iissuwandiAvatar border
TS
iissuwandi
Ilmuwan Temukan Teknologi Penghapus Kenangan, Mau Coba Gan?

Assalamualaikum

Agan dan Sista pernah menonton film Eternal Sunshine of The Spotless Mind (2004)? Film ini menceritakan tentang mantan sepasang kekasih yang dibintangi oleh Jim Carrey dan Kate Winslet, di mana mereka ingin menghapus kenangan masa lalunya agar bisa move on dan melupakan tentang kisah mereka.

Orang pertama yang menghapus kenangannya ada karakter Clementine yang diperankan sangat apik oleh Kate Winslet, di mana ia pergi ke suatu tempat yang bernama Lacuna Inc, di tempat tersebut Clementine berhasil menghapus memori masa lalunya dengan bantuan seperangkat alat elektronik. Ane bukan mau membahas tentang film tersebut, cuma mau ngingetin tentang mesin penghapus memorinya aja.

Ternyata, alat untuk menghapus kenangan atau memori masa lalu dapat kita temui di dunia nyata, bukan hanya sebatas fiksi atau hanya ada dalam film. Hal ini diwujudkan oleh sejumlah ilmuwan dari Kanada yang saat ini sedang mengembangkan alat penghapus memori.

Dalam laporannya pada laman Sky News, alat ini sengaja dikembangkan untuk membantu pasien PTSD (post-traumatic stress disorder) di dalam hidupnya dengan cara meniadakan sel saraf otak manusia secara genetik. Ini dimaksudkan untuk menghilangkan trauma jangka panjang dan pasien tersebut bisa kembali hidup normal.


Tidak dapat dipungkiri, pasien PTSD jika dibiarkan berlarut-larut pasti akan membahayakan nyawanya. Jika tidak ditangani dengan tepat, pengawasan dari orang-orang terkasih, belum lagi obat-obatan yang harus dikonsumsi, akan berakibat fatal di kemudian hari. Seandainya kenangan atau memori buruk tersebut benar-benar dihilangkan, seolah kejadian buruk tersebut tidak pernah dialami dan dirasakan oleh pasien, tentunya akan membuat kehidupannya lebih baik.

Meskipun alat penghapus memori ini telah sukses diuji pada sejumlah tikus dan siput laut, alat penghapus memori ini masih dalam tahap awal, masih perlu ujicoba dan penelitian lagi. Otak manusia lebih komplek dan lebih beresiko.

Quote:

Kejadian buruk yang menimpa seseorang bisa jadi menjadi pelajaran berharga untuknya. Belajar untuk lebih baik lagi dan berkembang ke arah yang positif.

Jika nantinya alat tersebut benar-benar telah disempurnakan, bukan hanya pasien PTSD saja yang dapat menggunakannya, pasien kecanduan narkoba dan alkohol juga bisa terlepas dari kebiasaan mereka mengkonsumsi narkoba dan alkohol.

Buat barisan para mantan yang hatinya tercabik-cabik hingga gagal move on, bisa juga menggunakan alat ini untuk menghapus kenangan bersama dia. Jika alat penghapus memori ini bekerja dengan baik, maka semua kenangan tentangnya lenyap.

Sosoknya akan menjadi orang yang benar-benar asing, tidak dikenal sama sekali. Bisa move on, deh, dan kembali melanjutkan hidup. Nah, yang jadi musibah, jika kalian kembali jatuh cinta, kemudian patah hati lagi dengan orang yang sama😅. Jadi inget Cut Pat Kay "Sejak dulu beginilah cinta, penderitaannya tiada akhir.”

Ane pamit undur diri, maafken jika ada salah kata. Terima kasih, salam hangat, dan selamat beraktifitas.


Sumber gambar : Google
Referensi : 1, 2
Diubah oleh iissuwandi 16-03-2020 01:10
infinitesoul
nunu403
onik
onik dan 40 lainnya memberi reputasi
41
7.2K
201
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.