Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Retno Hening, Gudang Inspirasi Ilmu Parenting Untuk Para Orangtua Millennial

cunhidaAvatar border
TS
cunhida
Retno Hening, Gudang Inspirasi Ilmu Parenting Untuk Para Orangtua Millennial

Bagi para orangtua baru, belajar ilmu parenting tentu saja menjadi hal yang sangat penting. Salah satu sosok wanita inspiring yang menjadi panutan dalam dunia parenting bagi ane sebagai calon orangtua adalah Retno Hening. Mbak Retno ini terkenal melalui akun istagramnya dan buku yang ditulisnya dengan judul Happy Little Soul. Banyak sekali hal yang ane pelajari dari beliau dan membuat ane yang masih minim ilmu parenting ini semakin paham bagaimana membentuk anak dengan pribadi yang baik.


sumber : di sini

Bagi para follower Instagram beliau, pasti sudah tidak asing lagi dengan anaknya yang bernama Kirana. Hampir semua cerita keseharian Kirana diceritakan di buku Happy Little Soul tanpa menggurui pembacanya. Pola parenting yang diterapkan menjadikan Kirana sebagai anak yang baik, sopan, manis, dekat dengan orangtuanya, peka dengan sekitarnya dan lain sebagainya. Beberapa hal yang ane dapatkan dari buku parenting yang ditulis mbak Retno adalah sebagai berikut ini :


sumber : dokumen pribadi

1.     Membiasakan 3 magic word
Hal sepele yang sering terlupakan adalah 3 magic word yang ternyata memiliki pengaruh besar bagi jiwa anak. Dengan membiasakan mengucapkan, maaf, tolong, terimakasih anak dapat menjadi pribadi yang baik. Tentu saja hal ini juga harus dicontohkan oleh orangtua agar anak terbiasa.

2.     Membentuk rasa percaya diri anak
Cara membentuk rasa percaya diri anak adalah dengan membiarkan dia untuk melakukan suatu hal sendiri. Biarkan anak mencobanya semaksimal mungkin. Jangan lupa memberikan apresiasi agar dia merasa dirinya bisa melakukannya dengan kemampuan yang dimiliki.

3.     Role play dan berimajinasi
Salah satu hal yang menyenangkan bagi anak adalah ditemani bermain. Disini orangtua dapat mengajaknya menggunakan role play untuk mengenalkan berbagai macam hal terutama jenis pekerjaan. Misalnya saja bermain dokter-dokteran, penjual dan pembeli dan lain sebagainya. sebagai orangtua kita bisa membebaskan anak berimajinasi dengan menggunakan berbagai macam barang sesuai dengan imajinasinya.

4.     Mengajarkan anak mengekspresikan perasaannya
Salah satu hal yang penting agar anak bisa tumbuh dengan baik adalah membiarkannya mengekspresikan perasaannya. Biarkan dia mengenal rasa senang, sedih, marah, kecewa dan lain sebagainya. Hal ini akan baik bagi perkembangan jiwanya karena mereka tidak akan menahan perasaannya karena takut dimarahi. Mereka juga akan lebih terbuka dan mau berbagi cerita saat ada masalah sehingga orangtua mengerti keadaan anak.

5.     Mengajarkan ilmu agama bagi anak
Ilmu agama tentu saja menjadi hal yang penting dan harus ditanamkan sedari kecil. Mulailah dengan mengajarkannya untuk berdoa saat akan memulai aktivitas, meminta pada Tuhan tentang apa yang diharapkan, berterimakasih pada Tuhan dan lain sebagainya.

6.     Memberikan respon kepada anak sejak usia bayi
Mungkin kebanyakan orangtua baru yang belum tahu menganggap anak bayi tidak perlu direspon saat dia belum bisa dimengerti bahasanya. Tetapi ternyata itu salah karena anak sebenarnya sudah mulai belajar dan menginginkan respon dari orang sekitarnya. Hal ini akan berpengaruh pada kemampuannya berkomunikasi kelak.

Ada banyak sekali hal yang ane dapatkan melalui buku parenting Mbak Retno ini. Semoga suatu saat nanti ane bisa menerapkan semua hal baik yang sudah beliau share. Mendidik anak bukanlah hal yang mudah dan anak merupakan amanah yang harus senantiasa dijaga sebaik mungkin. Terimakasih Mbak Retno yang sudah mengajarkan ilmu parenting dengan bahasa simple dan tanpa menggurui sehingga ane sebagai pembaca mendapatkan banyak ilmu.


Diubah oleh cunhida 11-03-2020 03:59
4iinch
infinitesoul
Gimi96
Gimi96 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
5K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.