i.am.legend.Avatar border
TS
i.am.legend.
Skenario Lockdown ala Sri Mulyani 'Lawan' Corona


Skenario Lockdown ala Sri Mulyani 'Lawan' Corona

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Keuangan Sri Mulyani menyiapkan skenario lockdown atau isolasi penuh untuk melawan penyebaran virus corona. Salah satunya, yaitu menampung seluruh warga di satu tempat.

"Kalau di desa atau tempat yang pemukimannya cukup padat, sehingga social distancing sulit dilakukan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah mencari rumah yang bisa digunakan bersama-sama untuk menjadi tempat menampung," ujarnya, Rabu (18/3).

Segala kemungkinan terkait skema isolasi, sambung Ani, bisa terjadi. Karenanya, ia dan pemerintah masih terus mengkaji hal tersebut.

Kemudian, ia memastikan pemerintah akan menyiapkan pasokan bahan pokok dan logistik agar kebutuhan masyarakat tetap tersedia.

Ani mengaku saat ini masih melakukan koordinasi dengan Kementerian/Lembaga terkait. "Kami terus mendukung agar tidak sampai ada kekurangan," imbuh dia.


Selain skenario lockdown, Ani juga mengaku telah menyiapkan anggarannya. "Mengenai kesiapan, pasti disiapkan untuk memutuskan suatu daerah apakah dilakukan isolasi," tutur dia.

Namun demikian, hingga kini pemerintah belum memutuskan untuk melakukan lockdown. Presiden Joko Widodo baru mengimbau masyarakat menghindari keramaian dengan bekerja dari rumah (work from home) demi meminimalisir penularan virus corona.
sumber

********

Jalan satu-satunya yang terbaik adalah isolasi diri didalam rumah. Bukan bagi penderita, tapi bagi mereka yang tidak terkena. Bagi yang sudah terkena paparan jelas penanganan dokter adalah jalan terbaik.

Mengumpulkan begitu banyak orang dalam 1 gedung pasti tidak mudah. Masyarakat pasti kuatir dengan harta benda yang ditinggalkan. Dan tak mungkin aparat keamanan bisa mengcover area yang luas dengan ratusan rumah. Belum lagi hewan-hewan peliharaan yang pastinya akan kelaparan ditinggal dirumah. Jika mati, maka akan menimbulkan masalah baru yaitu jadi sumber penyakit.

Jika ini tetap dilakukan, maka ini jauh lebih sulit dibanding penanganan pengungsi bencara banjir. Banjir tak mungkin sampai 2 minggu mengungsi. Lha Corona?

Kita percaya, pemerintah pasti punya tanggungjawab dan tak akan menelantarkan rakyatnya. Dana taktis bencana pun siap digelontorkan. Yang kita tak percaya, apakah semuanya akan baik-baik saja yang mengelola dana tersebut?

Mungkin mengisolasi sebuah wilayah pedesaan bisa lebih mudah dibanding mengisolasi sebuah wilayah perkotaan yang punya banyak pintu masuk dan jalur tikus.

Sekarang ini yang dibutuhkan adalah kerjasama seluruh bangsa ini dalam menghadapi wabah virus Corona. Kita tak bisa menghadapi sendiri-sendiri. Tak bisa pemerintah melakukan apapun juga untuk membendung penyebaran virus ini jika rakyatnya abai pada keselamatan diri masing-masing.

Semoga semuanya baik-baik saja.
Diubah oleh i.am.legend. 18-03-2020 18:40
fairypurpels
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 18 lainnya memberi reputasi
19
4.1K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.