caesarpratama
TS
caesarpratama
Apakah Tamiya (Mini 4WD) Akan Bisa Kembali Berjaya?
Spoiler for Avante:


Halo agan penghuni Kaskus, selamat datang di thread saya @caesarpratama. Semoga sehat selalu dan betah mantengin thread saya sampai akhir.

Masih inget dengan Tamiya, mobil kecil bertenaga 2 buah batre AA? Sebenernya nih gan, nama mainan mobil itu bukan Tamiya, tapi mini 4WD (mini 4 wheel drive), makanya mainan mobil kecil itu, biasanya kalo baru pertama kita beli, keempat rodanya bisa muter. Saya sih tidak tahu kenapa nama Tamiya menjadi sangat populer, padahal merek paling mahal dilingkungan saya dulu, paling Auldey. Dan sekarang saya coba cek harga mini 4WD keluaran Tamiya di situs belanja online, harganya berkisar 300rb-jutaan, mahal banget, apalagi buat anak di jaman saya dulu.

Untuk anak di tahun 2000-an mainan mini 4WD seolah wajib bagi anak cowok. Saya tinggal di Bali, di masa itu, dan saya dapati hampir di setiap sudut kota, anak laki-laki menggenggam mobil-mobilan kecil itu. Dimana ada lintasan besar, pasti akan ada banyak anak berkumpul. Sorakan-sorakan mereka, tak ubahnya penonton sepak bola, kenceng banget gan.

Spoiler for Lintasan Mini 4WD:


Dulu saya dan teman-teman saya bahkan rela tidak jajan untuk mengumpulkan uang, agar bisa membeli part yang dibutuhkan. Agan tahu tidak, kalo main mini 4WD itu bisa dibilang seperti belajar mesin sederhana, banyak anak usia smp yang udah bisa ngelilit kumparan/dinamo mereka sendiri, menurut saya itu luar biasa.

Spoiler for Kumparan:


Entah bagaimana mainan hebat itu ditinggalkan oleh anak-anak, terakhir saya dapati saya memainkanya saat saya duduk dibangku smp kelas 1.

Terlebih di zaman sekarang, banyak anak-anak sudah kecanduan memainkan game di smartphone, menurut saya hal itu tidak sepenuhnya buruk. Bermain game memiliki berbagai macam manfaat, namun ada kekurangan yang menurut saya sangat besar dari sebuah game smartphone, dan kekurangan itu adalah, semua interaksinya adalah semu. Benar gan, semuanya semu, berlari di game, berbicara di game, membeli item di game, semuanya semu, tak bisa disentuh, bukan benda nyata atau aktivitas nyata. Ini adalah kekurangan yang sangat besar, anak-anak yang terlalu banyak main game, tidak akan pernah tahu rasanya berjalan bersama teman menuju lintasan terdekat, saling meminjamkan/mengorbankan batre disaat ada teman yang ingin berlomba, atau memperbaiki mesin sederhana mini 4WD, ya sapa tau dijaman sekarang orang yang dulunya suka otak-atik dinamo mini 4WD udah jadi Insinyur.

Spoiler for Ray Stinger:


Saya sangat berharap mainan mini 4WD bisa kembali berjaya, dan saya harap banyak orang tua lain yang memperhatikan mainan anaknya, agar bisa memberi mainan terbaik yang bisa membawa bukan hanya kebahagiaan, tetapi ilmu pengetahuan dan empati.

Diubah oleh caesarpratama 05-04-2020 03:03
nona212wisudajunibstepanus
bstepanus dan 37 lainnya memberi reputasi
38
12.7K
188
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hobby & Community
Hobby & Community
icon
10.4KThread6.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.