Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AzizatulisnaeniAvatar border
TS
Azizatulisnaeni
Tips Memperbaiki Laptop Blank Dengan Cara Sederhana
Sebagian orang pasti lebih memilih laptop dari pada komputer. Hal tersebut dikarenakan laptop lebih praktis dalam pemakaiannya serta dapat dibawa ke mana saja tanpa danya sambungan kabel. Tidak hanya itu, sekarang bahkan sudah ada jenis laptop yang memiliki ukuran sebesar buku tulis saja lebih praktis dalam membawanya.
Namun, di samping sisi baiknya laptop juga memiliki kekurangan. Dilihat dari pemakaiannya yang terlalu sering, pengguna laptop justru tidak memperhatikan kondisi laptop itu sendiri. Hal tersebut dapat menimbulkan kerusakan dan masalah pada laptop itu. Salah satunya yaitu mengalami blank atau layar laptop tidak menyala atau tidak dapat bekerja dengan baik.
Nah, jika hal tersebut terjadi pada laptop anda, anda perlu memperhatikan tips atau cara berikut ini ntuk memperbaiki laptop blank yaitu sebagai berikut :

1. Cek kondisi layar
Jika layar laptop anda tiba – tiba mati, perhatikan komponen lainnya seperti mesin laptop masih terdengar, maka anda mempastikan bahwa layarnya bermasalah. Selain itu, cara lainnya cek pada layar tersebut menggunakan lampu senter. Bisa jadi hal tersebut hanya bermasalah pada lampu layar saja. Nah, perhatikan apakah ada tulisan yang terlihat pada layar tersebut. Jika tidak muncul, maka layar atau LCD pada laptop anda bermasalah.

2. Bersihkan RAM
Perlu anda ketahui, laptop juga memiliki RAM. RAM pada alat elektronik tersebut juga dpat mempengaruhi kinerja laptop. Hal tersebut bisa berkemungkinan RAM pada alat tersebut rusak sehingga layar pada laptop anda menjadi blank.
Untuk mengatasinya, lepaskan terlebih dahulu RAM yang berada di bagian belakang. Jika laptop anda memiliki dua bagian RAM maka sebaiknya lepas keduanya. Bersihkan kedua pin RAM sampai bersih. setelah bersih pasang kembali RAM tersebut dengan benar atau biasanya berbunyi jika telah dipasang benar.

3. Bersihkan virus
Apabila anda melakukan booting layar pada laptop anda tetap normal, namun saat mulai memasuki windows layar tersebut langsung blank. Hal tersebut dikarenakan adanya sistem operasi yang bermasalah atau biasanya tekena virus.
Perlu anda ketahui virus yang menyerang pada sistem operasi bisa menyebabkan kerusakan pada file program komputer. Untuk mengatasinya anda harus membersihkan virus tersebut. Salah satu cara yang dianjurkan yaitu lakukan scanning pada keseluruhan drivenya. Anda bisa lkukan hal tersebut melalui save mode. Setelah hal itu dilakukan, restore atau repair windows.
0
6.7K
2
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hardware Computer
Hardware ComputerKASKUS Official
31.1KThread9.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.