hayosayasiapaAvatar border
TS
hayosayasiapa
Kenali Fakta Putri Malu, Tumbuhan Liar yang Pemalu!
Agan Sista!

Kalian pasti pernah kan melihat tanaman yang ada di sekitar kalian?
Pasti pernah juga kan iseng-iseng menyentuh tanaman-tanaman ini?
Lalu tanaman yang kalian sentuh tersebut langsup menguncup secara tiba-tiba?

Pasti pernah kan menemukan tanaman seperti ini?
Agan dan Sista tau tanaman apa yang malu-malu saat disentuh tersebut?



Putri Malu

Yap! Tanaman yang akan langsung menguncup malu saat kalian sentuh adalah Mimosa pudica atau yang kita kenal dengan nama Putri Malu. Pasti Agan dan Sista pernah kan sengaja pergi mencari tanaman ini hanya untuk kalian sentuh semuanya agar tanaman-tanaman ini segera menguncupkan daun-daunnya? Soalnya ane juga sering seperti itu waktu jaman kecil dulu, ehehehehe. Selain fakta dia akan menguncupkandaunnya saat disentuh, Agan dan Sista tau ga fakta-fakta lainnya dari tanaman Putri Malu?

Ini dia fakta-fakta dari Putri Malu!



Memiliki Gerakan Nasti



Seperti yang udah ane bahas di atas dan seperti yang Agan dan Sista semua ketahui bahwa tanaman Putri Malu ini akan menguncupkan daun-daunnya saat disentuh layaknya putri yang pemalu. Nah, gerakan menutup dan membukanya daun-daun tersebut memiliki nama gerakan nasti, GanSis. Oh iya, gerakan nasti ini tak hanya terjadi saat Agan dan Sista sentuh aja loh, putri malu juga akan melakukan gerakan nasti akibat cahaya yang diterimanya. Ketika siang hari (banyak cahaya) daun-daun putri malu akan terbuka, sedangkan saat malam hari (minim cahaya) daun-daun putri malu akan menguncup alias tertutup.


Gerakan Nasti Terjadi Akibat Keseimbangan Air Pada Bantal Daun



Agan dan Sista pernah mencari tau ga sih kenapa Putri Malu ini bisa tiba-tiba menguncup saat disentuh dan akan kebmbali terbuka beberapa saat kemudian? Ternyata, gerakan nasti ini terjadi akibat keseimbangan air pada bantal daun. Maksudnya? Jadi, Bantal daun pada Putri Malu terletak pada bagian pangkal daun, dan saat daun ini tersentuh ia akan kehilangan tekanan dan akan membuat daun ini menguncup. Tapi sesaat kemudian ketika tekanan air bantal kembali normal, daun Putri Malu akan mekar kembali.


Gerakan Nasti untuk Melindungi Diri



Ternyata oh ternyata, gerakan nasti yang dilakukan oleh putri malu terjadi bukan tanpa alasan, GanSis. Gerakan nasti ini terjadi untuk melindungi diri si Putri Malu dari binatang-binatang herbivora yang ingin menyantap tanaman putri malu ini.Yap! Dengan melakukan gerakan nasti, binatang-binatang yang tadinya ingin menyantap Putri Malu akan mengira bahwa tanaman ini layu (akibat gerakan daunnya yang tertutup) sehingga binatang-binatang ini pun tidak jadi memakan Putri Malu.


Putri Malu adalah Tumbuhan Liar



Agan dan Sista tau ga, ternyata tumbuhan yang sering dijadikan mainan oleh anak-anak karena kemampuannya menutup dan membuka daunnya adalah tumbuhan liar loh. Yap! Putri Malu akan sangat mudah sekali tumbuh di pinggir jalan, taman, atau lahan kosong. Pasti Agan dan Sista juga sering menemukannya kan?



SUMBER
kumaniaks
NadarNadz
tien212700
tien212700 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
5.1K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
TanamanKASKUS Official
3.9KThread2.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.