Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nathadccAvatar border
TS
nathadcc
Buat yang insomnia, yuk merapat. Ada informasi menarik nih!
Kalau insomnia itu biasanya karena apa sih, gan and sist?
Karena mikirin dia yang di sana kah? emoticon-Ngakak (S)

Kalau insomnia ini pasti mengganggu banget yah. Apalagi kalau besok harus bangun pagi buat sekolah atau kerja. Duhhhh..

Dikutip dari artikel GoodLife.id ,ternyata musik bisa membuat tidur lebih lelap dan membantu menyelesaikan permasalahan insomnia ini.

Ada sebuah studi menunjukkan, musik membantu kita tidur lebih mudah dan lebih nyenyak. Sebanyak 62% responden survei yang dilakukan University of Sheffield itu mengaku mendengarkan musik agar bisa tidur. Mereka menyebut nama-nama jenis musik dan penyanyi atau band favorit yang bisa mengantarkan mereka ke alam mimpi.

Bagaimana bisa musik membuat kita tidur lebih mudah dan lebih nyenyak?
“Ketika kita tidur, satu-satunya indera yang kita butuhkan adalah telinga,” kata Dr. Carol Ash, dokter spesialis tidur dari Robert Wood Barnabas Johnson Health, New Jersey.

Musik juga membantu memprogram ulang otak. Misalnya pada penderita insomnia yang seringkali memiliki asosiasi bawah sadar bahwa kamar tidur berarti stres, kamar tidur adalah tempat dimana mereka tak bisa rileks. Ini membuat mereka seringkali menjadi lapar dan makan lagi, yang malah makin membuat mereka sulit tidur.

Dengan program ulang otak, kita bisa memberi sinyal pada otak bahwa lingkungan yang dulu membuat stres sebetulnya aman dan nyaman. Ini yang menyebabkan kenapa musik membantu kita tidur lebih cepat dan lebih nyenyak. Ya karena kita merasa aman dan nyaman.

Tapi tentu tak semua genre musik memiliki efek yang sama. Yang paling penting, lagu atau musik itu harus kita kenal. Musik yang paling bisa membuat kita rileks adalah yang memiliki 60 ketukan per menit. Biasanya ini ada pada lagu slow, rendah, dan yang membuat rileks.

Bunyi juga sangat erat kaitannya dengan memori atau kenangan. Jadi, pilihlah musik yang sudah familier dan memiliki kenangan indah, sehingga bisa mengingatkan kita pada masa-masa bahagia. Tapi, jangan dengerin lagu dari mantan ya. Nanti agan and sista malah gabisa move on.. Upsss! Hahaha emoticon-Wakaka
sebelahblog
4iinch
infinitesoul
infinitesoul dan 3 lainnya memberi reputasi
4
798
14
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.