Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fitrijunitaAvatar border
TS
fitrijunita
dr. Aisyah, Teman Sekaligus Ibu Para ODHA

Zaman yang serba canggih dan hampir semuanya serba instan seperti saat ini, ternyata masih ada beberapa kalangan masyarakat yang terkadang masih menatap dan menilai jelek orang-orang yang terkena virus AIDS. Atau yang lebih dikenal dengan ODHA. Padahal sudah banyak pemerintah, atau instansi yang memberikan penjelasan, kalau penularan HIV AIDS berasal dari kontak cairan berupa darah atau sperma melalui hubungan seks. Selebihnya, pelaku ODHA masih bisa kita ajak bersosialisasi.

Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh
Holla, apa kabar semua warga kaskus?
semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat selalu ya.




dr. Hj. Siti Aisyah Dahlan,  seorang dokter spesialis korban narkoba. Awal mula saya mengenal beliau melalui sebuah seminar tentang bahaya AIDS beberapa tahun yang lalu. Saat itu saya nggak terlalu ngeh dengan beliau. Bahkan awalnya saya juga nggak terlalu fokus dengan isi materinya. Sampai saya merasa asyik dengan cara beliau memaparkan materi. interaktif dan nggak bikin boring. Saat itu dr. Aisyah mengisi materi saat menjelang jam istirahat makan siang, sekitar jam 10pagi. Tepat setelah coffee break.



Pemaparan beliau tentang materi AIDS dan pasiennya, membuat saya sedikit terkesima. Bukan karena bahaya dan penyebab AIDS dan sebagainya atau caranya penyampainnya yang asyik (menurut saya). Namun, kagum dengan perjuangan beliau saat harus menjadi teman bahkan ibu bagi pasien pengidap virus HIV yang masih berusia remaja bahkan anak-anak. Atau ODHA yang disebabkan bukan karena kesalahannya sendiri.

Ada haru saat melihat beberapa orang yang berada di belakang dr. Aisyah saat mengisi seminar, yang tadinya saya pikir adalah asistennya. Ternyata di akhir sesi, beliau menjelaskan kalau mereka adalah para ODHA yang awalnya hampir menyerah dan pasrah terhadap takdir tapi pada akhirnya memiliki semangat hidup yang tinggi guna memperbaiki diri dan menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain.

Quote:


Terbayang, jika kita yang dikucilkan karena sesuatu yang masih bisa ditolerir atau karena suatu penyakit yang masih diobati, pasti sedi. Tapi dr. Aisyah mengajarkan kepada ODHA, bagaimana cara bergaul dan bersosialisasi dengan masyarakat luas. Serta memberikan edukasi kepada masyarkat bahwa ODHA tidak harus dikucilkan. Kita bisa tetap berkomunikasi dengan baik kepada mereka. FYI, bahkan salah satu pasien yang pernah beliau bantu adalah salah satu grup musik ternama di Indonesia pada tahun 90an

Dokter lulusan Universitas Hasanuddin Makassar ini, juga aktif memberikan edukasi dengan tema yang sama dan tema daya kecerdasan otak anak, di berbagai kota yang terkadang disiarkan kembali ke berbagai media sosial lainnya.

sekian ulasan saya tentang salah satu sosok wanita yang menginspirasi saya dalam kehidupan ini. semoga bisa juga menginspirasi teman-teman semuanya. 

Minangkabau, 03 Maret 2020

sumber : klik dan di sini

Diubah oleh fitrijunita 03-03-2020 13:12
delia.adel
sebelahblog
tuliptulipje
tuliptulipje dan 31 lainnya memberi reputasi
32
3.5K
100
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.