• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Lakukan 5 Hal ini Untuk Meredam Emosi, Jangan Sampai Salah Mengambil Keputusan

KatakhoiAvatar border
TS
Katakhoi
Lakukan 5 Hal ini Untuk Meredam Emosi, Jangan Sampai Salah Mengambil Keputusan


Selamat malam kaskuser dan pembaca setia akun katakhoi. Semoga dalam setiap kesedihan yang sekarang sedang dirasakan, akan ada titik terang menuju kebahagiaan.

Sesuatu yang bernama emosi seringkali membuat seseorang tidak bisa mengontrol diri. Entah apa pun itu sebabnya, emosi seringkali menguasai hati dan pikiran seseorang saat dirinya sedang ada masalah. Tidak jarang ada begitu banyak hubungan yang terpisahkan hanya karena mengendepankan emosi, pun ada begitu banyak rencana yang telah dibangun bisa hancur begitu saja hanya karena emosi.

Di dunia ini ada begitu banyak manusia yang belum bisa mengendalikan emosinya sendiri, jangankan untuk mengendalikan, untuk meredam emosinya saja cukup sulit. Wajar, namanya juga manusia. Namun, jika itu dibiarkan terlalu lama, nantinya akan membuat seseorang malah selalu dikendalikan oleh emosinya dan itu adalah hal yang berbahaya untuk kelangsungan hidupnya.




Agar kamu bisa belajar untuk meredam emosimu yang tinggi saat pertengkaran melanda, yuk, simak penjelasan di bawah ini tentang 5 cara meredam emosi agar tidak salah mengambil keputusan.

1. Ubah mindsetmu, jangan pernah merasa paling benar



Saat pertengkaran terjadi, pasti sedikit atau banyak akan selalu ada emosi antara satu sama lain. Dan saat emosi itu menguasai diri, seringkali seseorang akan salah dalam mengambil keputusan karena tidak dibarengi dengan pikiran yang jernih. Maka dari itu, mulai dari sekarang ubah mindsetmu, jangan pernah diri sendiri paling benar. Terkadang itulah yang membuat pertengkaran semakin panjang, karena seseorang merasa dirinya paling benar hingga menyalahkan orang lain yang menjadi lawan bicaranya.

2. Jika pertengkaran makin hebat, tinggalkanlah dulu untuk mencegah emosi agar tidak makin tinggi



Meninggalkan pertengkaran saat sedang panas-panasnya adalah pilihan yang bisa kamu ambil. Tujuannya adalah agar emosimu tidak semakin naik, juga emosi lawan bicaramu tidak semakin tinggi. Hal ini bisa kamu coba agar kamu tidak terlalu dikendalikan oleh emosimu. Setelah emosimu mulai mereda, maka kembalilah ada lawan bicaramu dan bicarakan baik-baik dengan kepala dingin. Itu akan mencegahmu dari sesuatu yang buruk yang akan terjadi karena dirimu dikendalikan oleh emosi.

Quote:


3. Tariklah napas dalam-dalam, bayangkan semuanya akan hancur jika kamu mengedepankan emosimu



Baik itu pertengkaranmu dengan pasanganmu, teman-temanmu, kerabat kerjamu, partner bisnismu, atau bahkan keluargamu. Semuanya akan hancur jika kamu mengedepankan emosimu. Tariklah napas dalam-dalam dan tutuplah matamu sejenak, bayangkan jika setelah pertengkaran itu kamu tidak akan lagi saling bertegur sapa dengan mereka, itu adalah sesuatu yang sangat menyakitkan. Bayangkan semua itu. Jika hati nuranimu masih ada, maka lambat laun emosimu akan mereda.

4. Tanamkan dari sekarang prinsip mengalah bukan karena salah, tetapi karena tidak ingin memperpanjang masalah



Saat pertengkaran terjadi, jika salah satu di antaranya tidak ada yang mengalah, maka bersiap-siaplah kehancuran akan menghampiri kalian. Cobalah dari sekarang untuk berprinsip bahwa mengalah bukan karena salah, melainkan karena tidak ingin memperpanjang masalah. Hal ini akan benar-benar membantumu untuk selalu mereda emosimu. Percayalah, setiap hubungan apa pun itu jauh lebih berharga dari sekadar mengedepankan emosimu.

5. Berhenti berpikir siapa yang salah, tetapi cobalah untuk berpikir bagaimana jalan keluarnya



Jika pertengkaran itu terjadi karena ada kesalahan, baik itu karena dirimu sendiri atau karena lawan bicaramu, itu adalah hal yang wajar. Setiap manusia tidak akan terlepas dari yang namanya salah. Dan yang membuat emosi seseorang semakin tinggi saat ada pertengkaran, bisa jadi karena terlalu memikirkan kesalahan yang dilakukan oleh lawan bicaranya. Dan sampai kapan pun masalah itu tidak akan selesai dan kamu hanya akan dikendalikan oleh emosimu. Cobalah dari sekarang untuk tidak berpikir siapa yang salah, tetapi cobalah untuk berpikir seperti apa dan bagaimana jalan keluarnya.

Nah, itulah penjelasan dari 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk meredam emosimu. Semoga kita adalah orang-orang yang mampu meredam emosi dan tidak dikendalikan oleh emosi kita sendiri.

Narasi: opini sendiri
Sumber gambar:
Di sini
Di sini
Di sini
Di sini
Di sini
Di sini
sebelahblog
infinitesoul
081364246972
081364246972 dan 14 lainnya memberi reputasi
15
2K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.