i.am.legend.Avatar border
TS
i.am.legend.
Pasien Positif Virus Corona Asal Bojonggede Naik MRT, KRL, Busway dan Ojol


Pasien Positif Virus Corona Asal Bojonggede Naik MRT, KRL, Busway dan Ojol

SuaraJabar.id - Seorang pasien positif virus corona di Kabupaten Bogor diketahui sempat berpergian dengan MRT, Commuter Line, TransJakarta dan ojek online selama di Jakarta. Pasien positif virus corona itu ditularkan dari sebuah club dansa

Bupati Bogor Ade Yasin menyebutkan di daerahnya ada 3 orang positif virus corona. Salah satunya, lelaki 35 tahun itu. Lelaki itu terpapar di tempat yang sama halnya dengan yang dialami pasien nomor 01 dan 02 asal Kota Depok.

"Seorang laki-laki usia 35 tahun, ini rentetan dari kejadian klub dansa, yang pasien di Kota Depok," ujarnya saat mengumumkan kasus virus corona di Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (19/3/2020).

Menurutnya, pria yang tinggal di Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor itu berdansa tango dengan gurunya dansanya yang berusia 33 tahun pada 25 Februari 2020. Kemudian esok harinya langsung demam dan berhasil surut dua hari kemudian.

Namun, setelah demamnya surut, esok harinya, 29 Februari 2020 pasien mengeluh tidak bisa mengendus bau dengan baik. Tapi, sejak tanggal 28 Februari seorang pegawai swasta ini sudah mulai masuk kerja di DKI Jakarta.

"Berangkat kerja menggunakan transportasi umum seperti ojek online, KRL, MRT, dan busway," beber Ade Yasin.


Politisi PPP itu menyebutkan bahwa pasien mulai merasakan sesak nafas pada 7 Maret 2020. Kemudian ia dinyatakan positif terinfeksi COVID-19 setelah melaksanakan serangkaian pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan Jakarta.

Sayangnya, virus tersebut lantas menular ke ibundanya yang berusia 67 tahun. Pada 16 Maret 2020, perempuan yang berprofesi sebagai konsultan pajak itu juga dinyatakan terinfeksi COVID-19.

Pasien tersebut meninggal dunia saat menjalani masa karantina di RSUP Persahabatan Jakarta pada Kamis (19/3) dini hari. Jenazah pasien langsung dikebumikan di Jakarta, tanpa dibawa terlebih dahulu ke tempat tinggalnya di Kabupaten Bogor.

"Kami perintahkan tadi pagi pihak RSUD Cibinong untuk menjemput anak laki-lakinya yang positif COVID-19 agar dikarantina di rumah sakit," kata orang nomor satu di bumi tegar beriman itu.

Di samping itu, ada satu pasien positif COVID-19 lainnya, yaitu seorang pramugara berusia 27 tahun yang merupakan warga Cibinong, Kabupaten Bogor.

"Riwayat perjalanan terakhir ke Singapura. Hari ini dijemput untuk diisolasi di RSUD Cibinong," kata politisi PPP itu.

Sementara, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kabupaten Bogor, dr Kusnadi yang ditunjuk sebagai juru bicara (jubir) COVID-19 menyebutkan bahwa hingga hari ini ada sebanyak orang dengan pemantauan (ODP) sebanyak 86 orang, pasien dengan pengawasan (PDP) sebanyak 22 kasus, dan tiga positif terinfeksi COVID-19.

"Yang ODP ada 86 yang sudah selesai 39, masih pemantauan ada 47 orang. Masih nambah terus hasil tracking. PDP total kasus 22, yang sudah selesai 17 orang. Yang masih diawasi itu lima orang," paparnya. (Antara)
sumber

******

Bisa terbayang tidak?

Suspect Covid-19, terpapar di Amigos Kemang Jakarta Selatan, seorang pegawai swasta di DKI Jakarta, tinggal di Bogor, setiap harinya memggunakan ojol, MRT, Commuter Line, dan Trans Jakarta. Dia tetap beraktifitas sejak 25 Februari hingga terdeteksi mengidap Covid-19 tanggal 7 Maret.

Jadi selama 11 hari dia tanpa sadar telah menyebarkan virus ditengah-tengah masyarakat, entah Jakarta, Bogor, Bekasi, Depok, dan lain-lain.

Dan bisa jadi diantara mereka yang terpapar juga akibat ketidakmengertian orang ini, menularkan lagi ke orang lain, entah ke keluarganya atau rekan kerjanya. Dan mereka ini bisa saja terpapar di Trans Jakarta, MRT, Commuter Line, atau pada pengemudi ojek online.

Dia didiagnosa mengidap Covid-19 tanggal 7 Maret. Dan hari ini tanggal 23 Maret. Artinya waktu yang telah berjalan adalah 16 hari. Sementara masa inkubasi Covid-19 disinyalir tercepat adalah 5 hari dan terlama sampai 24 hari. Jika ini benar, maka 8 hari dari sekarang akan ada ledakan suspect Covid-19 dimana-mana.

Jika penderita ini berada dalam gerbong Commuter Line bersama 100 orang, dan dalam Trans Jakarta 50 orang, maka dalam waktu sehari pulang pergi sudah 300 orang yang bisa saja tertular. Dan selama 11 hari dia telah beraktifitas, sehingga mungkin ada 3300 yang harus segera diwaspadai. Ini belum termasuk mereka yang berhubungan dengan 3300 orang ini. Dan bisa jadi prediksi Anies Baswedan benar. Bahkan angka 6000 bisa terlewati.

Dan yang pertama menulari adalah warga negara Jepang! Bukan TKA atau turis Tiongkok yang selama ini dikuatirkan. Bahkan ketika wabah Covid-19 di Tiongkok mereda, justru kita menyumbang kembali virus itu kesana lewat WNA yang ke Tiongkok. Dan hingga kini, tak satupun ada catatan bahwa TKA atau turis Tiongkok menjadi carrier atau suspect Covid-19 di Indonesia. Artinya yang terjadi di Indonesia sekarang adalah murni karena pergerakan orang-orang Indonesia sendiri yang bebas lalu lalang kemana-mana sampai lintas propinsi.

Lolosnya suspect warga Bogor yang terpapar karena kasus suspect warga Depok, jelas adalah kegagalan dalam melacak keseluruhan orang-orang yang saat itu ada dalam acara dansa tersebut. Lantas siapa yang salah? Nampaknya hal ini tak perlu lagi diperdebatkan. Sekarang ini bukan waktunya lagi berdebat siapa yang salah siapa yang benar. Habis energi jika mempermasalahkan hal yang subjektif sementara korban semakin banyak.

Sekarang, jalani himbauan dengan benar sebelum pada akhirnya bukan himbauan lagi yang keluar, tapi ultimatum!

Kita tak pernah tahu virus ini ada dimana. Mengintai kita dimana. Bahkan kita tak pernah tahu andai virus ini ternyata sudah mengikuti kita hingga ke rumah, dan juga mengintai orang-orang yang kita cintai.

Bisa saja saat ini mereka yang dijemput ajalnya. Bisa juga justru besoknya kita gantian dijemput malaikat maut. Sementara kita masih saja berdebat merasa paling benar disaat virus Corona menyeringai diantara kita, tanpa memilih siapa kita, apa latar belakang kita, apa keturunan kita, dan apa agama kita.

Bersiaplah.
Mari bersama-sama kita hadapi ini.
Panjang umurlah kita semua.
Aamiin...
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 36 lainnya memberi reputasi
37
11.3K
165
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.