Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

VitaArkanaAvatar border
TS
VitaArkana
Aktivitas Anak-anak untuk Mengurangi Kejenuhan Mumpung di Rumah
Semangat beraktivitas di rumah dengan segala yang serba dibatasi


#mumpungdirumah




Assalamualaikum Agan dan Sista, terkece badai sejagad Kaskus. Jumpa lagi dengan VitaArkana. Ane doakan semoga Agan dan Sista semuanya dalam keadaan sehat dan tidak kurang satu apapun.

Gansist, libur di rumah ngapain aja nih? Ga bisa cuma rebahan doang dong, ya. Bisa mati gaya neh. Mau makan terus, alamat gendut di depan mata.


Kalau buat emak macam ane gini sih, libur makin banyak kerjaan. Secara penghuni rumah pada diem di rumah. Anak-anak yang sekolah pada bawa tugas ke rumah, bahkan ada yang belajarnya online sama gurunya, wah kudu sedia kuota full terus. Buat si Bapak, Work From Home ( WFH ) nya, malah bikin puyeng, dikit-dikit minta kopi, minta cemilan. Itu kerja apa santuy Pak.


Itu belum seberapa Gansist, kondisi rumah yang biasa tenang, sepi, bersih dan kinclong sampai nyamuk aja kepleset mendadak ramai. Ya, ramai dengan banyaknya penghuni rumah, ramai dengan barang-barang dan mainan yang auto pindah dari tempat penyimpanannya.


Meskipun banyak tugas dan kerjaan, tidak mungkin juga mereka terus menerus mengerjakannya. Ada kalanya butuh istirahat dan tugas juga bisa disambung esok hari. Kalau sudah begitu bermain dan ngemil menjadi bagian dari hari-harinya. Lalu, emak? Masa iya cuma ngeliatin mereka. Emak harus punya solusi untuk memberdayakan mereka agar tetap aktif meski dirumah dan tidak mudah bosan. Terutama bagi anak-anak, karena sifat anak cenderung cepat bosan dan ingin beraktivitas di luar rumah.


Gansist, berikut ini list kegiatan ane untuk anak-anak agar tidak cepat bosan dan minta main keluar rumah.


1. Mengerjakan tugas dari sekolah
Ini adalah tugas wajib yang diberikan oleh sekolah, meski begitu harus tetap dipantau oleh orangtuanya, agar tugas tidak melenceng dari apa yang diperintahkan. Pastinya kebersamaan antara anak dan ortu lebih berkualitas.



Sumber : dokumen pribadi


2. Bantu-bantu di dapur
Nah ini, aktivitas favorit ane, anak-anak belajar mempersiapkan apa yang akan dimakan. Meski terkadang malah bikin berantakan, tak apalah yang penting mereka sudah bisa belajar mengurus dirinya sendiri.



Sumber : dokumen pribadi


3. Belajar perbengkelan
Penghuni rumah ane banyakan cowok, Gansist, jadi peralatan bengkel seperti tang, dan kawan-kawannya banyak. Kebetulan sepeda ade lagi rusak, kesempatan belajar memperbaiki untuk sang kakak. Semoga bisa bongkar, pas pasangnya juga bisa ya.



Sumber : dokumen pribadi


4. Berkebun
Ane punya banyak tanaman di pot Gansist, biasanya ane sering membersihkannya dari rumput dan menggemburkan tanahnya. Berhubung anak-anak libur, ane berdayakan mereka untuk berkebun, dijamin happy terus.



Sumber : dokumen pribadi


5. Mengurus binatang peliharaan
Banyak burung Lovebird di rumah, anak-anak diajarin untuk memberi makan dan minum burung. Sesekali membersihkan kandangnya. Pasti makin happy mereka, dan entah bagaimana burungnya.



Sumber : dokumen pribadi


6. Bersih-bersih rumah
Paling ane suka ya ini. Setelah puas mengacak-acak segala mainan dan perabotan, anak-anak belajar merapikan kembali, belajar bertanggungjawab pada apa yang sudah dilakukan. Termasuk menyapu dan lainnya. Semoga ini menjadi kebiasaan seterusnya.


Sumber : dokumen pribadi


7. Beribadah lebih baik
Membiasakan anak-anak beribadah tepat waktu, berdoa sesudah sholat dan membaca kitab suci. Jadi anak Sholeh ya ....



Sumber : dokumen pribadi


Ternyata banyak sekali aktivitas yang bisa kita kerjakan di rumah. Selain menghilangkan kebosanan, ada pelajaran penting yang kita berikan pada anak-anak. Ane harap kebiasaan yang kita terapkan selama di rumah ini, bisa dilakukan seterusnya, meski mereka sudah beraktivitas normal lagi.


Belajar tidak melulu pada materi di sekolah, namun bisa kita praktekkan langsung dalam kehidupan sehari-hari. Buat para emak yang sibuk di rumah, tetap semangat ya, temani keluarga kita melewati masa-masa libur dan beraktivitas di rumah. Kita bersama hadapi hidup yang sedang dibatasi ini dengan belajar hal-hal baru yang bermanfaat. Tak lupa berdoa pada Tuhan agar masalah ini cepat mendapat solusinya. Aamiin ....


Sekian thread dari ane, semoga bermanfaat dan menginspirasi.


Terimakasih


emoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss


Penulis : VitaArkana
Sumber : opini pribadi dan dokumen pribadi
Diubah oleh VitaArkana 18-03-2020 12:32
infinitesoul
Gimi96
nunu403
nunu403 dan 26 lainnya memberi reputasi
27
2.1K
65
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.