Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

Ā© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Richy211Avatar border
TS
Richy211
Apa Itu Social Distancing dalam Upaya Pencegahan Virus Corona?


Sumber: sini

Selamat Siang Agan dan Sista. Hari ini cukup terik sekali di luar rumah dan ane bersyukur karena masih bisa keluar rumah dengan nyaman tanpa pakai masker. Pasalnya di beberapa daerah di Indonesia konon sudah melaporkan adanya kasus Covid-19. Harapan TS tetap menjaga kesehatan agar tubuh tetap fit dan daya tahan tubuh tetap terpelihara.


Bapak Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta kini tengah santer menggalakan praktik social distancing measures yakni menjaga jarak sosial khususnya bagi masyarakat Ibu Kota DKI Jakarta dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona secara non-farmasi (bukan melalui obat-obatan).


Quote:


Lalu apakah yang dimaksud dengan upaya social distancingini?


Menurut sumber, hal ini bertujuan untuk mencegah orang yang sedang sakit untuk menjaga kontak atau jaga jarak dengan orang yang tidak sakit ( sehat) dalam upaya untuk mengurangi peluang penyebaran virus Corona. Sebab, tindakan social distancingdiketahui bisa meminimalisir risiko penyebaran COVID-19 dan virus ini bukankah penularannya dari human ke human via partikel air liur (droplet) saat seseorang yang terkena virus (suspect) atau penderita melakukan bersin atau batuk baik di tempat umum ataupun di mana saja. Makanya kita Gansist kalau di tempat umum wajib menggunakan masker untuk pencegahan dan tentunya masker yang sesuai standar kesehatan bukan masker abal-abal šŸ˜.

Quote:




Sumber: sini

Bagaimana cara menerapkan social distancingini?


Social distancingatau jaga jarak ini bisa dilakukan oleh masing-masing individu atau dikoordinasikan oleh pihak pemerintah setempat. Kalau untuk individu atau pribadi Gansist kita berupaya untuk semantara waktu tidak pergi ke tempat-tempat ramai atau tempat umum yang banyak orangnya misalnya pusat perbelanjaan, tempat wisata, sebuah event besar dan lain-lain.


Dalam praktek social distancing, kita harus menjaga jarak minimal dua meter dengan orang lain dan sebaiknya tidak melakukan kontak langsung semisal jabat tangan atau berpelukan. Wah, yang ane bayangkan gimana rasanya kalau kita ketemu sahabat nih jadi nggak boleh jabat tangan donk šŸ˜. Bisa diganti dengan salam siku atau salam yang lainnya menurut ane seperti saling menunduk atau membungkuk kaya khasnya orang Jepang itu loh.


Quote:


Apakah tindakan social distancing ini efektif?


Menurut ahli, praktik ini konon berhasil diterapkan untuk pandemi influenza Spanyol pada tahun 1918.


Quote:


Meskipun untuk mengatasi virus Corona belum ada penelitian lebih lanjut terkait bentuk social distancingini, tetapi mengacu pada pengalaman pandemi influenza di Spanyol sendiri praktik ini juga diharapkan bisa menekan penularan virus Corona juga.

WHO sendiri sebagai Organisasi Kesehatan Dunia diketahui juga telah memberikan pernyataan dan mengkategorikan virus Corona sebagai pandemi yang artinya penyebaran penyakit baru ke seluruh dunia.




Sumber: sini

Quote:


Dari pembahasan di atas menurut TS tidak masalah kalau langkah ini diterapakan di seluruh daerah di Indonesia dalam upaya pencegahan penularan virus Corona. Harapan TS semoga wabah ini bisa segera dicegah penyebarannya dan ditemukan obat untuk menangani pasien yang sudah positif terjangkit virus Corona. Kemudian kita juga harus selalu menjaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan dengan benar, makan-makanan yang sehat dan bergizi untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta jangan lupa berdoa kepada Alloh SWT agar terhindar dari segala macam penyakit dan musibah Aamiin.



Sumber: opini plus referensi
Diubah oleh Richy211 31-10-2020 11:35
infinitesoul
GutSchreiben
MAQ375
MAQ375 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
9.2K
109
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThreadā€¢83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
Ā© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.