Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

husnamutiaAvatar border
TS
husnamutia
Misteri Remaja Bunuh Bocah, Mungkinkah Ia Psikopat?
Berita Viral



Pada tanggal 3 Maret 2020 NF melaporkan dirinya sendiri kepada Polsek Metro Taman Sari, Jakata Barat. Ia mengaku telah membunuh APA (6 th) yang merupakan tetangganya sendiri.

Alih-alih menyesal, NF justru merasa puas dengan perbuatannya. Bukan hanya itu saja, gadis itu bersikap tenang seakan tidak terjadi apa-apa. Setiap menjawab semua pertanyaan. Ia juga mengaku melakukan pembunuhan itu karena terinspirasi dari sebuah film horor yang ditontonnya.

Chucky dan The Slender Man merupakan idola remaja tersebut. Selain kedua tokoh itu, NF juga menggambar wanita terikat. Juga tulisan-tulisan berbahasa Inggris yang bermakna kesedihan.
'Mau siksa baby? Dengan senang hati atau enggak tega' salah satu kalimat dalam tulisannya.



Siapa itu Chucky? Chucky adalah karakter fiksi dari sebuah film horor yang menceritakan arwah seorang penjahat yang bersemayam pada sebuah boneka milik orang baik. Chucky berusaha untuk memindahkan jiwanya pada manusia. Ia malakukan serangkaian pembunuhan sadis dan kejam terhadap manusia yang dijumpainya.



Bukan hanya Chucky, remaja ini juga sangat menggemari film The Slender Man. Tokoh dalam meme internet, tokoh ini tidak terikat dengan satu film. Pertama kali muncul dalam forum something Awful, digambarkan sebagai Pria bertubuh, tinggi tanpa wajah yang memiliki tentakel. Gemar menculik dan membunuh anak-anak. Kata-kata yang terkenal dari tokoh ini adalah "Kami tidak ingin pergi, kami tidak ingin membunuh mereka, tapi keheningan dan lengan yang terjulur membuat kami ngeri dan terhibur di saat yang bersamaan." Dalem banget kata-kata ya gan, Sisit.

Menurut cerita beredar di internet, ada sebagian anak-anak terobsesi untuk menjadi wakil Slender man yang mempunyai istana besar di tengah hutan berkabut. Membunuh teman adalah salah satu syarat menjadi wakil Slender man. Apa mungkin, remaja ini juga terobsesi menjadi wakil slender man? Kita tunggu saja hasil penyelidikannya nanti?

NF tampaknya merasa mempunyai kedekatan emosional dengan tokoh slender man, jika melihat dari seketsa-seketsanya. Ia tergolong pendiam tetapi ia gemar menyiksa binatang. NF juga mengakui kerap mempunyai hasrat ingin membunuh tetapi masih bisa menahannya.



Komisioner KPAI, Ai Maryati menilai bahwa ada motif lain selain terinspirasi dari film tersebut.

"Pasti ada motif lain, mungkin ada kelemahan korban atau ada human interest, atau kekecewaan lain yang dilampiaskan ke anak ini, atau relasi yang powerful," kata Ai kepada Kompas.com, Sabtu (7/3/2020).

Selama ini NF tinggal bersama ayah dan ibu tirinya. Kondisi rumah juga jauh dari kata layak. Total ada 13 lembar kertas yang digambar pelaku. Salah satunya ada sebuah pesan berbahasa Inggris untuk sang ayah. "Tomorrow I will try to laugh see my dad is death gone forever," yang artinya "besok aku akan mencoba tertawa melihat Ayahku meninggal selamanya."



Melihat seketsa-seketsanya, mungkinkah remaja ini seorang psikopat?



Kita pahami dulu apa itu psikopat? Menetapkan seseorang psikopat atau bukan tidak mudah dan tidak boleh sembarangan. Sebab, diagnosa ini membutuhkan pelatihan ketat dan pedoman hak penilaian formal. Juga harus ada wawancara-wawancara mendalam dan keterangan-keterangan lainya.

Dalam kasus kriminal psikopat sering kali dikenali sebagai pembunuh, pemerkosa dan koruptor. Namun itu hanya 25% dari populasi yang ada. Selebihnya psikopat adalah sosok kepribadian sempurna dengan daya tarik luar biasa. Bertutur kata baik, dan mempesona. Psikopat ini tampak dapat berpikir logis dan masuk akal. Mempunyai tujuan yang dipikirkan matang yang memberikan penjelasan bahwa ada konsekuensi bagi para anti sosial dan pelanggar hukum.

Perlu digarisbawahi psikopat ini tidak sama dengan gila. Pengidapnya sering kali disebut sebagai orang gila tanpa gangguan mental. Hingga saat ini belum ditemukan metode tepat untuk menyembuhkannya. Seringkali metode yang digunakan justru membuat psikopat semakin terlatih memanipulasi, sehingga ia semakin tak terlihat di mata seorang ahli sekalipun.

Penyebab seseorang menjadi psikopat adalah terjadinya korslet dalam otaknya. Susunan syaraf psikopat berbeda dengan orang normal lainnya yang terletak pada bagian-bagian yang memunculkan kasih sayang dan kepedulian, inilah kelainan itu terlihat.

Seorang psikopat juga bisa belajar meniru emosi yang sebenarnya, ia tak merasakannya. Sehingga orang akan tertipu karena mereka terlihat normal dan baik-baik saja.

Ciri-ciri psikopat dapat disimpulkan sebagai brrikut :

1. Menawan, senang bersosialisasi, ramah dan peduli pada orang lain.

2. Tampak logis, masuk akal dengan tujuan yang matang dan akurat dalam penjelasan.

3. Psikopat mampu menilai diri sendiri dan mengoreksi kesalahan di masa lalu.

4. Psikopat tidak mempunyai gejala umum perilaku neurotik, seperti gelisah, cemas dll.

5. Pada kondisi seseorang emosi dan kesal, justru psikopat ini terkesima dan memperlihatkan kekosongan emosi.

6. Mempesona dan pakai berbicara

7. Sombong dan arogan.

8. Tak tahan rasa bosan

9. Senang perilaku anti sosial yang membahayakan.

10. Lihai berbohong.

11. Tidak mempunyai kepedulian, berhati dingin dan tak mempunyai empati.

12. Gaya hidupnya parasit.

13. Tidak dapat mengontrol perilaku.

14. Memiliki perilaku seksual yang tidak menentu.

15. Memiliki masalah perilaku sejak dini.

16. Tidak mampu mencintai

17. Tidak mampu mempertanggungjawabkan kegagalan

Dari semua ciri-ciri tersebut kita tidak bisa serta merta bisa memvonis seseorang adalah psikopat. Seperti telah dijelaskan di atas,masih ada tahapan-tahapan dan pengamatan lebih detail. Hanya seorang ahli yang bisa menentukan,seseorang pskopst atsu bukan.

Gangguan ini bisa timbul karena faktor genetik dan trauma masa kecil. Sebab sering kali psikopat tumbuh pada seseorang yang berlatar belakang keluarga tidak harmonis. Baik dalam bentuk pelecehan, perkelahian orang tua, penelantaran orang tua karena alkohol dll.

Psikopat sering ditemukan pada seorang pria, sementara pada perempuan jarang sekali ditemukan.

Terima kasih sudah mampir, dan sampai jumpa di Therad ane yang lain.

Opini pribadi dengan sumber referensi dan gambar
Kumparan.com
Liputan 6.com
Kompas.com
Tribun News.com
Cerita.co.id
Pixabay
Canva


Diubah oleh husnamutia 09-07-2020 10:41
081364246972
bintangtsurayya
tien212700
tien212700 dan 27 lainnya memberi reputasi
28
4.1K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.