda 4KASKUS Official
25KThread11.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.