• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Berawal dari Desakan Membayar Hutang, Walter Hunt Menemukan Peniti

iissuwandiAvatar border
TS
iissuwandi
Berawal dari Desakan Membayar Hutang, Walter Hunt Menemukan Peniti

Assalamualaikum

Halo Agan dan Sista, semoga selalu bahagia dalam menjalani hari. Tidak semua penemuan yang kita kenal sekarang ditemukan melalui serangkaian uji coba, berbagai macam penelitian, dan serangkaian test yang bikin kepala ngebul.

Namun, ada loh, seorang penemu yang karyanya amat sangat dikenal hingga hari ini, karena ketidaksengajaannya ia berhasil menciptakan suatu karya, PENITI. Peniti tanpa sengaja ia ciptakan sewaktu ia gabut banget, bingung mau ngapain. Meskipun kecil bentuknya, tapi benda ini amat sangat berguna bagi yang sedang membutuhkan. Misalnya tiba-tiba resleting rusak😅.


Walter Hunt adalah seorang mekanik asal Amerika. Ia dilahirkan pada tanggal 29 Juli 1796 di Martinsburg, New York, Amerika Serikat. Pada saat remaja ia tidak melanjutkan sekolah formalnya untuk bertani.

Kreatifitas dan rasa ingin tahunya yang besar membuat ia selalu mengotak-atik barang atau mesin. Potensinya dilirik, Hunt pun dipekerjakan di pabrik tekstil terdekat. Ia pun resmi menjadi teknisi, tugasnya memperbaiki mesin dan pemintal benang yang ada di pabrik tersebut.

Tidak lama setelah ia bekerja, Walter Hunt pun berhasil membuat alat pemintal benang sendiri. Mulailah ia mencari investor untuk membiayai penemuannya. Ternyata, harapan tak sesuai realita, proyeknya tak berjalan mulus.

Ia pun terlilit hutang. Saat ia sedang bingung memikirkan bagaimana cara membayar hutangnya, ia pun mengambil kawat kecil dan mulai melilitnya. Peniti buatan pertamanya ada gulungan dibagian ujungnya yang berfungsi sebagai pegas, sedang ujung lainnya berbentuk lancip.


Pada tanggal 10 April 1849, Walter Hunt mendapatkan hak patennya untuk peniti. Setelah mendapatkan hak paten, ia lalu menjualnya kepada seseorang yang memberinya hutang sebesar 400 dolar AS. Hutangnya pun lunas akibat penemuan tidak sengajanya.

Selain penemu peniti, Walter Hunt juga berhasil membuat dan mengembangkan mesin jahit pertama di Amerika Serikat. Hasil pengembangan lainnya adalah rautan pisau, bel trem, klakson mobil, kerah kemeja kertas, dan pulpen.

Setelah mendapatkan hak paten, Walter Hunt selalu menjualnya kepada orang lain. Ia hanya ingin mendapatkan uang secara instant agar bisa menghidupi keluarganya. Oleh sebab itulah, meskipun penemu yang produktif, Walter Hunt tidak kaya raya.

Beberapa tahun setelahnya, peniti mulai diproduksi secara massal dengan alat canggih dan kualitas yang lebih baik. Pada tahun 1914, pabrik-pabrik di Amerika sendiri memproduksi 1,33 miliar peniti setiap tahunnya. Kemudian didistribusikan ke berbagai negara.

Sekarang, peniti sudah kita jumpai dalam berbagai bentuk. Beragam hiasan ditempelkan agar lebih menarik.

Ane pamit undur diri, sampai jumpa di thread ane selanjutnya. Maafkan jika ada salah kata. Terima kasih, salam hangat, dan selamat beraktifitas.


Sumber gambar : Google
Referensi : 1, 2, 3

Diubah oleh iissuwandi 14-03-2020 02:53
sebelahblog
4iinch
infinitesoul
infinitesoul dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.8K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread•82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.