Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
167
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6f892068cc95642957aa45/swasta-ogah-inisiatif-social-distancing-imbauan-presiden
Virus corona (COVID-19) telah menjadi pandemik. Berbagai cara tengah dilakukan oleh dunia guna menekan penyebaran virus ini. Salah satu cara dipaparkan melalui video dengan judul ‘Bagaimana Wabah COVID-19 Bisa Berakhir’ yang menyebar di media
Lapor Hansip
16-03-2020 21:11

Swasta Ogah Inisiatif Social Distancing Imbauan Presiden

Past Hot Thread
Penumpukan Penumpang


Video


Virus corona (COVID-19) telah menjadi pandemik. Berbagai cara tengah dilakukan oleh dunia guna menekan penyebaran virus ini. Salah satu cara dipaparkan melalui video dengan judul ‘Bagaimana Wabah COVID-19 Bisa Berakhir’ yang menyebar di media sosial. Bahkan turut disebarkan oleh Menko Polhukam Mahfud MD.





Video berdurasi 2 menit 19 detik itu menyadur dari laporan The Washington Post tertanggal 14 Maret 2020 oleh Harry Stevens. Lewat artikelnya Harry memaparkan bagaimana bisa kurva penyebaran virus corona terus meningkat secara tajam dan menjelaskan metode agar kurva tersebut menjadi landai. Dengan kata lain ia memaparkan cara untuk memperlambat peneyebaran virus sekaligus memperkecil jumlah penderita.

Ia mengumpamakan penyakit yang menyebar dengan sebutan simulitis. Apabila orang yang terkena simulitis bergerak bebas dalam suatu populasi, maka penyakit akan menyebar dengan cepat dan kurva penyebaran akan meningkat secara drastis. Kurva akan terus meningkat hingga mencapai satu titik jenuh, kemudian akan menurun seiring dengan banyaknya orang yang sembuh dari simulitis. Kondisi ini diberi istilah Free for All.

Penyebaran simulitis tanpa efek samping tentu tidak akan membuat kita khawatir. Tapi bagaimana jika simulitis diganti dengan COVID-19. Peningkatan jumlah penderita corona yang drastis, tentu tidak seriring dengan fasilitas kesehatan. Banyak orang akan terkena corona, namun saking banyaknya, fasilitas kesehatan seperti rumah sakit tidak dapat menampung atau menanganinya. Pada akhirnya banyak orang akan meninggal dunia.

Lantas bagaimana agar kurva tersebut tidak terlalu curam? Ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Salah satunya dilakukan pemerintah China dengan contoh kasus Provinsi Hubei (tempat asal mula penyebaran COVID-19). Yakni dengan metode Force Quarantine alias Karantina Paksa alias Lockdown. Force Quarantine melarang seluruh aktivitas publik, kecuali beberapa orang seperti untuk ke Rumah Sakit maupun logistik.

Dalam prakteknya, Force Quarantine adalah suatu hal yang mustahil, dan tidak efektif. Sebab tetap saja akan ada ruang atau kebocoran yang terjadi. Profesor Hukum Kesehatan Global Universitas Georgetown, Lawrence O. Gostin mengatakan Lockdown seperti ini sangat jarang dan tidak efektif. Lagipula Force Quarantine telah melanggar prinsip kebebasan manusia dengan cara yang diktator bukan?

Oleh karena itu, ada cara lain yang dapat dilakukan dan jauh lebih efektif, yakni Social Distancing. Social Distancing adalah mengurangi interaksi sosial dengan orang lain terkecuali untuk hal yang sangat penting. Semakin masyarakat tidak berinteraksi satu dengan yang lain, maka semakin kecil pula peluang penyebaran virus.

Namun bagaimana cara agar Social Distancing dapat dilakukan dengan efektif? Kita tahu, anjuran pemerintah untuk mengurangi berpergian tidaklah cukup. Orang-orang akan tetap saja keluar rumah. Mungkin karena pekerjaan, sekolah, atau berkumpul bersama orang lain di restoran dan tempat publik lainnya. Di sinilah pentingnya menutup tempat-tempat yang biasa didatangi banyak orang.

Akan tetapi, Pemerintah tidak bisa memaksa masyarakat untuk tidak berpergian. Oleh karena itu harus ada kesadaran dari pihak swasta untuk menutup sementara kantor, restoran, atau tempat lainnya yang menjadi lokasi berkumpulnya publik. Italia telah melakukannya dengan menutup restoran-restoran, begitu juga China dan AS.

Kesadaran publik harus diiringi dengan kesadaran swasta menutup ruang publik. Inilah yang dapat diartikan dengan Moderate Social Distancing.

Social Distancing akan lebih ampuh lagi dalam menekan penyebaran virus ketika regulator atau pemerintah turut membatasi fasilitas publik. Kombinasi dari kesadaran publik, swasta, dan regulasi pemerintah dapat kita sebut dengan Extensive Social Distancing.

Sumber : The Washington Post [Why outbreaks like coronavirus spread exponentially, and “how to flatten the curve”]

Setelah melihat paparan tentang mengurangi penyebaran virus corona dari The Washington Post tersebut, maka mari kita kembali ke video yang menyebar di medsos. Hal yang menarik adalah perbedaan video itu soal Force Quarantine atau Lockdown yang diberi istilah Partial Lockdown. Padahal Force Quarantine bukan berarti Partial Lockdown. Force Quarantine tetap memiliki celah masuk penyebaran virus karena mustahil melakukan Lockdown secara 100 %.

Selain itu, video tersebut juga memaparkan tentang Social Distancing yang amat berbeda maksudnya dengan Social Distancing Harry Stevens. Menurut video yang turut disebarkan Mahfud MD itu, Social Distancing adalah kesadaran dari diri sendiri untuk tidak berpergian. Pada faktanya definisi itu sama saja dengan Free for All. Tidak mungkin orang-orang dilarang atau sadar sendiri untuk tidak berpergian. Seperti di Indonesia, orang-orang masih ke kantor, ke restoran, bahkan ke tempat liburan.

Social distancing hanya akan berhasil ketika pihak swasta yang memiliki kantor, restoran, atau tempat berkumpul lainnya memiliki kesadaran untuk menutup tempat publik tersebut. Tentunya apabila pihak swasta mau berpikir secara jangka panjang, tidak akan mungkin mereka mengorbankan pelanggan, karyawan, atau pengunjungnya demi keuntungan jangka pendek semata.

Oleh karena itu, tindakan dari Gubernur DKI yang mempersingkat jadwal operasional TransJakarta hingga pukul 18.00 dan memperpendek rutenya sudah tepat. Ia melakukannya agar Social Distancing dapat terwujud. Namun karena pihak swasta masih menggunakan waktu pulang jam kantor secara normal serta tetap membuka ruang publik seperti restoran dan mall, terjadilah penumpukan penumpang TransJakarta saat jam pulang kantor.

Amat disayangkan ketika beberapa pihak mengkritik langkah tersebut. Padahal yang justru harus dikritik adalah pihak swasta yang tidak memiliki kesadaran untuk memfasilitasi Social Distancing hanya demi laba jangka pendek.

Sumber : CNN Indonesia [Kebijakan Blunder Transportasi Anies Berujung Amburadul]

Mungkin berbagai kebijakan dari Gubernur DKI ini pula yang menyebabkan video yang beredar di medsos mengubah istilah Force Quarantine menjadi Partial Lockdown. Seolah-olah Pemda DKI telah bertindak bagaikan diktator.

Bukankah Pemda DKI tidak menegur orang-orang yang berpergian ke luar rumah seperti Lockdown yang dilakukan di Wuhan? Gubernur DKI justru telah memberlakukan konsep Social Distancing, yakni membatasi pilihan aktivitas publik di luar rumah.

Jadi apabila ada pihak yang menolak Extensive Distancing yang diberlakukan Anies Baswedan, maka mereka justru mendukung terjadinya simulasi Free for All seperti yang dipaparkan oleh The Washington Post.

Padahal pada Minggu 13 Maret 2020, Presiden Jokowi telah memaparkan pentingnya Social Distancing untuk diterapkan dalam kondisi saat ini. Regulasi yang diterapkan Anies sebenarnya telah sejalan dengan keinginan Presiden.

Sumber : JPNN [Jokowi Pengin Social Distancing jadi Gerakan Masyarakat]

Apabila kita ingin Social Distrancing berlaku, justru hal yang pertama kali harus diluruskan adalah kesadaran dari pihak swasta untuk menutup kantor, restoran, maupun ruang publik. 
Diubah oleh NegaraTerbaru
profile-picture
profile-picture
profile-picture
infinitesoul dan 26 lainnya memberi reputasi
19
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 7
Swasta Ogah Inisiatif Social Distancing Imbauan Presiden
18-03-2020 09:55
Quote:Original Posted By anti.suap
di cina bisa sampai lockdown.
knapa di indonesia himbauan aja nggak ada yang taat?
jawabanya karena cina komunis otoriter.
lu ngeyel langsung di penjara.
berbahagialah hidup dimari presiden ngomong dianggap angin lalu saja.

Tapi indo kalo mau bisa sih.
Intinya mau tegas nggak
Siap nanggung resiko nggak?
Kalo cuma main aman. Ya ga bakalan ada yang peduli social distancing apalah itu.


Efek pimpinan daerah dipilih rakyat. Merasa gak perlu ikutin instruksi presiden. Toh yg milih gw rakyat. Bukan presiden. Padahal belom tentu kebijakan dia menguntungkan konstituen dia.

Terus apa bedanya kita sama negara serikat?
0 0
0
Swasta Ogah Inisiatif Social Distancing Imbauan Presiden
18-03-2020 09:58
mau ngikutin kata presiden ama gubernur, tapi nanti takut di pecat ama bos kantor emoticon-Mewek
profile-picture
kiryu06 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Swasta Ogah Inisiatif Social Distancing Imbauan Presiden
18-03-2020 10:04
smoga badai cepat berlalu
0 0
0
Swasta Ogah Inisiatif Social Distancing Imbauan Presiden
18-03-2020 10:16
Quote:Original Posted By kiryu06
As* banget ya bro emoticon-Ngakak

Ikut yg mana

Terpaksa ikut bos, mau ikut presiden ama gubernur takut jadi pengangguran ntar emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hhendryz dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Swasta Ogah Inisiatif Social Distancing Imbauan Presiden
18-03-2020 10:18
Serba salah gan. Di satu sisi mereka tidak punya kekuatan ekonomi untuk menahan saat hal begini terjadi.

Yg ditakutkan yg akan terjadi malah pemecatan karyawan dan org2 akan pengangguran. Karena mereka juga tidak mungkin menggaji karyawan apabila tidak ada uang masuk dan tdk bekerja.

Apakah karyawan juga mau maklum tidak digaji karena tidak ada pemasukan dan tdk bekerja?

Tentu tidak kan.
Makanya jadi dilemma.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Swasta Ogah Inisiatif Social Distancing Imbauan Presiden
18-03-2020 10:23
Kebijakannya setengah2 sih. pusat nyaranin untuk wfh tanpa mau lockdown, dan pemda melaksanakannya. Tapi tanpa perintah yg tegas dari pemerintah, buat apa swasta ngikutin saran itu.

Cuma gua rasa pemda juga terburu2 sih, seharusnya udah tau kalo swasta belum menjalankan wfh, kenapa transportasi massal dibuat seperti itu. Kebijakan transportasi massal ga bisa dibikin switch on-off semudah itu aja, harus tau konsekuensinya. Harusnya dibikin normal aja, sambil dihimbau swasta untuk wfh. Mungkin dikasih insentif kurangin pajak buat yg mau melakukan wfh ke swasta.
0 0
0
Swasta Ogah Inisiatif Social Distancing Imbauan Presiden
18-03-2020 10:25
enak yg nulis mah ...tinggal nulis doang blablabla


seperti banyak kata para kaskusers bahwa tidak semua bisa di kerjakan via wfh..

Banyak profesi yg harus bertemu dan melayani customernya...emoticon-DP
0 0
0
Swasta Ogah Inisiatif Social Distancing Imbauan Presiden
18-03-2020 11:00
Kalau disini justru restoran sama hotelnya pada perang diskon, lagi pula susah juga sama pola keuangan masyarakat kita yang dimakan hari ini adalah apa yang didapat hari ini, bisa2 masyarakat pada kelaparan kalau diterapkan..
0 0
0
Swasta Ogah Inisiatif Social Distancing Imbauan Presiden
18-03-2020 11:02
Oooaaaalaaahh..emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
rheirhei dan CoupleMaster memberi reputasi
2 0
2
Swasta Ogah Inisiatif Social Distancing Imbauan Presiden
18-03-2020 11:06
lebih serem perintah bos di kantor drpd himbauan presiden, begini lah nasib para sales di tengah merebak nya virus corona, mesti kerja . . kerja . . kerja
0 0
0
Swasta Ogah Inisiatif Social Distancing Imbauan Presiden
18-03-2020 11:09
Berkorban selama 1-2 minggu untuk menutup semua kegiatan di jabodetabek lebih baik sih , kenapa? setiap hari di indonesia sudah hampir pasti bertambah 10-20 orang positiv corona atau mungkin lebih jika masih semua masuyarakat beraktifitas seperti biasa dan masih belum ada vaksin pastinya akan terus bertambah angka ini , dan apa yg terjadi jika terus bertambah? ya makin parah , dan kenapa pemerintah ga mau atau gabisa me lockdown indonesia atau setidaknya jabodetabek? ya benar pihak swasta banyak yg tidak mau dan masih menganggap corona ini adalah hal biasa dan akan pulih dengan seiringnya berlaluwaktu walaupun tanpa tindakan bersama , kalo gini terus yaaa nunggu aja sampai vaksin nya keluar atau minta bantuan tuhan yg maha esa buat menyelesaikan ini , semoga indonesia khususnya daerah yg terdampak cepat pulih.
0 0
0
Swasta Ogah Inisiatif Social Distancing Imbauan Presiden
18-03-2020 11:39
Quote:Original Posted By koementatoer
gak setuju ane gan selaku wiraswastaemoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Big Grin

Bisa gulung tikar emoticon-Turut Berduka
0 0
0
Swasta Ogah Inisiatif Social Distancing Imbauan Presiden
18-03-2020 11:41
Quote:Original Posted By ufoterbang
Terpaksa ikut bos, mau ikut presiden ama gubernur takut jadi pengangguran ntar emoticon-Mewek

Mantap bosemoticon-Shakehand2
profile-picture
ufoterbang memberi reputasi
1 0
1
Swasta Ogah Inisiatif Social Distancing Imbauan Presiden
18-03-2020 11:46
kaya tempat ane aja sih, jadi dibagi dua group gitu. masuknya gantian setiap dua hari, dan ngga boleh saling ketemu antara orang orang yang di group a dan group b. walaupun ngga full socia distancing, tapi setidaknya meminimalisir
0 0
0
Swasta Ogah Inisiatif Social Distancing Imbauan Presiden
18-03-2020 11:52
Ikut nimbrung, biar jadi bahan mikir...ap nunggu outbreak dlu baru pada paham.
Ini gw kutip perawat dari negara itali yg di repost oleh orang pilipina

ignorance excuses no one
0 0
0
Swasta Ogah Inisiatif Social Distancing Imbauan Presiden
18-03-2020 12:19
Presidennya aja mencla mencle, kasih aturan kok setengah setengah....tegas dong tutup tutup sekalian
0 0
0
Swasta Ogah Inisiatif Social Distancing Imbauan Presiden
18-03-2020 12:42
Dillema juga ini. Lalu karyawanya mau makan apa nanti, ada subsidi dari pemerintah tidak?emoticon-Nohope
0 0
0
Swasta Ogah Inisiatif Social Distancing Imbauan Presiden
18-03-2020 13:18
Quote:Original Posted By hhendryz
panjang2 ternyata pendukung ketololan juga , kon tol, ini yang nulis otaknya udah dibuang ke got...emoticon-fuck


Haha trus mana ide dari otak ente yang otaknya bersih? Gak pernah dipake?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Swasta Ogah Inisiatif Social Distancing Imbauan Presiden
18-03-2020 13:19
Gua doain yang Kontra ama Abud dan Pemerintah segera kena Corona biar nyaho emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Swasta Ogah Inisiatif Social Distancing Imbauan Presiden
18-03-2020 13:22
Quote:Original Posted By hhendryz
oh balas quote? merasa? tersinggung? emoticon-fuck



buat makhluk seperti lo sia2 balas pakai kata2 , keparat2 macam lu langsung hunus golok aja ke kepala langsung...bang sat... jangan sampai gw nemu kepala lu nongol di jalan tot! emoticon-fuck


Haha silahkan
0 0
0
Halaman 6 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia