Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • David Datuna, Sang Seniman Lapar yang Memakan Pisang Senilai 1.68 Milyar

venomkatsuAvatar border
TS
venomkatsu
David Datuna, Sang Seniman Lapar yang Memakan Pisang Senilai 1.68 Milyar



Selamat Siang GanSist!

Bulan Desember lalu, pungunjung galeri seni Art Basel di Miami dihebohkan dengan sebuah instalasai seni berupa sebuah pisang yang dilakban di dinding galeri tersebut dan terjual dengan harga $120.000,- atau sekitar 1,68 Milyar rupiah.

Karya seni itu dibeli oleh seorang wanita asal Perancis.

Instalasi seni tersebut adalah karya milik seorang seniman asal Italia, yaitu Maurizio Cattelan yang diberi nama 'Comedian'.



Sekilas tidak ada yang menarik dari instalasi seni tersebut, hanya sebuah pisang yang dibeli dari sebuah supermarket di Miami dan direkatkan di dinding dengan menggunakan lakban. Namun fenomena pisang ini menjadi pembelajaran tentang bagaimana suatu cerita bisa menjadi viral di dunia hanya dengan benda sederhana dan betapa banyak orang yang suka membenci seni kontemporer.

Belum juga hilang kehebohan para pengunjung dengan karya seni tersebut, secara tiba-tiba seorang seniman kelahiran Georgia yang tinggal di New York City bernama David Datuna secara sengaja memakan pisang yang ditempel di dinding yang dilakban tersebut.

David Datuna merupakan seniman yang dikenal dengan seri Viewpoint of Millions yang mengeksplorasi sumber dan makna identitas budaya dari setiap sudut pandang yang unik.

Dia menganggap tindakannya memakan pisang tersebut juga merupakan sebuah aktivitas seni, ia menyebutnya sebagai "Hungry Artist". Namun karena dia tidak memiliki izin dari sang pemilik karya seni dan juga panitia penyelenggara, akibat perbuatannya memakan pisang tersebut, David Datuna mendapat teguran keras dari panitia dan diminta keluar dari galeri, tidak diperkenankan masuk kembali.

Wah, gimana dengan pembeli karya seninya ya ya, kalau pisangnya dimakan? Ternyata menurut panitia, pisang tersebut dapat diganti oleh pisang lainnya yang lebih fresh. Iyalah ... kalo busuk ga enak juga kan liatnya.

Tapi yang ane heran, ada ajah ya yang mau ngeluarin uang sebanyak itu untuk membeli karya seni tersebut. Ya kali uang segitu bisa beli pisang satu pasar #kidding.
Ah ... sultan mah, bebaaaassss!!

Yang ngerti seni kasih pencerahan donk!

Sekian thread receh TS kali ini.


Refferensi The Commedian
Diubah oleh venomkatsu 11-03-2020 05:29
sebelahblog
4iinch
infinitesoul
infinitesoul dan 6 lainnya memberi reputasi
7
2K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.