Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AlifLamMim07Avatar border
TS
AlifLamMim07
Bikin Cepat Kaya nih! Tips Bertanam Salak
Salak dikenal sebagai buah asli indonesia, yang umum dikonsumsi sebagai buah segar. namun tidak jarang kita menjumpai buah salak sudah diawetkan dalam bentuk manisan atau dikeringkan.
Bikin Cepat Kaya nih! Tips Bertanam Salak

Bahkan di zaman era modern ini banyak yang sudah berada dalam kaleng kemasan, bagaimana cara membudidayakan buah yang mempunya banyak manfaat ini ? simak artikel berikut gan!.

Tanaman Berumah Dua 

Salak atau dalam bahasa latin disebut salacca edulis termasuk famili palmae dan merupakan tanaman asi asal indonesia. tumbuhnya merumpun batangnya pendek, tertutup oleh pelepah-pelepah daunya.

Tempat Tumbuh

Tanaman ini dapa tumbuh baik di dataran rendah sampai dataran tinggi  yang memiliki ketinggian 700 M diatas permukaan laut, namun pada umumnya tanaman salak bisa tumbuh pada semua jenis tanah, baik tanah liat, pasir , dan lainya.
Juga pada tanah asam yang ber-pH 4,5-5,0 , atau tanah basah yang ber-pH diatas 7,5.

Bibit 

Bibit salak dapat diperoleh dari perbanyakan secara generatif maupun vegetatif. 

Tips Memindakan Tanaman Salak Yang Sudah Dewasa

1. Daun Diikat dan tanaman ditopang dengan bambu.
2. tanah dibongkar, akar-akarnya dipotong dan di sisakan 1/4 bagian.
3. Lubang bongkaran diisi kembali dengan tanah yang subur.
4. setelah tumbuh akar - akar baru, tanaman dibongkar dan memotong sisa akar lama.

Penyiraman Tanaman Salak

Salak adalah tumbuhan yang rakus air, jadi bilamana musim kemarau tiba kebutuhan air harus diperhatikan karna tanaman ini tida tahan akan kekeringan, so bagi kalian yang minat menanam salak harus punya persediaan air yang banyak ketika kemarau ya gan!.

Tanaman Salak Perlu Pemangkasan 

Tujuan pemangkasan salak adalah untuk mengatur banyaknya pelepah daun dan tunas - tunas agar tanaman ini tidak terlalu rimbun, juga tujuan dari pemangkasan ini adalah untuk membuat cahaya matahari masuk dengan leluasa nih gan!.

Pemupukan

Pupuk yang diberikan bisa pupuk organik maupun pupuk anorganik, tanaman yang berumur kurang dari satu tahun, dipupuk sebulan sekali dengan 5 gram urea, 5 gram  TSP, dan 5 gram KCI, yang berumur  1-2 tahun dipupuk 2 taun sekali dipupuk dengan urea,TSP, dan KCi masing masing 10 gram per pohon untuk yang berumur 2-3 tahun dosis pupuk ditambah menjadi 15 gram pupuk per pohon dan diberikan setiap 3 bulan, setelah diatas 3 tahun pemberian urea,TSP, dan KCL dilakukan 6 bulan sekali dengan dosis 20 gram.

Nah gimana sob, tertarik untuk menanam tanaman ini? disamping harga buahnya yang cukup mahal untuk beberapa jenis buah salak tanaman ini jugatidak membutuhkan perawatan yang rumit kan, semoga bermanfaat.
kumaniaks
Gimi96
NadarNadz
NadarNadz dan 13 lainnya memberi reputasi
14
1.8K
34
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
TanamanKASKUS Official
3.9KThread2.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.