Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Berbagi Bersama Tetangga Sebelah Mumpung di Rumah, Nggak Rugi Gan!

noviepurwantiAvatar border
TS
noviepurwanti
Berbagi Bersama Tetangga Sebelah Mumpung di Rumah, Nggak Rugi Gan!
Berbagi Bersama Tetangga Sebelah Mumpung di Rumah, Nggak Rugi Gan!

Assalamualaikum Agan Sista semuanya. Bagaimana rasanya setelah hampir satu bulan kena 'bom' Korona? Luar biasa bukan?

Nggak terasa ya, sekarang sudah menuju 14 hari karantina mandiri #Mumpungdirumah. Termasuk ane, Gan. Sudah hampir dua minggu mengusahakan agar tetap stay di rumah dan nggak keluar kalau nggak benar-benar perlu. Biasanya ane keluar rumah kalau stok makanan di rumah habis dan berjemur di atas jam 10 pagi bersama anak-anak di teras.

Barusan tadi malam ada pengumuman dari pihak sekolah kalau belajar daring mandiri diperpanjang hingga tanggal 4 April 2020. Ternyata pandemik Covid-19 belum mereda dan justru semakin masif dengan adanya gelombang mudik dari ibukota Jakarta ke daerah-daerah.

Jujur ane merasa lebih tenang kala anak-anak berada dalam pengawasan ane langsung, Gan. Mumpung masih bisa bersama mereka dan melihat senyuman mereka, ane bakalan gunakan waktu sebaik-baiknya.

Ane mau berbagi cerita tentang kegiatan ane #Mumpungdirumah. Mungkin bisa jadi inspirasi Agan Sista semuanya.


1. Mendekatkan Diri Kepada Allah

Berbagi Bersama Tetangga Sebelah Mumpung di Rumah, Nggak Rugi Gan!Dokpri


Apakah yang membuat hati tenang saat media begitu gencar memberitakan tentang banyaknya korban Covid-19? Ya, betul, Gan, jawabannya hanya satu yaitu memperbanyak ibadah kepada Allah. Dengan mengisi sisi religi dan pasrah dengan segala ketetapan-Nya, akan membuat hati lebih lapang.

Apalagi ada anak-anak yang belum punya dosa, melihat kepolosan dan semangat mereka membuat ane juga merasakan harapan yang menyala. Ane memohon kepada Allah agar melindungi keluarga dan semua rakyat Indonesia agar segera melewati musibah ini dengan kemenangan.


2. Me Time Bersama Suami

Berbagi Bersama Tetangga Sebelah Mumpung di Rumah, Nggak Rugi Gan!Dokpri

Salah satu cara memanfaatkan waktu di rumah adalah dengan masak kesukaan suami. Kebetulan suami ane menyukai apapun masakan ane, Gan. Duuh benar-benar suami yang ehem.

Ane lihat di medsos lagi banyak yang posting jajan Bakwan Korona. Ane coba juga buat bakwan korona ala ane. Berhubung jamur di sini langka dan harus ke pasar buat nyari, ane gunakan saja bahan seadanya yang ada di rumah.

Sengaja bakwan nggak ane cetak sehingga bentuknya nggak rata dan anggap saja wortel yang menonjol itu sebagai mahkota korona. Hahaha!

Setelah itu kami makan bersama dan menumbuhkan cinta dengan saling menyuapi makanan. Lebih ahsoy markosoy kalau dicocol sambal dan berlanjut di peraduan.

Ehem!


3. Membuat Suplemen Alami

Berbagi Bersama Tetangga Sebelah Mumpung di Rumah, Nggak Rugi Gan!Dokpri


Kegiatan selanjutnya yang membuat harapan sehat semakin berkobar adalah membuat minuman sehat alami yang ramah dompet dan ramah ginjal. Ane bersama anak-anak sudah stok kunyit buat bahan dasar membuat minuman herbal.

Caranya mudah, Gan. Tinggal potong kunyit dan campurkan serai lalu masak selama 15 menit sampai airnya berubah warna dari bening menjadi kuning.

Kebetulan asam, jahe, temulawak di kampung ane sudah langka. Adanya kunyit dan serai ya pakai bahan yang ada sudah cukup.

Kalau mau minum bisa dicampurkan madu biar pahitnya hilang, ya. Cukup dua gelas sehari.

Manfaat minuman ini banyak sekali, diantaranya bisa menghilangkan radang, membuat daya tahan tubuh menjadi kuat, membuat badan segar dan menghilangkan kembung.


4. Berbagi Dengan Sesama

Berbagi Bersama Tetangga Sebelah Mumpung di Rumah, Nggak Rugi Gan!Dokpri


Efek lockdown mandiri ini sangat terasa, Gan. Alhamdulillah suamiku bekerja di kantor dan meskipun libur tetap masih dapat gaji. Sementara mereka di luar sana banyak yang kurang beruntung. Kalau nggak kerja maka nggak akan dapat uang dan nggak bisa makan.

Ane menyisihkan pendapatan untuk membantu tetangga kiri-kanan yang sekiranya butuh. Di kampung ini banyak janda yang bekerja jadi pembantu perumahan sebelah, mereka terpaksa dirumahkan untuk menekan penularan Korona. Meskipun nggak banyak, ane membantu mereka dengan memberi sembako untuk menyambung hidup.

Termasuk seorang bapak penjual air yang sudah sepuh ini. Sebenarnya ane nggak butuh air, tapi demi menjaga harga dirinya, ane beli air Bapak dan memberinya uang lebih untuk memenuhi kebutuhan, juga stok sembako buat Bapak.

Kebetulan ane juga biasanya mengumpulkan botol plastik di rumah. Bapak itu biasanya juga nyambi mencari sampah botol dan kardus buat dirombeng. Ane sengaja mengumpulkan botol plastik untuk ane berikan kepada Bapak kalau sudah terkumpul banyak.

Fyuuh ....

Sedih ane, Gan. Semoga wabah ini segera berlalu dan ekonomi bisa kembali seperti semula. Aamiin.

Itulah beberapa kegiatan ane #Mumpungdirumah, sampai jumpa dalam threat selanjutnya dan salam bahagia senantiasa.


sebelahblog
4iinch
infinitesoul
infinitesoul dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.4K
10
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.