News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
181
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e770c357e3a720a990a2da1/hidayat-nur-wahid-bilang-orang-jawa-tak-mau-kalah-warganet-rasis
Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Hidayat Nur Wahid kena risak warganet usai mengomentari asal daerah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia dicap rasis karena membawa-bawa identitas Jokowi yang berasal dari Jawa.
Lapor Hansip
22-03-2020 13:56

Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis

Past Hot Thread
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis

Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis

Suara.com - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Hidayat Nur Wahid kena risak warganet usai mengomentari asal daerah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia dicap rasis karena membawa-bawa identitas Jokowi yang berasal dari Jawa.

Hal tersebut terjadi saat ia menanggapi cuitan Rizal Ramli, mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, soal Ibu Kota baru. Dalam cuitannya tersebut, ia menuding Presiden Joko Widodo tak punya sikap mengalah karena ia orang Jawa.

"Biasanya sih orang Jawa nggak mau kalah, Bang. Kita tunggu kenegarawanan berikut dari Presiden RI, dan selamatnya rakyat dan negara Indonesia dari 'teror' virus corona (COVID-19)," tulis Hidayat Nur Wahid via akun Twitter-nya @hnurwahid.

Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis

Sontak, warganet langsung meradang gara-gara cuitan tersebut. Banyak yang menilai Hidayat Nur Wahid rasis karena membawa-bawa identitas Presiden Joko Widodo.

Salah satu respon atas cuitan tersebut datang dari pengguna Twitter @Bengkeltanah.

"Sekelas HNW omong rasis, terus kalau aku orang Jawa kamu mau apa? Mau Jawa, Madura, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Ambon, sampai Papua pun semua warga negara Indonesia. Harus segera dihentikan ucapan HNW yang rasis ini. Jangan sampai menimbulkan persoalan hukum. Jelas ini rasis," tulisnya.

Politisi dari Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean juga ikut menanggapi cuitan tersebut.

"Kenapa harus bawa-bawa suku ya? Duh!" tulis Ferdinand via akun Twitter-nya @FerdinandHaean2.

Sebelumnya, Hidayat Nur Wahid menanggapi cuitan Rizal Ramli yang membahas soal keberanian mantan Presiden BJ Habibie dalam membatalkan proyek N-259 saat Indonesia tengah mengalami krisis moneter pada 1998. Ia lantas menantang Presiden Jokowi untuk menghentikan rencana pemindahan Ibukota mengingat negara sedang menghadapi krisis virus corona.

"Habibie luar biasa, passion dan egonya N-259 beliau korbankan demi tujuan bersama. Sehabis itu, RR bantu sehatkan IPTN, restrukturisasi utang, perbaiki manajemen, transformasi jadi DI. Kira-kira @jokowi berani menghentikan Ibukota baru ndak ya wong APBN saja ngos-ngosan?" tulis @RamliRizal via Twitter.
sumber

*******

Dibilang RASIS kayaknya gak juga, soalnya dia sendiri lahir di Klaten.
Tapi memang sekelas Wakil Ketua MPR seharusnya tidak bicara seperti ini. Apalagi yang dibicarakan adalah Presiden Republik Indonesia.

Tetapi minimal ini jadi bukti, bahwa kebodohan itu sangat merata di Indonesia.

Dan hampir semua kader partai ini adalah sampah. Hanya bisa membual, memakai topeng agama, menjual nama Palestina, tak punya tokoh nasional panutan, menjadikan Mesir sebagai barometer, dan doyan memakai standar ganda.

Jadi ingat Neno Warisan. Kemana itu betina pendengki yang menggugat dan mengancam Tuhan?

profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 53 lainnya memberi reputasi
52
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 8
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 09:47
masih ada aja yang nyinyir di kala situasi negeri ini sedang genting2nya emoticon-Berduka (S)
0 0
0
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 09:53
kalo udah ngomongin orang suku Jawa udah gak ada habisnya gan
ane orang jawa yang masih ikut ritual2 jawa, ya emang kita punya cara sendiri untuk menangkal pageblug kayak gini.
tapi ada juga orang jawa yang udah gak percaya sama cara2 jawanya, jadi sediih
0 0
0
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 09:53
Quote:Original Posted By programmerlabs
di twitter emang banyak yg baperan dan sinis orang2nya.


Tapi biasanya Twitter kalo guyonan lebih kocak hehehe
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 09:54
Quote:Original Posted By aygilagility
sebaiknya memang tidak memberi pernyataan seperti itu, hal tersebut menurut ku terlalu mengeneralisir sih dan tidak etis.


Soalnya jabatannya sudah cukup tinggi, wakil MPR jadinya kan apa2 disorot kan
Oba kalo yang ngomong orang kecil, ya gak bakalan seviral ini
Mungkin si bapak kebiasaan waktu pas jadi elit parpol dulu
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 09:55
Quote:Original Posted By sanyhani
sekelas Wakil MPR kok bisa mengatakan hal2 yg sensitif kayak gini? dia dr oposisi kah??


Eh setahuku dia bukan oposisi dehh, PKS kan?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 09:56
emoticon-Leh Uga bukannya lu juga orang jawa
0 0
0
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 09:56
Quote:Original Posted By kureno23q
emangnya doi bukan orang jawa emoticon-Bingung

btw, bisa aja si rizal numpang ngiklan. jadi menteri juga dipecat
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


Orang jawa si bapaknya, lahirnya aja di Klaten deketan ama Solo Jogja
0 0
0
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 10:05
SAMPAH
0 0
0
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 10:13
Gua heran dimana rasisnya? Kalo gua bilang "orang Sunda biasanya jadi tukang kredit panci". Apa gua rasis njing?

Kalo gua bilang "Orang Medan biasanya kasar dan ngotot" apa gua rasis njing?
0 0
0
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 10:22
emang sih, statementnya pake nyebut identitas.. tp gk ada kata menjelekkan identitas dr yg bersangkutan.. jd menurut ane itu bukan rasis..
tp hal semacam itu jg gk pantes sih diucapin oleh pejabat negara sekelas wakil mpr, seakan² menggiring opini publik..
0 0
0
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 10:25
jawa gak mau ngalah
orang ngomongin ibukota baru dia balasnya corona emoticon-Big Grin
sampe segitunya emoticon-Big Grin
0 0
0
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 10:26
nice inpo
0 0
0
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 10:41
Quote:Original Posted By jembutgaring
orang ini dulu struk kenapa ga mati


Masih dalam perlindungan Yang Kuasa, tanda orang sholeh dan taat beragama.
profile-picture
lupis.manis memberi reputasi
1 0
1
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 10:46
Jujur aja menurut ane enggak masalah karena memang sudah biasa ada rasa kebanggan pada suatu ras/kultur yang dimiliki oleh suatu individu di dalam sebuah komunitas, dan jika ada orang lain yang memiliki kesamaan maka pastilah dia berbicara pada doi jika mereka memiliki kesamaan yang 'lebih' kan? emoticon-Big Grin
Cuma sayangnya statement doi gwoblok dan oot. emoticon-Nohope
0 0
0
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 10:54
duo maut RR dan HNW untuk capres-cawapres 2024 emoticon-Leh Uga
0 0
0
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 10:58
bukti org bodoh merata di indonesia karena ada kepentingan...
0 0
0
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 11:00
lu cari makan juga di jawa
0 0
0
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 11:34
parameter rasis dan non rasis itu gimana ya?
kalo nyebut nama suku atau nama daerah langsung rasis?
profile-picture
davinof memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Halaman 7 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia