Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

extreme78Avatar border
TS
extreme78
MUI Nyatakan Hoax terkait Virus Corona Haram
MUI Nyatakan Hoax terkait Virus Corona HaramJakarta - Pada masa merebaknya virus Corona ini, hoax yang berkaitan dengan situasi pandemi itu juga banyak bermunculan. Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan hoax mengenai Corona adalah haram.
"Soal hoax dan informasi yang tidak bisa dipertangungjawabkan dan menyebabkan kepanikan, itu juga haram," kata Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Ni'am Sholeh, kepada wartawan, Selasa (16/3/20)
Fatwa berarti ketentuan berisi jawaban tentang hukum syariah. Karena hoax bersifat haram, maka membuat hoax dan menyebarkan hoax juga merupakan aktivitas terlarang.

Hoax membuat resah dan panik masyarakat yang sedang menghadapi pandemi COVID-19. Ni'am mengemukakan imbauan kepada masyarakat agar masyarakat tetap waspada terhadap kabar dan informasi yang berseliwaran mengenai COVID-19, jangan lantas percaya begitu saja.

"Kedua, jadikan informasi otoritatif sebagai pegangan. Ketiga, jangan terpengaruh menyebarkan informasi yang tidak bisa dipertanggung-jawabkan apalagi menyebabkan kepanikan," kata Ni'am.

Sebelumnya, MUI telah merilis Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah Dalam Situasi Terjadi Wabah COVID-19. MUI meminta pemerintah menjadikan fatwa tersebut sebagai pedoman dalam upaya penanggulangan COVID-19.

Soal hoax, belakangan banyak bermunculan hoax terkait situasi pandemi COVID-19. Misalnya, hoax tentang Jokowi positif Corona, Mitra Gojek diduga suspect kabur dari RS Persahabatan, hingga pengunjung panti pijat yang dikarantina gegara Corona.

Hingga Senin (16/3), Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan sudah ada 232 materi hoax terkait virus Corona.

https://m.detik.com/news/berita/d-49...corona-haram/2

2 dedengkot kadrun melakukan hal yg haram emoticon-Ultah

MUI Nyatakan Hoax terkait Virus Corona Haram
unicorn.destroy
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 10 lainnya memberi reputasi
9
3.2K
59
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.