radcliffezkyAvatar border
TS
radcliffezky
Mengenal Para Nenek Moyang Makhluk Hidup - Part 1: Kambrium
Spoiler for Buat pembaca zaman prasejarah the series:



Sebelum mulai, alangkah baiknya agan baca thread ane sebelumnya biar lebih nyambungemoticon-Blue Guy Peace

Awal Mula Kehidupan di Bumi

Konten Sensitif


Oke, langsung aja, kita maju jauh banget dari Arkaekum. Zaman Kambrium, atau bahasa inggrisnya cambrian, adalah periode pertama dari era Paleozoikum yang dimulai sekitar 541 sampai 488 juta tahun yang lalu. Jadi kalo kemarin sampe miliaran tahun yang lalu, sekarang udah maju jadi jutaan. Meski ratusan juta si.emoticon-Ngakak (S)Cambria sendiri merupakan nama Latin dari negara Wales, dimana periode ini dipelajari. Banyak fosil ditemuin dari batuan metamorf disana, yang diperkirakan berumur ya -+500 juta tahun.

Setelah pembentukan kerak pada masa sebelumnya, di masa ini, bumi dalam tahap perkembangan, penyebaran, dan pergerakan. 80% dari permukaan bumi masih ditutupi oleh air. Bisa dilihat dari peta di bawah ini.



Sedikit penjelasan. Di awal masa Kambrium, daratan masih dalam satu benua yang namanya Rodinia. Terus pecah jadi beberapa bagian kayak gambar peta di atas. Bagian bawah, yang nantinya jadi Antartika dan sekitarnya, sering kita denger dengan sebutan Gondwana. Lalu yang deket sama khatulistiwa, yang Amerika Utara namanya Laurentia, Eropa namanya Baltica, dan Siberia namanya.. (ngecek skrip) tetep Siberia.



Daratan disana seluruh bagiannya gersang banget gan. Suhunya bisa panas banget dan bisa dingin banget, labil.emoticon-Nohope Ditambah lagi, oksigennya masih pas-pasan dan bisa dibilang gak mungkin cukup buat memulai kehidupan. Menurut para ahli, yang mungkin bisa bertahan cuma mikroba golongannya Archaebacteria. Buktinya, di masa sekarang pun, agan sendiri mungkin pernah denger, ada bakteri yang habitatnya di tempat ekstrim kayak di danau non oksigen sampe kawah vulkanik. Padahal tempat enak nan dingin kayak Indomaret banyak yak,emoticon-Cape d... (S) kenapa juga milih tempat kayak gitu.emoticon-Ngakak (S)

Konten Sensitif



Terus gimana lautannya? Ya. Selain bakteri tadi, 99% dari makhluk hidup di masa ini hidup dan berkembang di dalam air. Lagi-lagi MVP-nya adalah cyanobacteria gan. Meski udah berevolusi jadi bentuk yang beda, mereka masih tetap menghasilkan banyak oksigen untuk mendukung kehidupan laut.emoticon-Blue Guy Cendol (S) Alhasil, munculah berbagai hewan multiseluler, terutama Arthropoda dan beberapa vertebrata lain. Makhluk-makhluk ini punya bentuk yang unik gan, pastinya beda dari kebanyakan makhluk di masa sekarang. Berikut penjelasan beberapa spesiesnya. Ini gak semua, hanya beberapa yang terpilih untuk jadi topik di zaman ini. (jiah..emoticon-Ngakak (S))


1. Anomalocaris


Spoiler for predator ganas:



Anomalocaris adalah Arthropoda sejenis udang yang merupakan predator terganas di lautan saat itu, dan juga merupakan predator pertama di muka bumi.emoticon-BeloMeski kalau dibandingkan tidak lebih besar dari Spike di Tom and Jerry AKA Bulldog, di masa Kambrium, ia merupakan hewan terbesar. Anomalocaris merupakan penguasa, juga puncak rantai makanan di laut Kambrium. Matanya termasuk majemuk, dan kalau dizoom keliatan kayak matanya lalat atau capung. Mulutnya berupa dua buah capit. Saat makan, capit ini akan mengerut dan mangsanya pun hancur berkeping-keping.emoticon-Takut (S)



2. Trilobite


Spoiler for trust me, it's not kecoa:



Trilobite adalah kelompok hewan Artrhopoda yang jumlahnya banyak banget, pokoknya ada aja di tiap sudut lautan gan.emoticon-BeloTotalnya, terdapat 25.000 spesies yang sudah ditemukan. Dan dari spesies sebanyak itu, bentuknya -+ hampir sama semua. IYKWIM, kecoa!emoticon-Takut (S) Karena bentuk dan jumlahnya ini, para pecinta fosil menyebutnya sebagai bug. Percaya gak percaya, Trilobite merupakan cetak biru dari 600 binatang di masa selanjutnya lo gan.emoticon-Cape d... (S) Padahal dalam rantai makanan laut Kambrium, kedudukan makhluk ini kebalikan dari Anomalocaris, di bagian paling bawah.emoticon-Berduka (S) Untuk berlindung, Trilobite menggulung tubuhnya, karena bagian eksoskeleton hanya terdapat pada bagian atas. Bagian bawah tubuhnya terbilang empuk.


Btw, walaupun terkesan receh, harga gak murahan gan.emoticon-Shutup



3. Haikouichthys


Spoiler for it's an UFO (lol):



Vertebrata! Salah satu Chordata pertama di muka bumi, Haikouishthys. Ia tergolong ikan tanpa rahang gan, Agnatha. Ikan berahang sendiri baru melimpah pada masa Devonian, yang akan dibahas di part 4. Golongan dari Haikouichthys ini udah langka di zaman sekarang. Yang terkenal cuma ikan Lamprey, lainnya udah pada punah.emoticon-Berduka (S)Kita harus berterima kasih lo gan sama si Haikouichthys dan keluarganya, karena 70% dari semua makhluk hidup di bumi ada karena makhluk satu ini.emoticon-Add Friend (S) Padahal ukurannya cuma sebesar jempol. Uniknya, Haikouichthys punya 6-9 insang di tiap sisinya gan. Jadi totalnya, ia punya 12-18 insang. Buat apa yak punya insang sampe selusin gitu.emoticon-Ngakak (S)


4. Ubur-ubur


Spoiler for berburu ubur2:



Bukan nenek moyang lagi gan, makhluk satu ini adalah salah satu spesies yang masih hidup dari masa Kambrium sampe sekarang. Ubur-ubur tidak berevolusi banyak selama 500 juta tahun.emoticon-Bingung (S)Dan sampai saat ini pun, ia masih bisa hidup di seluruh lautan, baik di permukaan sampai laut dalam.emoticon-Belo Meski tubuhnya lunak dan transparan kayak gitu, ubur-ubur bisa dibilang sebagai makhluk yang diciptakan sempurna sejak awal, bukan?emoticon-Cool Kayak di Spongebob, ubur-ubur bisa berenang cepet, kalo di daratan mirip ayam. Tentakelnya ini bakal nyengat kalau ada kontak langsung. Selebihnya, sengatan itu gak mirip listrik yang menyebar. Jadi rumor kalo ubur-ubur adalah predator pantai itu hoax gan.emoticon-Shutup

Ukuran ubur-ubur pun bermacam-macam. Berdiameter mulai dari 1 cm sampai dua meter. Kalau ratusan tentakelnya ikut dihitung, panjangnya bisa sampai 36 meter.emoticon-Hammer Sedikit saran, jika agan-agan berencana punya peliharaan anti-mainstream sekaligus pengen melestarikan makhluk purba, ubur-ubur adalah pilihannya.emoticon-Ngakak (S)



Ayo Jefri!


5.Marrella

Spoiler for Trilobite edgy ver.:



Saingan dari Trilobite dalam hal kelimpahan di laut Kambrium, Marrella.emoticon-MetalKalau dibilang mirip sama Trilobite boleh sih gan. Tapi menurut ane, si Marrella ini lebih keren, lebih edgy. (jiah..emoticon-Cool) Marrella sendiri juga pernah digolongkan di keluarganya Trilobite, tapi akhirnya punya keluarga sendiri. Bukan, jangan ngebayangin kalau kasus Marrella ini sama kayak anak adopsi di sinetron2.emoticon-Nohope Marrella masih bisa dibilang leluhur Arthropoda juga kok.

Bagian unik Marrella terdapat pada letak alat bernapasnya, yaitu pada kaki. Selain itu, kaki serta beberapa bagian tubuh Marrella bisa mengeluarkan berkas cahaya yang warna-warni.emoticon-Belo Intinya, Marrella lebih keren daripada Trilobite.


Spoiler for Bonus!:





Keanehan di masa Kambrium adalah adanya sebuah peristiwa dimana munculnya beraneka ragam makhluk hidup dengan sangat cepat, sebutannya Cambrian Explosion (Letusan Kambrium). Makhluk-makhluk ini muncul dan berevolusi dalam waktu yang bisa dibilang singkat banget. Karena itu, para ahli dan ilmuwan pun ngerasa bingung, gimana kemunculan beraneka hewan yang dadakan kayak gitu bisa terjadi?emoticon-Bingung (S)
Masa Kambrium diakhiri dengan kepunahan banyak spesies.emoticon-Berduka (S)Bahkan beberapa spesies Trilobites ikut punah massal mengikuti mulainya masa Ordovisium. Peristiwa ini terjadi karena menipisnya oksigen yang disebabkan oleh menurunnya suhu di laut dalam. Bisa disimpulkan kalau banyak hewan yang hidup di laut dalam gak bisa adaptasi dan akhirnya mati secara masal.emoticon-Berduka (S)

Sebagai tambahan, jika agan menganggap kalau lautan Kambrium sangatlah indah karena keanekaragamannya yang masih alami (belum dirusak tangan-tangan kotor manusia), agan salah.emoticon-Hammer



Di masa ini, lautan masih berupa bebatuan keras, berlumpur, dan pasirnya berupa kapur. Tumbuhannya pun masih didominasi koral-koral yang bentuknya masih monoton. Pastinya akan membosankan untuk dilihat, terutama untuk agan-agan penikmat diving neymar. Eh, diving bawah laut.emoticon-Ngakak (S) Selain itu, meski hewan-hewannya gak termasuk sebuah ancaman, air lautnya sendiri punya kadar asam tinggi, yang akan mengancam nyawa agan.emoticon-Takut (S)

Daratan pun sama-sama mematikan. Lapisan ozon yang belum sepenuhnya terbentuk bakal langsung manggang tubuh agan, kalo ditusuk bakal jadi sate madura.emoticon-Ngakak (S) Jadi, ane sekedar ngingetin. Kalau agan punya mesin waktu, pilihan untuk kembali ke zaman Kambrium (atau bahkan Arkeakum) adalah pilihan yang buruk gan. Percaya deh.emoticon-Malu (S)


Oke, sekian tentang Kambrium. Next, kita akan maju ke Zaman Ordovisian. Rate thread ini sesuai dengan penilaian agan buat ngedukung terus zaman prasejarah the series. Dan share jika thread ini menurut agan bermanfaat. Adios.emoticon-Ngacir

Thanks to: ahmad_a (1cak)

Part selanjutnya gan, Ordovisium

Spoiler for Sauce (legit):
Polling
0 suara
(jawabnya setelah baca sampe tuntas ya..) Di zaman Kambrium ini, siapa maskotnya?
Diubah oleh radcliffezky 11-02-2020 10:59
dellesology
MUF0REVER
smallest
smallest dan 89 lainnya memberi reputasi
90
36.4K
95
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.