Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

VitaArkanaAvatar border
TS
VitaArkana
Anne Avantie, Inspirasi Kebaya dari Tradisi menjadi Karya
Anne Avantie sang maestro kebaya kebanggaan Indonesia


Anne Avantie, Inspirasi Kebaya dari Tradisi menjadi Karya


Assalamualaikum Agan dan Sista tercinta, jumpa lagi di thread VitaArkana. Bagaimana kabarnya? Semoga Agan dan Sista semua dalam keadaan sehat dan penuh rezeki. Aamiin ....


Kali ini, ane akan berbicara tentang wanita inspiratif dalam rangka memperingati hari wanita internasional yang jatuh pada tanggal 8 Maret.


Wanita yang tangguh adalah wanita yang bisa survive menghadapi kegagalan dalam hidupnya dengan sabar semangat dan terus berusaha untuk bangkit tanpa menghilangkan identitas kewanitaannya. Itulah definisi wanita tangguh menurut ane.


Ada satu wanita yang sangat inspiratif terutama dalam bidang mengembangkan budaya dan seni Indonesia, melestarikan identitas wanita Indonesia. Beliau mengembangkan budaya Indonesia lewat busana kebaya. Dialah Ibu Anne Avantie. Wanita kelahiran Semarang, 20 Mei 1954 ini menghabiskan masa kecilnya di Solo.


Anne Avantie, Inspirasi Kebaya dari Tradisi menjadi Karya
Sumber : kirani.id


Anne Avantie adalah perancang busana Indonesia yang terkenal melalui koleksi kebaya hasil karyanya. Kebaya hasil karyanya telah dikenal di skala internasional dan sering dipakai oleh para selebriti Indonesia hingga sejumlah ratu sejagat yang pernah datang ke Indonesia ( Wikipedia ).


Sudah ribuan kebaya hasil karya ibu Anne Avantie. Bahkan beliau adalah perancang kebaya langganan artis dan pejabat di Indonesia. Dengan kebaya beliau mengumpulkan pundi-pundi kekayaannya. Saat yang lain demam memakai busana kebarat-baratan, beliau tetap eksis dengan kebaya, yang notabene adalah pakaian khas wanita Indonesia.


Anne Avantie, Inspirasi Kebaya dari Tradisi menjadi Karya
Sumber : kenangan.com


Talenta beliau didapat dari ibunya, yang terlihat sejak bersekolah di SD, Ibu Anne telah menunjukkan ketertarikannya di bidang mode. Beliau sering membuat hiasan pita rambut kemudian dijual kepada teman-temannya. Beliau juga pernah dipercaya untuk membuat kostum panggung untuk grup vokal dan tari di sekolah, sampai berbagai acara hiburan untuk remaja di Solo.


Ketertarikan beliau pada kebaya bermula saat menjadi perancang di sebuah kontrakan bernama Griya Busana Permatasari pada tahun 1989. Beliau banyak membuat kostum penari dan berbagai busana malam yang berciri khas manik-manik, selain itu juga menyewakan kostum tari. Bisnis beliau bermula di kota Semarang. Hingga akhirnya dengan dukungan suami dan anak-anaknya, beliau memberanikan diri untuk mencari peruntungan ke Jakarta.
Banyak hal berliku yang beliau alami untuk sampai pada saat sekarang ini.


Apa sajakah hal-hal yang ada pada diri Anne Avantie yang layak membuat dirinya disebut sebagai wanita inspiratif? Yuk cek disini :


1. Lulusan SMP, namun pintar mencari peluang
Hal yang membuat beliau sangat terpuruk, saat Ibundanya menyuruh beliau putus sekolah karena ayahnya telah berpulang dan sang ibunda terkena kanker. Namun, putus sekolah bukan berarti hilang harapan, beliau sekuat tenaga berusaha agar bisa bertahan dengan apa yang ada, terutama dengan bakat menjahitnya.

2. Ibunda adalah segalanya
Siapa tak sedih saat Ibunda di diagnosa kanker stadium 3B. Beliau bersusah payah berusaha untuk mengobati ibunda tercinta. Bagi beliau, ibundanya adalah harta paling berharga. Cinta kasih seorang anak yang tulus untuk ibunda tercinta, satu-satunya harta yang dimiliki saat itu.


3. Ikhlas
Beliau ikhlas menjual segala harta yang dimilikinya demi untuk berobat sang ibunda ke Singapura.


4. Bertalenta tinggi
Bakat beliau dalam menjahit didapat dari Ibundanya. Beliau belajar secara otodidak hanya dari kain dan manekin. Meski kurang pengetahuan dalam membuat pola, beliau tak lelah berusaha belajar.


5. Semangat
Meski pada awalnya mengalami masa sulit hingga putus sekolah dan pernah gagal dalam pernikahan, beliau selalu bersemangat dan optimis dalam menatap masa depan. Tak ada kata putus asa, harapan selalu ada. Apalagi adanya dukungan dari keluarga tercinta.

6. Tekun
Buah keberhasilan adalah tekun. Ibu Anne Avantie berhasil membuktikannya. Ketekunan beliau dalam merancang kebaya hingga menjadi seperti sekarang ini merupakan hasil perjuangan tak kenal lelah beliau. Kegagalan tak serta merta membuat beliau malas. Namun justru membuat talenta beliau semakin terasah.


Anne Avantie, Inspirasi Kebaya dari Tradisi menjadi Karya
Sumber : lifepal.co.id


Banyak sekali pelajaran yang kita dapat dalam perjalanan hidup Ibu Anne Avantie. Kegagalan dan keterpurukan yang beliau alami dihadapi dengan penuh semangat dan ketekunan. Seperti yang ibunda dari Anne Avantie ucapkan bahwa "jangan pernah khawatir, karena talenta adalah kekayaan terbesar setiap manusia dan itu tidak akan pernah dicuri siapa pun. Pertahankan itu".


Demikianlah thread dari ane, semoga bermanfaat dan selamat.

Terimakasih


Penulis : VitaArkana
Sumber : opini pribadi, sum 1, sum 2
sebelahblog
4iinch
Gimi96
Gimi96 dan 37 lainnya memberi reputasi
38
3.5K
87
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.