News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
258
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6e223fc9518b53450d72d2/catat-ini-yang-terjadi-bila-lockdown-karena-corona-diterapkan
Kota Wuhan yang diyakini sebagai pusat penyebaran virus Corona jenis baru, Covid-19 langsung mengalami lockdown atau penguncian total, beberapa hari setelah pemerintah China mendeteksi kemunculan virus ini.
Lapor Hansip
15-03-2020 19:40

Catat! Ini yang Terjadi Bila Lockdown karena Corona Diterapkan

Past Hot Thread

Catat! Ini yang Terjadi Bila Lockdown karena Corona Diterapkan

Kota Wuhan yang diyakini sebagai pusat penyebaran virus Corona jenis baru, Covid-19 langsung mengalami lockdown atau penguncian total, beberapa hari setelah pemerintah China mendeteksi kemunculan virus ini. Setelah Wuhan, dua kota lainnya di Provinsi Hubei, Huanggang dan Ezhou juga mengalami nasib serupa. Tak lama kemudian, seluruh Provinsi Hubei dinyatakan tertutup oleh Pemerintah China.

Hampir dua bulan setelahnya, Italia, negara Eropa yang paling parah terjangkiti virus Covid-19, juga menerapkan langkah serupa. Italia bahkan menerapkan lockdown secara nasional dan berpengaruh pada semua sendi kehidupan masyarakat.

Teraktual, Presiden Filipina Rodrigo Duterte menerapkan lockdown di ibukota Manila selama 30 hari. Langkah ini diambil Duterte setelah 52 warga negara itu dinyatakan positif Covid-19 dan 5 oran dilaporkan tewas akibat virus mematikan ini. Berikut dampak dari lockdown yang diterapkan sejumlah negara.

Transportasi


Sejak 23 Januari, semua angkutan umum, termasuk bus, kereta api, penerbangan, dan layanan feri di Provinsi Hubei, China ditangguhkan operasionalnya. Bandara Wuhan, stasiun kereta api Wuhan, dan metro Wuhan semuanya ditutup. Penduduk Wuhan juga tidak diizinkan meninggalkan kota tanpa izin dari pihak berwenang.

Catat! Ini yang Terjadi Bila Lockdown karena Corona Diterapkan

Sedangkan di Manila, pemerintah tetap akan mengoperasikan transportasi massal seperti Light Rail Transit dan Metro Rail Transit. Namun, Departemen Perhubungan Filipina akan memastikan kalau langkah-langkah antisipasi pencegahan diterapkan secara maksimal di angkutan umum.

Perkantoran dan Sekolah


Di kota-kota yang berada di Provinsi Hubei, karyawan dan murid-murid sekolah diliburkan. Mereka diperintahkan tetap berada di rumah dan menghindari berada di tempat keramaian.

Sedangkan pemerintah Italia memerintahkan penutupan sekolah di seluruh negeri demi menghambat laju penyebaran virus Covid-19. Langkah serupa diambil pemerintah Filipina yang menutup semua sekolah di Manila selama 30 hari ke depan.

Pasar dan Pertokoan


Sejak menerapkan lockdown, Italia menutup semua toko. Yang masih diizinkan buka hanya toko makanan dan apotek. Italia juga menutup restoran, bar, dan salon yang banyak tersebar di seantero negeri. Pusat-pusat keramaian yang biasanya ramai oleh pengunjung, mendadak sunyi.

Sementara di Hubei, wilayah yang mengalami lockdown terlama di dunia, warganya mengaku kesulitan mendapatkan bahan-bahan pokok. Jikapun ada, harga yang diterapkan oleh toko melambung tinggi di atas harga semula. Selain itu, pasokan menjadi terhambat karena penerapan lockdown.

Tempat Wisata


Merebaknya wabah virus Corona telah menyebabkan menurun drastisnya arus wisatawan ke tempat-tempat wisata di seluruh penjuru dunia. Di Italia, yang bahkan sudah menerapkan lockdown, sejumlah tempat wisata favorit dilaporkan kosong melompong.


Padahal biasanya, tujuan wisata favorit seperti museum Vatikan, Colosseum, dan kota Venice selalu penuh dengan ribuan turis setiap harinya. Kondisi ini dipastikan menimbulkan kerugian besar bagi sektor pariwisata di Italia. (h/*)

SARS Cov-2

Belakangan bnyk phk mendesak pak Jokowi agar memberlakukan lockdown, ana kagak tahu orng2 ini care beneran atau malah njengkrakne pemerintah ke blunder lain

Ana jg kagak tahu orng2 yg mendorong lockdown ini tahu artinya lockdown dan dampaknya atau tidak

Lockdown itu br disebut lockdown bila semua aktivitas di sbh kota atau provinsi atau negara dibatasi total, aparat bersliweran menjaga jalan2 utk memastikan lockdown berjalan, nyaris semua aktivitas lumpuh dan semua orng dirumahkan

Yg jelas yg kena pertama adl roda ekonomi yg mandeg total yg bisa menuju ke arah krisis, coretlah pariwisata bl perlu kagak apa2 tp industri, pabrik akan berhenti, gojek berhenti, depot rumah makan berhenti, spt CPU yg di shut down

Itu sbbnya China saat covid-19 mulai mereda bth me restart lg semua sektor yg terdampak hngg skrng blm pulih, bisakah Indonesia?

Selain itu Indonesia adl negara kepulauan yg luas bgmn mekanisme shut downnya? bgmn mengirim suplai ke Papua, Kalimantan, dsb bila transportasi publik berhenti?

Apa yg mau di shutdwn di Indonesia? Kota? Provinsi? Atau Negara? Kagak jelas tp pd teriak2 lockdown2, sadar opo ora to jane mrk yg teriak2 itu

Ini dampak lain lockdown, mampukah Indonesia?

1. Orang2 akan di rumah saja, mngkn smbl main gadget, twitter, Kaskus dll tp kagak bisa kemana2 termasuk kerja cr duit slm wkt lockdown, keluar cr makanpun diatur

2. Bila mulai muncul keterbatasan bahan pokok baik gara2 kagak ada produksi maupun distribusi maka akan ada potensi kekacauan bhkn rusuh

3. Orng2 yg sakit kronis akan mengalami kesulitan

4. Semua acara2 mantenan, pemakaman stop, kegiatan keagamaan stop, ibadah online pdhal bnyk penceramah2 online yg krng bertanggung jwb dan srng mlh politisasi

5. Antum tambahkan sendiri

emoticon-Rusia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 57 lainnya memberi reputasi
52
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 9 dari 11
Catat! Ini yang Terjadi Bila Lockdown karena Corona Diterapkan
16-03-2020 12:51
Quote:Original Posted By Salviharp
Gara gara ane counter Kadrun yang pengen lock down, akun prime ane malah di banned... Kadrun sama momod emang tolol...


Mampus lu semua kadrun ma cebong aja di bann, parah forum dah gk sehat semua d bawa politik, padahal udh di kasi panggung politik dan panggung berita biasa
profile-picture
jeffm12 memberi reputasi
1 0
1
Catat! Ini yang Terjadi Bila Lockdown karena Corona Diterapkan
16-03-2020 13:08
Bagi orang yang dapet penghasilan bulanan dan udah stock logistik kemarin weekend sih pasti ingin-nya di kontaminasi kotanya. Lihat diberita2 yang rame pada nyetok itu ada di modern retail, Pasar tradisional sepertinya aman2 saja. Kasian yang dia penghasilannya harian boro2 buat nyetok logistik buat hidup sehari hari aja susah..Belum kontaminasi aja peredaran tabung ijo untuk si miskin udah susah hehe Semoga pemerintah memiliki solusi yang tepat untuk menghadapi kasus ini
profile-picture
n.y.a memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Catat! Ini yang Terjadi Bila Lockdown karena Corona Diterapkan
16-03-2020 13:12
wah nice info
mampir jg d mari gan
mencengangkan ! 10 benda tertua di dunia yang telah di temukan
https://kask.us/iFcqn
#ForumKaskus via @KASKUS
0 0
0
Catat! Ini yang Terjadi Bila Lockdown karena Corona Diterapkan
16-03-2020 13:22
ane kaum rebahan di rmah
0 0
0
Catat! Ini yang Terjadi Bila Lockdown karena Corona Diterapkan
16-03-2020 13:24
rakyat miskin hanya bisa menonton
0 0
0
Catat! Ini yang Terjadi Bila Lockdown karena Corona Diterapkan
16-03-2020 13:42
Lokdown sendiri lebih banyak ruginya! Lagian corona tingkat kematianya ga sampe 20%
0 0
0
Catat! Ini yang Terjadi Bila Lockdown karena Corona Diterapkan
16-03-2020 13:52
menurut ane, orang2 kita lebih pilih urusan perut drpd urusan corona.
0 0
0
Catat! Ini yang Terjadi Bila Lockdown karena Corona Diterapkan
16-03-2020 14:00
semoga gak di lockdown emoticon-Mewek
0 0
0
Catat! Ini yang Terjadi Bila Lockdown karena Corona Diterapkan
16-03-2020 14:11
org yg dgn gampang berkoar koar utk meminta pemerintah melakukan lockdown mungkin merupakan org² yg ingin melakukan manuver ke pemerintah, mencari pembenaran utk kembali menyalahkan pemerintah..
profile-picture
n.y.a memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh KS06
Catat! Ini yang Terjadi Bila Lockdown karena Corona Diterapkan
16-03-2020 14:20
nyatanya hari ini anak sekolah libur, knp puncak macet,, ??? emoticon-Cape d...
0 0
0
Catat! Ini yang Terjadi Bila Lockdown karena Corona Diterapkan
16-03-2020 14:33
Boleh aja lockdown, asal kebutuhan pokok sehari2 bisa dipenuhi oleh pemerintah ya. emoticon-Embarrassment
0 0
0
Catat! Ini yang Terjadi Bila Lockdown karena Corona Diterapkan
16-03-2020 14:37
gan plis jangan share dampak lockdown nya saja.. plis share juga dampak jika tidak di lockdown..
tenaga medis di Indonesia tidak akan memadai untuk menanggulangi puluhan ribu pasien corona..
yg sakit bukan hanya terkena virus corona, pikirkan juga org yg sakit lainnya, apa tdk perlu dilayani?
pikirkan tenaga medis dan berapa banyak jiwa yg meninggal nantinya jika penyakit ini tidak diatasi dengan baik
0 0
0
Catat! Ini yang Terjadi Bila Lockdown karena Corona Diterapkan
16-03-2020 14:48
belum lockdown aja dolar dah tembus 15 ribu sekarang, apalagi kalo lockdown...suram emoticon-Sorry
0 0
0
Catat! Ini yang Terjadi Bila Lockdown karena Corona Diterapkan
16-03-2020 15:42
tadi ada pidato kalo opsi lockdown ada di ranah pemerintah pusat ganemoticon-Hansip pemda harus komunikasi dulu sama pempu kalo mau ambil opsi opsi besaremoticon-Traveller
0 0
0
Catat! Ini yang Terjadi Bila Lockdown karena Corona Diterapkan
16-03-2020 16:03
Quote:Original Posted By BamzDelonge
Salah satu pencegahan yang wajib adalah menghentikan WNA Cinak yang masih leluasa masuk emoticon-Leh Uga


Betul WNA yg berasal dr negara terjangkit ya jgn dikasi izin masuk dlu ke Indonesia biar gak ketularan, mana tau WNA tsb ngebawa virus.
0 0
0
Catat! Ini yang Terjadi Bila Lockdown karena Corona Diterapkan
16-03-2020 16:38
Quote:Original Posted By vinadh
klo di lockdown apakah ada jaminan virusnya akan hilang juga?
kesadaran orang indonesia itu ndableg saat di lockdown itu bener2 ga boleh keluar loh, dan aparat ya ada dimana mana tau sendiri di indonesia banyak ormas yg anuu bukannya nurut malah nanti teriak2 kebebasan kita terenggut..


Kalo menurut ane, tanpa media manusia virus itu penyebarannya gak akan masif. Makanya lockdown solusi yg paling baik sejauh ini di mata ane.

Susah sih ya ngadepin orang2 gitu. Buat kebaikan tapi malah mikir dari sisi jeleknya.
0 0
0
Catat! Ini yang Terjadi Bila Lockdown karena Corona Diterapkan
16-03-2020 17:50
sory agan agan dimari,.ane lagi buat jurnal pribadi perihal virus2 yg jdi pandemi dunia,diantara nya flu burung,mers sma covid19,.ada hal yg mau ane tanyain dimari,.

1.wkt jaman nya flu burung sama mers,kita ni sepanik ini ga sih ? sampe2 ada wacana buat lockdown negara ?

2.maaf klo ane salah,se inget ane mers itu muncul nya pas nge deketin musim haji,dimana jutaan org didunia kumpul semua di mekkah (info nya mers ini muncul di middle east),gitu juga sma covid19,yg mulai rame sebelum imlek,yaa kita tau lah lah org2 cina kan pada balik kampung tuh (indikasi kemunculan covid19 dri sini)apa mungkin hanya kebetulan aja,atau ada sesuatu yg "menarik" buat di cari tau ?

3.diantara negara2 laen yg udh kena covid19,kenapa italy yg paling banyak suspect covid19 ? diliat dri jarak dengan cina kan jauh,beda benua,beda laut,knp ga korsel,korut,jepang,vietnam yg secara jarak lebih deket ?
ane pernah baca berita (lupa link nya) yg nyampein sblm covid19 rame kek skrng,kementrian kesehatan italy mengkonfirmasi bahwa,banyak rakyat nya yg tiba2 sakit flu (yg gejala nya mirip ke kena covid19) namun karna inkubasi virus ni 14,mereka kira hanya terkena flu biasa,.

sementara itu dlu agan2,.semoga ada agan2 yg baik hati ngasih jawaban nya,buat nambah2 coretan ane..
mksh gan.
profile-picture
Judess memberi reputasi
1 0
1
Catat! Ini yang Terjadi Bila Lockdown karena Corona Diterapkan
16-03-2020 18:01
tenkyu infonya gan emoticon-Toast Catat! Ini yang Terjadi Bila Lockdown karena Corona Diterapkan
profile-picture
Judess memberi reputasi
1 0
1
Catat! Ini yang Terjadi Bila Lockdown karena Corona Diterapkan
16-03-2020 18:03
siapkan linggisnya kawan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Judess dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Halaman 9 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Teror Virus Corona!
teror-virus-corona
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia