caesarpratamaAvatar border
TS
caesarpratama
Agan Percaya Tuhan Itu Ada? Coba Buktikan!
Spoiler for Who is God?:


Halo agan sekalian, selamat datang di thread saya dan selamat membaca ...

Menurut agan gimana, Tuhan beneran ada? Agan percaya bahwa Tuhan itu ada? Bukankah bumi ini sudah lama ada, sudah banyak manusia yang hidup di dalamnya, dan tak satupun manusia yang pernah melihat Tuhan, lebih-lebih mendokumentasikannya dalam gambar atau video yang jelas. Ada yang percaya bahwa Tuhan Maha Pengasih dan Maha Penyayang, tapi faktanya banyak bener orang yang hidupnya susah, melarat, bahkan teraniaya. Saya rasa sebagian dari agan, mungkin ada yang menganggap bahwa dunia ini kejam.

Spoiler for Busung Lapar:


Terlepas dari itu semua, saya akan bilang bahwa saya percaya tentang adanya Tuhan. Bahkan saya sebenarnya berharap bahwa Tuhan itu tidak ada, tapi mau apa dikata, ada beberapa hal yang membuat saya terpaksa percaya bahwa Tuhan benar-benar ada.

1. Makhluk Hidup

Spoiler for Makhluk Hidup:


Kita tidak perlu keluar ruangan untuk melakukan pengamatan terhadap makhluk hidup, untuk membuktikan keberadaan Tuhan, yang cukup kita lihat adalah jari tangan kita, yang menggesek, menyentuh layar hape kita. Tanpa kita sadari bahwa sebenarnya ada mekanisme yang luar biasa rumitnya, sewaktu kita menggeser atau menyentuh layar hape kita. Pernah tidak agan terpikir, kenapa tidak jari kita yang memanjang, dan harus dipotong tiap minggunya, kenapa harus kuku kita saja? Kenapa tidak leher kita yang memanjang tiap minggunya, kenapa harus rambut kita saja? Siapa yang menentukan ini semua? Bahkan atas sesuatu yang kita anggap cacat, misal saja seseorang yang terlahir kerdil. Saya yakin banyak yang mengatakan bahwa itu tidak sempurna, atau cacat, atau disabilitas dan istilah yang sebanding dengan itu. Tapi pernah tidak agan berpikir, jika seandainya agan dapat perintah menggambar sesuka hati, kemudian agan menggambar seekor burung dengan kaki gajah yang besar, apakah gambar agan itu cacat? Tentu tidak! Karena gambar agan adalah ciptaan agan seperti apa yang agan mau. Begitupun makhluk yang kita anggap cacat di dunia ini, seperti yang tadi saya umpamakan adalah orang kerdil, siapa bilang mereka cacat? Apa hak kita sebagai manusia mengatakan yang demikian? Jika saja Tuhan menciptakan semua manusia adalah manusia kerdil, maka kita tidak akan pernah menganggap bahwa ada manusia yang kerdil. Jika tidak ada kejahatan, maka kebaikan tidak akan pernah nampak, jika tidak ada gelap, maka terang pun tidak akan pernah kita rasakan, begitupun sebaliknya.

2. Alam Semesta

Spoiler for Universe:


Tiap saya melihat video zoom in atau zoom out universe di youtube, saya merasa benar-benar kagum, dan saya jadi sadar bahwa alam semesta benar-benar luas, dan kita manusia benar-benar lemah dan tidak tahu apa-apa. Kita benar-benar kecil, jika kita berharap kita bisa melihat Tuhan, yang menciptakan seluruh alam semesta, rasanya sangat tidak masuk akal. Maka dari itu, saya mengerti alasan kenapa tidak ada satu manusia pun yang dapat melihat Tuhan, karena kita benar-benar kecil, dan alam semesta itu sangat luas, lalu bagaimana dengan penciptanya? Tapi sekali lagi, tidak perlu melakukan pengamatan yang terlalu jauh tentang alam semesta, cukup dengan melihat hape kita saja, seharusnya kita sadar bahwa Tuhan itu ada. Apa materi pembentuk hape kita? Bagaimana materi itu bisa ada? Bisa menampilkan warna-warni nan indah, bisa membangkitkan gairah, emosi, bisa mengingatkan kenangan yang telah berlalu, baik itu indah dan buruk. Manusia hanya merubah bentuk materi tersebut, menyusunnya hingga dapat menjadi sebuah hal yang berguna bagi manusia, tapi manusia tidak menciptakannya, bukankah penambang batu bara, hanya menambang batu bara dan tidak pernah bisa menciptakan batu bara, bukankah penambang pasir, hanya mengeruk pasir yang ada di bumi di alam kita, dan tidak pernah menciptakannya. Dan setiap dari apa yang kita nikmati, membuat saya menjadi sangat yakin, bahwa itu semua memiliki pencipta, dan tentu bukan manusia.

3. Waktu

Spoiler for Waktu:


Jam? Bukan agan, bukan jam, jam hanya alat, tapi waktu adalah sesuatu yang memberikan wadah kepada kita, untuk bisa beraktifitas seperti sekarang, apapun itu. So, bagaimana menciptakannya, ini benar-benar membuat saya menjadi sangat yakin bahwa Tuhan itu ada.

Oke gan, itu tadi adalah beberapa poin yang membuat saya yakin bahwa Tuhan itu ada. Lalu bagaimana dengan agan, tulis di kolom komentar gan, supaya kita bisa mendiskusikannya bersama! Dan mohon maaf sebelumnya apabila ada kata yang menyinggung agan sekalian.

Diubah oleh caesarpratama 13-03-2020 06:30
sebelahblog
4iinch
infinitesoul
infinitesoul dan 14 lainnya memberi reputasi
15
5.9K
126
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.