Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

andikaadipAvatar border
TS
andikaadip
Dewasa dalam memilih manajer investasi.
Dewasa dalam memilih manajer investasi.
(foto : www.ajaib.co.id)

Sebelum menentukan reksadana apa yang akan kita pilih, banyak hal yang harus 
dipertimbangkan dengan baik. Seorang calon investor yang baru terjun untuk memilih manajer investasi yang cocok, ibarat seorang putri yang sedang memilih “jodoh sejati” diantara sekian banyak pangeran yang datang untuk melamar.


Berikut hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai investasi di reksadana :


Yang pertama, 
Pertimbangkan kemungkinan kontrol lebih aktif dari investor terhadap reksadana. Maksudnya, kita jangan kebanyakan nunggu bola tapi jemput bola juga guysss! Kebanyakan investor berinvestasi reksadana secara pasif, yang dimana kita hanya tinggal menyerahkan seluruh kendali kepada manajer investasi. Terkadang ada dari manajer investasi yang nggak memberitahukan strategi yang digunakan. Padahal kita sebagai investor berhak menanyakan strategi suatu reksadana dalam manajer investasi.


Yang kedua,
Soal reputasi dan integritas perusahaan reksadana. Jangan tergiur dengan adanya brosur, yang tercetak pada brosur hanyalah reputasi yang baik yang memang mengandung unsur kebenaran, tetapi nggak memberikan gambaran keseluruhannya guysss! 


Dalam brosur hanya tercantum hal-hal yang baiknya saja. Jangan menganggap prestasi itu sebagai jaminan kalian memilih manajer investasi. Alangkah lebih baik kalian lebih mendalami tentang laporan keuangan dan rekam jejak yang sudah pernah dilakukan perusahaan reksadana tersebut.


Reputasi dan integritas perusahaan reksadana yang perlu dicermati antara lain meliputi pengalaman keuntungannya dimasa lalu siapa saja pemiliknya, siapa pengelolanya, serta kualitas manajemennya juga harus kalian pertimbangkan. Kalau perlu selidiki juga apakah pengelola pernah melakukan pelanggaran? 


Tapi tenang, ada manajer investasi yang sudah berdiri cukup lama yaitu HP Asset Management. Diawal tahun 2020 ini HPAM meluncurkan produk reksadana mereka dengan nama Myhero.id . Jadi soal reputasi dan integritas sudah aman kalau untuk HP Asset management.


Yang ketiga, 
Pemilihan waktu yang tepat (timing) pun jangan dilupakan. Saat masuk yang tepat merupakan setengah dari keberhasilan kalian. Investor sejati akan meraih keuntungan pada saat membeli aset, bukan ketika menjual investasinya. Misalnya, sedang ada berita bahwa bursa saham diprediksi akan mengalami booming atau kenaikan beberapa waktu kedepan, tetapi keuangan lagi tidak memungkinkan. Pada situasi seperti ini, buatlah perhitungan yang benar-benar cermat agar tidak salah melangkah. Begitu pula sebaliknya, mungkin sedang berlimpah uang yang siap untuk diinvestasikan, tapi situasi pasar sedang lemah.
lina.wh
lina.wh memberi reputasi
1
904
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Reksa Dana
Reksa DanaKASKUS Official
803Thread1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.