Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

buncitbubarAvatar border
TS
buncitbubar
Menkes: Di 132 RS Rujukan Corona Tersedia 40.829 Tempat Tidur


Menteri Kesehatan (Menkes) Letjen (Purn) dr Terawan Agus Putranto menemui Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md. Pertemuan membahas kondisi ketahanan kesehatan di Indonesia saat ini. Menkes Terawan Agus Putranto (Lisye/detikcom)


Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengungkapkan, ketersediaan tempat tidur di 132 rumah sakit (RS) rujukan untuk penanganan pasien terkait virus Corona (COVID-19). Terawan mengatakan pemerintah telah menyiapkan lebih dari 40 ribu tempat tidur.

"Untuk kesediaan tempat tidur ada di 132 RS rujukan, telah disiapkan 40.829 tempat tidur," kata Terawan dalam rapat dengan Komisi IX DPR RI yang digelar secara virtual, Kamis (2/4/2020).

Selain itu, Terawan memaparkan jumlah ventilator yang tersedia. Namun dia tidak menjabarkan berapa jumlah ventilator yang tersedia di 132 RS rujukan.

"Jumlah ventilator yang ada sebanyak 8.413 ventilator, tersedia di 2.867 RS yang tersebar di seluruh Indonesia. RS tersebut meliputi RS pemerintah maupun swasta," ujarnya.

Begitu pula jumlah dokter spesialis. Terawan menyebut saat ini jumlah dokter spesialis yang tersebar di seluruh Indonesia yakni sebanyak 40.320 dokter.

"Mengenai tenaga kesehatan di Indonesia, yang pertama saat ini terdapat 40.320 dokter spesialis yang tersebar di 2.877 RS, baik RS milik pemerintah maupun RS swasta, yang tersebar di seluruh Indonesia," sebut Terawan.

"Jumlah tenaga kesehatan lainnya dokter, dokter gigi, perawat, bidan, dan alkes lainnya 2.005.972 tersebar di RS, puskesmas, dan fasilitas yankes (pelayanan kesehatan) lainnya," imbuhnya.

Sebelumnya, juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona, Achmad Yurianto, menyebut jumlah warga yang berisiko terinfeksi virus Corona di Indonesia mencapai 600 ribu orang. Karena itu, sebut Yurianto, pemerintah menyiapkan sekitar 1 juta kit untuk pemeriksaan massal virus Corona.

"Data perhitungan yang kita miliki, population at risk, kelompok jumlah orang yang berisiko adalah pada kisaran angka 600 ribu sampai 700 ribu," ungkap Yuri di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (20/3).

"Oleh karena itu, pemerintah siapkan sekitar 1 juta kit untuk pemeriksaan secara massal di dalam kaitan dengan mengidentifikasi kasus positif yang ada di masyarakat," imbuhnya.




(zak/gbr)

https://m.detik.com/news/berita/d-49...pm_widget_news

sebelahblog
sebelahblog memberi reputasi
1
2K
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.