Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

daily.planetAvatar border
TS
daily.planet
Saran Ilmuwan Barat Agar Wudu Umat Islam Lebih Higienis di Tengah Pandemi Corona
Saran Ilmuwan Barat Agar Wudu Umat Islam Lebih Higienis di Tengah Pandemi Corona

AKURAT.CO, Di tengah menyebarnya virus Corona (COVID-19) ke seluruh dunia, pakar dan ilmuwan Barat menguak sisi positif Wudu yang setiap hari pasti dilakukan umat Islam.

Seluruh ahli Kesehatan dunia nampaknya sepakat bahwa sering-sering mencuci tangan dapat meminimalisir tertularnya virus Corona .

Umat Islam dalam hal ini jelas beruntung, sebab Wudu tidak hanya mencuci tangan saja melainkan anggota tubuh lainnya seperti mulut, hidung, wajah, tangan sampai kaki.

Para pakar Barat sebenarnya memastikan bahwa
Wudu belum bisa dikatakan sebagai sebuah praktik yang higienis, namun mereka menekankan bahwa cara menyucikan diri tersebut adalah praktik kebersihan yang sangat baik.

Ulasan tentang Wudu umat Islam ini dirilis di sebuah sumber berita, analisis, dan komentar independen dari para pakar akademik bernama The Conservation.

Tidak berhenti di situ, baru-baru ini sebuah rilisan Netflix berjudul 'Pandemic: How to Prevent an Outbreak (Pandemi: Cara Mencegah Wabah)' membeberkan bahwa praktik Wudu dapat memberikan pesan kampanye untuk selalu menjaga kebersihan dengan baik.

Rose S. Aslan, pakar dari California Lutheran University yang tak lain adalah sarjana studi Islam telah menemukan bahwa praktik Bersuci tersebut mengandung Manfaat spiritual dan fisik.

Berkaitan dengan tata cara Wudu, Nabi Muhammad saw telah memberi panduan yang baik sesuai urutan. Umat Islam pun wajib mengikuti panduan tersebut sebagai bentuk menyucikan diri minimal lima kali sehari setiap hendak salat.

Apa yang diungkapkan Rose S. Aslan di atas bahwa Wudu memiliki Manfaat spiritual turut diamini oleh pakar Islam lainnya, Paul Powersargues.

Sarjana studi Islam ini mengatakan bahwa Wudu bukanlah 'ritualisme kosong', melainkan praktik membersihkan diri yang dapat membantu individu berpusat pada religiusitas batin.

Sejalan dengan risiko penyebaran virus Corona , lembaga-lembaga muslim yang telah selaras dengan ahli Kesehatan sangat merekomendasikan Wudu sebagai praktik kebersihan.

Dengan catatan, karena Wudu tidak sepenuhnya higienis, mereka menganjurkan untuk mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik sebelum melakukan Wudu.

Lembaga Islam tersebut juga turut menyarankan agar setiap masjid menyediakan sabun dan pembersih tangan tambahan di area tempat Wudu. Praktik kebersihan dasar tetap menjadi cara ampuh untuk mencegah penyebaran virus Corona baru dan virus-virus lainnya.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa meski
Wudu tidak sepenuhnya higienis, namun menyertakan mencuci tangan dengan sabun sebelum Wudu dapat mengurangi risiko penularan seseorang karena virus.
Wallahu a'lam.[]



SUMBER : [url]https://m.akuraS E N S O Rid-1051496-read-saran-ilmuwan-barat-agar-wudu-umat-islam-lebih-higienis-di-tengah-pandemi-corona[/url]
gyro
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 8 lainnya memberi reputasi
9
5.3K
96
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.