Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AzizatulisnaeniAvatar border
TS
Azizatulisnaeni
Cara Mengatasi Kamera HP Samsung Error
Sebagian pengguna smartphone pasti memiliki ponsel yang bermerek Samsung. Beberapa orang telah mengenal Samsung sebab keunggulan kemra serta fiturnya dibandingkan dengan merek hp lain. Namun, di setiap barang elektronik pasti memiliki kekurangan serta masalahnya masing – masing.

Salah satu yang sering muncul dalam jenis smartphone tersebt yaitu gagal atau errornya kamera. Pada umumnya terjadinya kamera gagal disebabkan oleh beberapa hal. Seperti memori internal penuh, atau aplikasi kamera bawaan tidak bisa meresponse. Hal tersebutlah kamera smartphone anda tidak bekerja dengan baik sehingga mungcul peringatan seperti kamera error atau pengambilan gambar gagal.

Cara mengatasi kamera HP Samsung error

Berikut ini beberapa cara mengatasi kamera HP Samsung error atau tidak bisa digunakan dengan baik yaitu sebagai berikut :

1. Hapus cache kamera
Hal yang paling sederhana mengatasi errornya kamera yaitu hapus cache kamera. Cache yaitu penyimpanan sederhana dari suatu aplikasi agar tetap tersimpan. Caranya yaitu buka menu setting > aplikasi > buka atau tekan aplikasi kamera pada manager aplikasi. Kemudian tekan tombol hapus cache dan paksa berhenti > hapus data pada penyimpanan.

2. Kosongkan ruang penyimpanan internal
Ruang penyimpanan suatu ponsel sangat menentukan lancar tidaknya kinerja ponsel anda. Apabila ruang penyimpanan tersebut telah penuh maka seperti aplikasi kamera akan gagal atau error. Oleh karena itu anda perlu mengosongkan ruang penyimpanan tersebut. Caranya yaitu dengan hapus penyimpanan gambar atau foto, video, serta music yang tidak digunakan lagi.

3. Bersihkan cache dari sistem operasi
Membersihkan cache sistem operasi merupakan cara yang efektif dalam memperbaiki kamera ponsel anda. Cara untuk menjalankannya yaitu :

1. Matikan ponsel dalam keadaan mati total atau off.
2. Kemudian tekan tombol power + volume atas + home secara bersamaan sampai muncul ikon hp anda.
3. Kemudian pilihlah menu clear cache partition. Untuk menjalankan pemilihan yaitu gunakan tombol volume.
4. Setelah dipilih, kemudian pilih reboot sistem now.
5. Lalu tepas secara paksa baterai pada ponsel anda.
6. Lalu pasang kembali dan nyalakan seperti biasa.

4. Factory reset atau kembali ke setelan pabrik
Jika hal di atas tidak berjalan dengan sempurna, cobalah dengan kembalikan ponsel anda dalam pengaturan awal pabrik. Caranya menu setting > cari menu cadangkan dan reset > reset data pabrik. Setlah itu ponsel anda akan merestart dengan sendirinya.
0
402
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Android
AndroidKASKUS Official
29.4KThread13.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.