Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fiapermAvatar border
TS
fiaperm
Gawat! Virus Korona Sampai Juga di Indonesia, Take Care Gan


Gawat! Virus Korona Sampai Juga di Indonesia, Take Care Gan



Assalamualaikum GanSist!


Akhir-akhir ini, kita dikejutkan oleh penemuan virus terbaru di dunia. Virus tersebut dinamai virus corona COVID-19. Diketahui virus ini berasal dari hewan yang telah bermutasi sampai bisa menyerang tubuh manusia. Virus ini tidak bisa diremehkan begitu saja. Karena ternyata virus ini tergolong virus yang cukup berbahaya. Sudah terbukti hingga saat ini, data penderita virus ini kian hari kian bertambah. Penyebaran Virus Corona saat ini telah meluas sampai ke 60 negara lebih di dunia. Hingga hari ini pada pukul 09.00 WIB, telah tercatat jumlah penderita virus corona COVID-19 menyentuh angka yang fantastis yakni 88.382 kasus. Padahal di hari sebelumnya masih di angka 86.000an. Sedangkan, untuk korban yang meninggal dunia karena virus ini berjumlah 2.996 dari seluruh dunia sejak pagi tadi. Simak beberapa berita terbaru tentang virus yang sangat berbahaya di bawah ini.

1. Beberapa negara tetangga Indonesia sudah positif terserang virus Corona



Sampai tanggal 2 Maret 2020, dilansir dari data Center for Systems Science and Engineering (CSSE) John Hopkins University, Amerika Serikat menyatakan bahwa beberapa negara Asia Tenggara sudah terserang virus Corona yang mematikan. Negara tersebut di antaranya ialah, Malaysia, Singapura, Vietnam, Kamboja, dan Filipina. Sedangkan, untuk negara tetangga di bagian selatan Indonesia pun sudah ada Selandia Baru dan Australia yang menyatakan penduduknya terserang virus Corona. Sampai pagi tadi, tercatat kasus penderita Corona 29 orang di Australia dan 1 orang di Selandia Baru.

2. Kasus baru penderita virus Corona di Malaysia juga menyerang kalangan medis



Di Negara Malaysia dilaporkan ada kasus baru penderita virus corona. Hal ini menyebabkan jumlah kasus keseluruhan korban positif corona menjadi 29 orang di Negaranya. Dikutip dari berita South China Morning Post, Minggu (1/3). Sedangkan Kemenkes Malaysia sendiri menyatakan jika ada dari penderita yang mempunyai histori travel ke Italia, Milan, dan Tiongkok.

Ternyata, bukan hanya kalangan non kesehatan yang terserang virus ini, dari kalangan medis pun ada yang positif mengidap virus Corona. Anggota medis tersebut tercatat menjadi petugas kesehatan pertama yang terserang virus corona di Malaysia. Penderita yang berstatus sebagai perawat di Malaysia ini, diketahui baru berumur 20 tahun. Ia pernah melakukan kontak fisik sebelumnya dengan pasien tanpa memakai masker sebagai pelindung.

Lembaga donor Khazanah Nasional pun ikut memberikan respon bahwa seorang pekerja mereka memang positif mengidap virus berbahaya dari Wuhan, Tiongkok ini. Walaupun begitu, dari sekian kasus baru yang bermunculan, ada 22 orang pasien Malaysia yang tercatat sudah berhasil sembuh. Para pasien yang sudah sembuh ini pun sudah diizinkan pulang ke rumahnya masing-masing.

3. Singapura pun melaporkan kasus baru penderita Corona



Selain Malaysia yang melaporkan kasus penderita baru virus Corona, Singapura juga melaporkan kasus baru yang sama dengan total 4 kasus. Di antara 4 orang ini, ternyata 3 dari mereka merupakan bagian dari klaster baru yang berhubungan dengan Wizlearn Technologies. Data dari 4 kasus baru tersebut, berdasarkan dari pernyataan Kemenkes Singapura berikut, 2 warga Singapura berumur 49 dan 37 tahun, 1 wanita Myanmar berumur 25 tahun, dan juga 1 pria warga Negara Jepang berumur 54 tahun. Namun, Kemenkes juga menambahkan bahwa sudah ada 2 pasien yang sembuh dan sudah diizinkan pulang ke rumah. Jadi, total ada 74 orang yang sudah dinyatakan positif sembuh dari virus mematikan ini di Singapura.

4. Peringkat penderita virus corona terbanyak di beberapa negara



Hingga pagi tadi, dilaporkan negara dengan kasus penderita virus Corona terbanyak berada di Cina pada angka 79.826 dengan total korban meninggal sebanyak 2.912, lalu 3.736 kasus dengan 20 korban meninggal dunia di Negara Korea Selatan, kemudian 1.694 kasus dengan 34 korban meninggal dunia di Negara Italia dan 978 kasus dengan 54 korban meninggal dunia di Negara Iran.
Menurut konfirmasi terbaru dari NHC pagi tadi, ada kurang lebih 80.026 total kasus penderita virus corona di Cina. Dengan data pasien berjumlah 44.462 sudah dinyatakan berhasil pulih dan diizinkan pulang ke rumah.


5. Awalnya ada 2 orang positif Corona, tapi kini bertambah jadi 69 orang di Indonesia



Setelah sekian lama, virus corona ternyata bisa sampai di Indonesia. Begini kronologisnya, menurut informasi yang ada, virus corona ini dikarenakan ada 1 warga Jepang yang masuk ke Indonesia lewat negara tetangga, Malaysia. Ternyata, Warga Negeri Jepang ini sudah mengidap virus corona. Mungkin masih tak sadar, orang ini lalu meminum obat penurun demam sehingga ia lolos dari alat pendeteksi virus corona dengan thermo scanner saat turun di Bandara Soekarno-Hatta. Rupanya, ia ingin berjumpa dengan keluarganya yang tinggal di Depok yakni seorang perempuan berusia 64 tahun dan juga anaknya berusia 31 tahun. Akhirnya untuk menangani hal ini, sekarang ketiga orang tersebut sedang diisolasi di RS khusus Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara.


Spoiler for Perbedaan gejala virus Corona :


Spoiler for Cara cuci tangan yang benar untuk cegah penularan Virus Corona:


Nah, itulah ulasan tentang beberapa berita terbaru tentang virus Corona COVID-19 sampai keberadaannya yang sudah ada di Indonesia. Semoga tidak ada lagi korban yang terserang virus ini. Lakukan pencegahan dengan menjaga kebersihan dan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit.

Nama Penulis: Fia Permatasari
Sumber Referensi: Ref 1 | Ref 2| Ref 3
Diubah oleh fiaperm 19-03-2020 09:37
milktoasthoney
sebelahblog
swiitdebby
swiitdebby dan 27 lainnya memberi reputasi
28
2.5K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.