Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fitrijunitaAvatar border
TS
fitrijunita
5 Manfaat Berkomunitas, No 4 Cocok Buat Para Jomblo!


Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh.

Holla, apa kabar semua? Semoga selalu dalam baik dan sehat selalu ya.

Ketemu lagi di thread saya.

Teman-teman pasti pada punya hobi dan minat kan ya? Menurut KBBI, Hobi adalah kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama. Sedangkan, minat adalah kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu. Terbaca berbeda tapi nyatanya tak jauh berbeda.






Tanpa kita sadari, hobi dan minat menjadi salah satu pewarna dalam kehidupan kita.
Supaya pewarna tersebut lebih cerah dan makin terarah, perlu sesuatu yang mensupportnya. Salah satunya dengan berkomunitas.

Nah, berikut adalah manfaat berkomunitas yang perlu kita ketahui,

1. Memperluas Jaringan dan menambah wawasan



Percaya atau tidak, dengan kita berkomunitas, mau tidak mau kita harus bisa berbaur dengan orang lain. Meski hanya sebagai penyimak, secara tidak langsung pertemanan kita bertambah. Dengan bertambah teman maka bertambah luas juga jaringan koneksi kita, dan tentunya semakin bertambah juga wawasan kita.

2. Membangun Kepribadian dan mengelola emosi



Dalam berkomunitas, pasti kita akan menjumpai berbagai sifat dan karakter orang yang berbeda dengan kita. Berbeda bukan berarti salah atau buruk. Namun berbeda bisa menjadi satu kekuatan untuk yang lainnya. Di sini kita kelapangan hati dan tenggang rasa kita diuji, tapi bukan berarti semua perbedaan harus kita terima dan bukan karena perbedaan pula kita jadi saling berselisih paham. Cukup saling melengkapi dan saling memahami.


3. Mengembangkan Potensi dan Bakat Diri


Ada yang berpikir bahwa berkomunitas hanya akan memberi keuntungan bagi kalangan tertentu. Nyatanya kalau kita mau saling berbagi dan saling support, berkomunitas bisa menjadi suatu amunisi bagi komunitas tersebut untuk berkembang dan maju. Tidak hanya bagi founder dan tim pendiri, tapi juga bagi anggotanya yang ingin maju dan berkembang bersama.

4. Menambah Rejeki



Dengan berkomunitas, hobi yang tadinya hanya sekadar keisengan belaka, bisa juga menjadi pancing utama pundi-pundi rupiah. Namun, sejatinya rejeki tak harus berbentuk materi. Terkadang, rejeki bisa juga hadir dalam bentuk ilmu dan pengalaman, teman yang baik atau bisa juga hadir dalam bentuk jodoh yang dinanti hehehe. 



5. Ladang Pahala



Tak banyak orang yang mau repot-repot mengelola dan mengurusi sekian banyak orang dengan berbagai karakter dan sifat. Tak cukup dengan visi dan misi, tapi juga dibutuhkan yang namanya memaklumi dan melengkapi. Bibit unggul tak akan bisa menjadi suatu produk yang unggul jika tanpa pengelolaan yang baik. Begitu juga sebaliknya. Semoga dengan kerepotan itu, bisa menjadi ladang pahala tersendiri bagi kita semua khususnya bagi founder

Sepertinya masih banyak lagi ya manfaat dari berkomunitas. Kalau teman-teman punya manfaat yang lain, yuk kita sharing!

Sekian dulu thread saya kali ini, Mohon maaf untuk kata yang tidak berkenan, semoga tulisan ini bermanfaat, jangan lupa terus berkarya dan #BelajarBersamaBisa

Wassalam

Minangkabau, 04 Desember 2019 
Diubah oleh fitrijunita 04-12-2019 03:52
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 44 lainnya memberi reputasi
43
3.3K
132
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.