OdlevaAvatar border
TS
Odleva
Prediksi Power Kawasaki ZX25R, Buset Kenceng Banget Nih!
Sampai saat ini Kawasaki belum juga membeberkan data spec detail dari Kawasaki Ninja ZX25R ini. Karena itu banyak yang penasaran mengenai jeroan spec serta data motor tersebut apalagi soal power mesin yang dapat dihasilkan. 

Yang jelas ZX25R bakal memiliki ledakan power yang lebih tinggi ketimbang motor-motor 250cc 2 silinder lainnya, dan dipercaya mesin 4 silinder tersebut dapat meraung sampai RPM tinggi.

Kemarin kita sempat membahas video pengetesan Kawasaki ZX25R yang dilakukan oleh pembalap WSBK Jonathan Rea. Disitu muncul fakta yang mengejutkan jika top speed motor bermesin 4 silinder ini hanya mampu meraih 162km/jam di posisi gigi 6.


Tentunya netizen banyak yang mendebatkan hal ini karena angka top speed tersebut jauh lebih rendah dibandingkan dengan angka top speed milik Honda CBR250RR.

Ada beberapa alasan sebenarnya mengenai top speed yang cuma bisa dapat 162km/jam ini. Yang pertama Jonathan Rea sebenarnya tidak bertujuan untuk mengejar top speed, layaknya seorang pembalap dirinya hanya mencari putaran mesin tempat ledakan tenaga maksimal itu keluar. Jika pabrikan sengaja memberikan limiter top speed, maka mau digeber sampai mesin jebol pun larinya akan tetap segitu.

Kemudian yang kedua soal rasio gear, biasanya masalah yang sangat krusial dihadapi motor 250cc 4 silinder adalah tenaga bawahnya sangat ngempos. Untuk mengakali hal tersebut, kemungkinan Kawasaki memberikan rasio gear yang lebih rapat untuk tetap memberikan tenaga yang ngisi ketika berada di putaran bawah. Namun efeknya nafas motor akan terasa pendek dan sering ngoper serta top speed jadi berkurang. 


Sebenarnya power milik ZX25R ini berapa sih? Nah, jadi beberapa waktu lalu produsen dyno bernama Leads Dyno mencoba memprediksi tenaga yang dimiliki oleh motor keluaran Kawasaki tersebut.

Leads Dyno sangat memperhitungkan setiap detail matematis dari data seadanya yang bisa mereka ambil. Di video kemarin, Jonathan Rea sempat menggeber motor di posisi gear 5 dengan RPM 16 ribuan lebih. Data tersebut coba dikimpoikan dengan data bore dan stroke spec Kawasaki ZXR250R lawas.

Ukuran bore dan stroke ZXR250 lawas memiliki spec 49 x 33,1mm. Jika di compare dengan raungan mesin yang mencapai 18 ribu RPM tentu masih aman karena piston speed masih berada di bawah 20m/s.

Dan hasil setelah mereka hitung adalah, mesin motor ini dapat meraih power sebesar 55hp on crank dan 44hp on wheel dyno.


Sungguh angka yang fantastis dibandingkan dengan prediksi sebelumnya sebesar 44-46hp on crank, tapi Leads Dyno dapat memprediksi dan menghitung ledakan tenaga jadi 55hp on crank.

Tapi jangan kita ambil kesimpulan dulu, karena data tersebut juga masih belum akurat dan sebatas prediksi saja.

Referensi : iwanbanaran.com(16/3/2020).
alphajoe.
nona212
tien212700
tien212700 dan 20 lainnya memberi reputasi
19
8.5K
101
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.