News
Batal
KATEGORI
link has been copied
68
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e770c7cb84088346507f841/virus-corona-kapankah-pandemi-covid-19-ini-berakhir-dan-kehidupan-kembali-normal
sumber: https://www.bbc.com/indonesia/majalah-51971580 James GallagherKoresponden BBC bidang kesehatan dan sains Sejumlah negara mulai menutup perbatasannya. Tempat-tempat yang biasanya ramai, kini menjelma menjadi kota hantu karena berbagai kebijakan karantina wilayah hingga penutupan sekolah dan pembatasan kegiatan yang mengumpulkan banyak orang. Situasi ini merupakan respons terhadap wabah yan
Lapor Hansip
22-03-2020 13:58

Virus corona: Kapankah pandemi Covid-19 ini berakhir dan kehidupan kembali normal?

sumber: https://www.bbc.com/indonesia/majalah-51971580

James GallagherKoresponden BBC bidang kesehatan dan sains

Sejumlah negara mulai menutup perbatasannya. Tempat-tempat yang biasanya ramai, kini menjelma menjadi kota hantu karena berbagai kebijakan karantina wilayah hingga penutupan sekolah dan pembatasan kegiatan yang mengumpulkan banyak orang.
Situasi ini merupakan respons terhadap wabah yang belum pernah terjadi sebelumnya. Tapi, kapankah semua ini berakhir dan kapankah kita bisa kembali ke kehidupan normal?
Perdana Menteri Boris Johnson menyatakan bahwa ia yakin Inggris akan menangani virus corona dalam 12 minggu ke depan dan negara tersebut dapat mengakhiri wabah ini segera.
Tapi kalau pun angka kasus mulai menurun dalam tiga bulan ke depan, kita masih jauh dari akhir masalah.
Butuh waktu lama hingga badai benar-benar berlalu - mungkin butuh tahunan.
Sepuluh hal yang paling sering ditanyakan mengenai Covid-19 beserta jawabannya
Apa yang terjadi pada tubuh jika terinfeksi Covid-19?
Kasus Covid-19 diprediksi capai lebih dari 8.000, seperti apa kapasitas kesehatan Indonesia?

Strategi karantina wilayah dan berbagai pembatasan sudah jelas tidak dapat diterapkan terus-menerus karena konsekuensi ekonomi dan sosialnya akan terlalu besar dan mengganggu.
Apa yang dibutuhkan semua negara yang kini tengah bertarung menghadapi wabah adalah "strategi keluar" - sebuah cara untuk menghentikan berbagai kebijakan pembatasan dan mengembalikan kehidupan normal.
Tapi virus corona tidak akan menghilang dalam waktu dekat.
Jika pembuat kebijakan membatalkan berbagai karantina wilayah, jumlah kasus bisa melonjak tajam.
"Kita punya masalah besar dengan apa strategi keluar yang baik dan bagaimana mengakhiri semua ini," kata Mark Woolhouse, profesor epidemiologi penyakit menular di University of Edinburgh.
"Tidak hanya Inggris, tidak ada satupun negara yang punya strategi keluar."
Pandemi ini merupakan tantangan ilmiah dan sosial yang sangat serius.
vaksinasi
cukup orang yang mengembangkan kekebalan tubuh dari infeksi
atau mengubah perilaku masyarakat secara tetap

Masing-masing pendekatan ini dapat mengurangi kemampuan virus untuk menyebar.
Vaksin - setidaknya 12 - 18 bulan lagi
Vaksin dapat memberikan ketahanan tubuh terhadap seseorang sehingga mereka tidak akan sakit jika terpapar.
Berikan vaksin ke banyak orang, atau setidaknya 60% dari populasi, dan virus tidak akan menimbulkan wabah - konsep yang dikenal sebagai herd immunity atau imunitas kelompok.
Orang pertama telah diberikan vaksin yang tengah diuji coba di Amerika Serikat minggu ini setelah peneliti mendapatkan izin untuk melewatkan tahapan uji pada binatang.
Penelitian untuk menemukan vaksin dilakukan secara cepat, tapi tidak ada garansi jika upaya ini berhasil dan akan dibutuhkan imunisasi secara global.
Perkiraan terbaik memprediksi vaksin akan tersedia dalam 12 sampai 18 bulan jika semua berjalan lancar. Ini merupakan waktu yang lama jika membayangkan harus ada karantina wilayah sepanjang waktu tersebut.
"Menunggu vaksin tidak seharusnya dianggap bagian dari strategi, itu bukan strategi," kata Prof Woolhouse kepada BBC.

Imunitas alami - setidaknya dua tahun lagi
Salah satu strategi jangka pendek Inggris adalah untuk menekan angka kasus untuk menghindari lonjakan pasien yang membebani rumah sakit - saat sebuah negara kekurangan kasur perawatan intensif, angka kematian akan melonjak.
Setelah kasus berhasil ditekan, sebuah negara akan punya sedikit keleluasaan untuk mengurangi pembatasan untuk sementara waktu - hingga ada kenaikan kasus dan pembatasan kembali dibutuhkan.
Kapan ini dapat terjadi, masih menjadi pertanyaan. Kepala penasihat sains, Sir Patrick Vallance, mengatakan "menentukan tenggat waktu adalah hal yang tidak mungkin dilakukan."
Melakukan hal ini dapat, secara tidak sengaja, menciptakan imunitas kelompok karena semakin banyak orang terinfeksi.
Tapi pendekatan ini butuh waktu tahunan, menurut Prof Neil Ferguson dari Imperial College London: "Kita berbicara tentang menekan penularan pada level di mana, jika memungkinkan, hanya sedikit dari populasi yang terinfeksi."
"Jadi, pada akhirnya kita akan melanjutkan ini untuk dua tahun atau lebih mendatang, mungkin pada saat itu sudah cukup orang terinfeksi untuk menciptakan perlindungan kelompok."
Tapi ada pertanyaan seputar sampai kapan imunitas ini akan bekerja. Varian virus corona lainnya, yang menimbulkan gejala demam biasa, menciptakan respons imun yang lemah dan manusia dapat terkena virus yang sama berkali-kali sepanjang hidupnya.

Alternatif - tidak ada akhir
"Opsi ketiga adalah perubahan secara permanen perilaku masyarakat yang membantu kita untuk menekan penularan," kata Prof Woolhouse.
Opsi ini menuntut pemerintah untuk tetap memberlakukan beberapa kebijakan yang sudah diterapkan. Atau meningkatkan tes cepat dan isolasi pasien untuk berusaha menekan wabah.
"Kita sudah melakukan deteksi dini dan pelacakan kontak tapi metode itu tidak efektif," Prof Woolhouse menambahkan.
Mengembangkan obat-obatan yang dapat menangkal infeksi Covid-19 dapat membantu strategi lain juga.
Obat-obatan ini dapat digunakan sesegera mungkin setelah seseorang menunjukkan gejala dalam proses yang disebut "pengendalian penularan".
Atau merawat pasien di rumah sakit untuk membuat penyakitnya tidak terlalu mematikan dan mengurangi tekanan terhadap ruang gawat darurat. Ini dapat memungkinkan banyak negara untuk menangani kasus sebelum kembali memberlakukan karantina wilayah.
Meningkatkan jumlah ranjang di unit gawat darurat akan menimbulkan efek yang sama dengan peningkatan kapasitas penanganan wabah yang lebih besar.
Saya bertanya pada kepala penasihat medis Inggris, Prof Chris Whitty, apakah jalan keluar yang ia miliki.
Ia berkata: "Untuk jangka panjang, yang jelas vaksin adalah salah satu jalan keluar dari semua ini dan kita semua berharap ini akan terjadi secepatnya."
Dan jika "di tingkat global, sains dapat menawarkan solusi".

sumber: https://www.bbc.com/indonesia/majalah-51971580 


emoticon-Takutemoticon-Takut

profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 3
Virus corona: Kapankah pandemi Covid-19 ini berakhir dan kehidupan kembali normal?
22-03-2020 18:16
Quote:Original Posted By rp.1000000
Entah kenapa ane berharap wabah ini bisa menyapu bersih minimal 30% populasi homo sapiens emoticon-Frown

Mohon maaf untuk yang udah positif emoticon-Frown

Dan mohon maaf juga untuk yang akan positif, bisa ane bisa kalian emoticon-Blue Guy Smile (S)














































emoticon-rose


Manusia adalah virus!!!!!
Dan virus gak berdosa dan bersalah, itu sifat alamiah virus!!!
profile-picture
radityaprasetya memberi reputasi
1 0
1
Virus corona: Kapankah pandemi Covid-19 ini berakhir dan kehidupan kembali normal?
22-03-2020 19:46
Jawaban singkat

Hanya TUHAN yg tau
0 0
0
Virus corona: Kapankah pandemi Covid-19 ini berakhir dan kehidupan kembali normal?
22-03-2020 19:51
Minimal sampe 50% penduduk dunia pada mati. Sapa suruh ngerusak alam blog? emoticon-DP
0 0
0
Virus corona: Kapankah pandemi Covid-19 ini berakhir dan kehidupan kembali normal?
22-03-2020 19:54
Quote:Original Posted By agusdwikarna
Kok pesimis begini sih... Tiru politikus kita dong, sudah mikir jauh ke depan emoticon-Big Grin Perhatikan saja semua tindakan dan omongan mereka sekarang ini, semua dilakukan dengan hitung-hitungan skenario pasca pandemi corona...


Politikus2 goblok indon itu semuanya hanya menjual harapan semu blok. Lu bakal ngerti omongan ana kalau lu sudah menghilangkan kenaifan lu sedikit emoticon-DP
0 0
0
Virus corona: Kapankah pandemi Covid-19 ini berakhir dan kehidupan kembali normal?
22-03-2020 21:24
Segera berakhir gan kalo semua umat manusia mau melakukan apa yg disarankan para ahli.
Dan tidak lagi meremehkan corona
0 0
0
Virus corona: Kapankah pandemi Covid-19 ini berakhir dan kehidupan kembali normal?
22-03-2020 21:50
yang ngakunya gak takut, ntar kalo kena yg sabar yaah
0 0
0
Virus corona: Kapankah pandemi Covid-19 ini berakhir dan kehidupan kembali normal?
22-03-2020 22:47
sama kaya virus flu kah
datang pergi sesukanya
kalo badan drop kita flu
kalo fit biar keujanan kepanasan biasa2 aja
0 0
0
Virus corona: Kapankah pandemi Covid-19 ini berakhir dan kehidupan kembali normal?
23-03-2020 00:27
Nah ini, ane selalu kepikiran gimana caranya ini akan berakhir kalo penularannya bisa secepat ini dan semasif ini
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Virus corona: Kapankah pandemi Covid-19 ini berakhir dan kehidupan kembali normal?
23-03-2020 02:24
sudah tidak ada jaman normal , justru bagus ada corona bisa bersihin parasit bumi
0 0
0
Virus corona: Kapankah pandemi Covid-19 ini berakhir dan kehidupan kembali normal?
23-03-2020 02:47
Quote:Original Posted By baworsari
kalau lihat statistik china ya kita tetep bisa survive, antara korban dan recover jauh bedanya


Anggaplah 2nd wave itu gak ada dan mudah2an gak ada lagi

Presentase korban yang positif ama yang meninggal tuh tinggi banget gan rate nya... Jujur ane rada pesimis.

Soal siapa yang salah dua2nya salah, pemerintah masih belom maksimal buat ngatasin ini semua.
Rakyat juga salah pada bandel suruh diem di rumah
0 0
0
Virus corona: Kapankah pandemi Covid-19 ini berakhir dan kehidupan kembali normal?
23-03-2020 07:25
Social distancing kan udah terjadi semenjak booming smartphone dan medsos.
Di rumah masing-masing orang pegang hp.
Acara keluarga sibuk selfie minim obrolan.
Apa-apa cekrek upload.
emoticon-Matabelo
Sekarang beneran dipaksa social distancing, baru tau rasa
emoticon-Cool
0 0
0
Virus corona: Kapankah pandemi Covid-19 ini berakhir dan kehidupan kembali normal?
23-03-2020 08:27
Quote:Original Posted By muhmarzuky
Anggaplah 2nd wave itu gak ada dan mudah2an gak ada lagi

Presentase korban yang positif ama yang meninggal tuh tinggi banget gan rate nya... Jujur ane rada pesimis.

Soal siapa yang salah dua2nya salah, pemerintah masih belom maksimal buat ngatasin ini semua.
Rakyat juga salah pada bandel suruh diem di rumah


2nd wave itu mksdnya apa gan??
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Virus corona: Kapankah pandemi Covid-19 ini berakhir dan kehidupan kembali normal?
23-03-2020 10:59
Quote:Original Posted By ueki19
2nd wave itu mksdnya apa gan??


Gelombang kedua, China kan udah ga ada penambahan kasus Corona lagi kabarnya, artinya dia udah lolos gelombang pertama.
Bukan gak mungkin bakal ada Corona Gelbamg kedua (2nd wave) berkaca sama flu spanyol
0 0
0
Virus corona: Kapankah pandemi Covid-19 ini berakhir dan kehidupan kembali normal?
23-03-2020 11:33
Quote:Original Posted By antilongcat
Damn you china!!!

Kalau benar wabah ini dari kebiasaan makan orang cina yang makan segalanya termasuk trenggiling dan kelelewar.,bener2 ya,.gak habis pikir ane.


Virus corona: Kapankah pandemi Covid-19 ini berakhir dan kehidupan kembali normal?
0 0
0
Halaman 3 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia