therminustAvatar border
TS
therminust
Heboh Keluarga Karyawan Kedubes AS Diminta Tinggalkan RI


Heboh Keluarga Karyawan Kedubes AS Diminta Tinggalkan RI
Foto: REUTERS/Brendan McDermid
Jakarta, CNBC Indonesia - Akselerasi kasus konfirmasi positif Covid-19 di Tanah Air telah membuat sejumlah perwakilan negara sahabat mengeluarkan instruksi. Mereka mengimbau warganya meninggalkan Indonesia. Mulai dari Amerika Serikat hingga Polandia.

Dalam pernyataan melalui situs resmi Kedutaan Besar AS di Indonesi, pemerintah AS memberikan perintah meninggalkan Indonesia kepada keluarga karyawan Kedubes AS maupun Konjen AS berumur di bawah 21 tahun.

"Departemen Luar Negeri membuat keputusan ini karena bukti Covid-19 di Indonesia, kapasitas medis di Indonesia saat ini, dan ketersediaan penerbangan saat ini dari Indonesia," tulis pernyataan tersebut.

Pernyataan itu juga menyatakan bahwa warga AS yang berada di luar negeri diminta untuk kembali ke AS. Pengecualian bagi warga AS yang tinggal di luar negeri untuk waktu yang lama.

"Warga negara AS yang ingin meninggalkan Indonesia harus membuat pengaturan perjalanan secepat mungkin, karena penerbangan komersial masih tersedia, meskipun sudah berkurang," ujar pernyataan tersebut.

Sementara itu, Atase Bidang Politik, Ekonomi & Konsuler Kedutaan Besar Republik Polandia di Jakarta Michał Węglarz mengatakan tidak ada perintah meninggalkan Indonesia. Akan tetapi, pemerintah Polandia menyediakan dua pesawat sewa untuk memfasilitasi para warga yang ingin keluar dari Indonesia dan kembali ke Polandia.

"Kami menyiapkan dua penerbangan charter. Masing-masing (mengangkut) sekitar 280 penumpang, 99% dari mereka adalah warga Polandia. Masih ada beberapa warga Polandia yang berada di Indonesia yang belum memutuskan untuk kembali," kata Weglarz melalui sebuah pesan singkat kepada CNBC Indonesia, Jumat (27/3/2020).

Pemerintah Polandia memberikan kebebasan bagi warga apakah kembali ke negaranya atau tetap di Indonesia.

Sorotan internasional
Tidak hanya itu, media asing pun menyoroti pandemi Covid-19 yang kian berkembang di Indonesia. Apalagi tingkat kematian atau case fatality ratio (CFR) saat ini di atas 8,0%.

Sebagaimana dilansir detikhealth dari The Guardian, tingginya CFR Covid-19 di Indonesia terjadi karena kasus tak terdeteksi. Para ahli dari London School of Hygiene & Tropical Medicine bahkan melaporkan Indonesia baru melaporkan 2% persen dari seluruh kasus yang ada.

"Indonesia, negara dengan populasi keempat terbesar di dunia, lambat dalam melakukan tes Covid-19," tulis media Inggris itu pada Jumat (27/3/2020).

The Guardian menuliskan hanya dilakukan pengujian terhadap beberapa ratus sampel di awal Maret. Sementara banyak kasus mulai terdeteksi pada bulan Februari di hampir seluruh negara Asia Tenggara. Sedangkan Indonesia baru melaporkan kasus pertama pada 2 Maret.

Sementara itu media asing lain, yakni Reuters, menyoroti kondisi kesiapan sistem kesehatan di Indonesia menghadapi Covid-19. Sebagai perbandingan Indonesia disebut memiliki 12 tempat tidur rumah sakit per 10 ribu penduduk. Sementara Korea Selatan memiliki 115 tempat tidur rumah sakit per 10 ribu penduduk.

Jumlah tenaga dokter Indonesia juga terbilang masih kalah dari Italia yang sekarang sudah kewalahan menghadapi Covid-19

"Meski sekarang hanya ada ratusan orang yang dirawat karena virus corona, para dokter Indonesia mengaku pada Reuters bahwa sistem kesehatan sudah sangat terbebani," tulis media itu.

"Banyak tenaga medis yang kekurangan alat pelindung diri dengan satu orang dokter mengaku sampai harus memakai jas hujan."

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...-tinggalkan-ri


Amerika yg penderita covid peringkat satu dunia saja lebih memilih meninggalkan Indo
(There is something worst than worst?)

Mari bersiap isolasi dirumah masing2 untuk kemungkinan terburuk, terutama jakarta

Diubah oleh kaskus.infoforum 30-03-2020 04:39
anasabila
4iinch
sebelahblog
sebelahblog dan 18 lainnya memberi reputasi
11
13.8K
173
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.