TheNinetiesKidAvatar border
TS
TheNinetiesKid
Awal mula terciptanya bikini
Sekarang, di tahun 2020, bikini sudah bukan pakaian yang jarang terlihat. Di pantai manapun, tidak akan susah untuk kita menemukan wanita-wanita yang mengenakan bikini. Namun, pakaian ini ternyata sudah ada sejak ribuan tahun lamanya. Inilah asal-muasal dari bikini.


Mosaik Coronation of the Winner di Villa Romana del Casale.

Di mosaik Coronation of the Winner yang terletak di lantai sebuah villa Romawi kuno di Sisilia yang berasal dari zaman Diokletianus (286-305 M), beberapa wanita yang sedang berolahraga digambarkan mengenakan pakaian berbentuk seperti bikini. Mosaik yang ditemukan di Villa Romana del Casale ini memiliki gambar 10 wanita yang dinamakan "Gadis-gadis Bikini". Di Pompeii, gambar Venus yang mengenakan bikini ditemukan di Casa della Venere dan di taman Via Dell'Abbondanza.


Micheline Bernardini dan kotak penyimpanan bikini.


Ratusan tahun setelahnya, bikini kembali, namun dengan rancangan yang berbeda dan tentunya lebih modern. Pada bulan Mei 1946, perancang mode asal Prancis, Jacques Heim, merilis pakaian renang yang ia namai 'Atome.' Seperti kebanyakan pakaian renang dari zaman tersebut, Atome menutupi bagian pusar pemakainya. Atome tidak sukses di pasaran. Lalu, perancang mode lain yang bernama Louis Reard memperkenalkan rancangan barunya di bulan Juli. Rancangannya tersebut ia namakan 'Bikini' yang diambil dari Bikini Atoll, tempat dimana pengetesan bom nuklir diselenggarakan empat hari sebelumnya. Bikini miliknya memiliki rancangan yang cukup berani dan terbuka, memperlihatkan pusar dan sebagian dari bokong pemakainya. Tidak ada model runway yang bersedia memakainya, sehingga Louis pun menyewa seorang penari telanjang dari Casino de Paris yang bernama Micheline Bernardini untuk memperlihatkan rancangannya di acara pertunjukan pakaian renang. Micheline mengenakan rancangan Louis untuk pertama kalinya di kolam renang Piscine Molitor di Paris. Foto-foto dari acara tersebut beserta artikel pembahasannya tersebarluaskan di koran-koran Prancis. Micheline difoto membawa kotak kecil yang fungsinya adalah untuk menyimpan bikini tersebut ketika sedang tidak dipakai.

Karena rancangannya yang terbuka dan kontroversial, perlu waktu yang cukup lama untuk bikini agar diterima oleh masyarakat. Bahkan, beberapa negara sampai melarang pemakaian bikini. Bikini mulai terkenal ketika dipakai oleh bintang-bintang film ternama seperti Brigitte Bardot, Raquel Welch, dan Ursula Andress. 


Brigitte Bardot di film Manina, the Girl in the Bikini.

Di Eropa pada tahun 1953, bintang film Prancis Brigitte Bardot yang saat itu berusia 17 tahun mengenakan bikini dalam film yang berjudul "Manina, la fille sans voiles". Bikini yang ia kenakan itu malah lebih terkenal daripada filmnya sendiri. Saat film tersebut akhirnya dirilis di Amerika Serika pada tahun 1958, judulnya sampai diubah menjadi "Manina, the Girl in the Bikini". Di film pertama dari seri James Bond, Dr. No (1962), Ursula Andress yang berperan sebagai Honey Rider mengenakan sepasang bikini berwarna putih. Ursula pernah menyatakan bahwa karirnya sukses karena bikini tersebut.


Ursula Andress di film Dr. No.

Louis Réard meninggal dunia di tahun 1984, dan empat tahun setelahnya, rumah modenya pun gulung tikar. Pada akhir abad ke-20, bikini telah menjadi pakaian renang yang paling banyak dipakai di seluruh dunia.

Sumber: Wikipedia

Diubah oleh TheNinetiesKid 10-03-2020 19:52
cor7
risemeupbitch
dellesology
dellesology dan 12 lainnya memberi reputasi
13
14.9K
140
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.