Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

borongyuk505Avatar border
TS
borongyuk505
Perbandingan Belanja di Toko Online VS Toko Offline
Perbandingan Belanja di Toko Online VS Toko Offline
Tempat mana yang menjadi pilihan favorit Anda untuk berbelanja? Toko online atau toko offline kah? Di sini, kami berikan perbandingan kedua jenis toko tersebut!


Weekend segera tiba. Berencana ingin menghabiskan akhir pekan dengan berbelanja? Cara ini dilakukan oleh kebanyakan orang karena berbagai alasan. Salah satunya adalah mengusir rasa lelah setelah beraktivitas penuh selama hari kerja.

Kini, berbelanja pun semakin mudah. Bagi Anda yang memiliki banyak waktu untuk berkeliling mal dan berbelanja barang incaran, bisa langsung datang ke toko offline. Namun, bila tidak memiliki banyak waktu dan ingin praktis, bisa kunjungi toko online.

Lantas, apa saja kelebihan serta kekurangan dari toko online dan toko offline? Kami berikan perbandingannya untuk Anda!

Kelebihan Toko Online


Seiring berkembangnya toko online, tentu berbanding lurus dengan banyaknya permintaan pasar. Lalu, mengapa toko online menjadi pilihan banyak orang untuk berbelanja?

1. Harga Lebih ‘Berani’
Sebagian besar toko online menawarkan harga yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan toko offline. Alasannya, saat ini sudah banyak orang yang mengetahui bahwa barang-barang yang dijual di internet cenderung lebih murah karena tidak dikenakan pajak bangunan seperti toko offline.

Alasan lain, yaitu sudah banyak bermunculan toko online dengan variasi harga terbaik. Akhirnya, para pebisnis online pun mengurangi margin keuntungan demi mendapatkan banyak pelanggan.

2. Waktu Fleksibel
Toko online memungkinkan Anda untuk berbelanja barang tanpa harus banyak menyita waktu. Belanja bisa dilakukan di waktu senggang ataupun di sela-sela jam sibuk. Saat ini transaksi di toko online semakin mudah dengan pembayaran menggunakan kartu kredit.

3. Barang Lebih Bervariasi
Sebagian besar toko offline hanya memiliki produk terbatas. Seperti contoh, mungkin ada beberapa produk yang hanya tersedia di toko offline tertentu. Toko online memungkinkan Anda untuk menemukan banyak produk yang tidak ditemukan di toko offline.

4. Tidak Terbatas
Toko online memberikan hak khusus untuk calon pembelinya, yaitu dengan cara memberikan waktu belanja kapanpun. Toko online tidak pernah tutup dalam waktu 7x24 jam. Namun, biasanya pengiriman barang dilakukan sesuai dengan jam kerja, dan peraturan setiap toko online.

Kekurangan Toko Online


Tak jarang orang terlena dengan barang-barang yang dijual secara online. Maka dari itu, Anda wajib mengetahui 5 Trik Berhemat Saat Belanja Online. Inilah beberapa kekurangan dari toko offline.

1. Jeda Waktu Pembayaran dan Pengiriman Barang
Dalam melakukan transaksi pembayaran dan pengiriman barang, terdapat jeda waktu yang cukup lama. Belum lagi jika terdapat kendala pada bagian jasa pengiriman karena overload. Kalau sudah begitu, perlu bersabar beberapa hari hingga order Anda tiba.

Biasanya, toko online melakukan aturan kepada pembelinya dengan membayar terlebih dahulu baru barang akan dikirim ke alamat. Namun, ada juga yang menerapkan sistem Cash On Delivery (COD).

2. Biaya Pengiriman
Toko online menetapkan biaya pengiriman yang akan menambah total pengeluaran. Semakin jauh alamat yang dituju, maka semakin mahal pula biaya pengiriman. Selain itu, jika produk dikirim dari negara lain, biasanya Anda juga akan bertanggung jawab untuk membayar pajak tambahan.

3. Kemungkinan Kerusakan Barang
Kerusakan barang saat pengiriman mungkin saja terjadi. Jika barang tersebut mengalami kerusakan, maka dapat memakan waktu beberapa hari untuk melakukan penggantian dengan cara mengirim kembali.


4. Rawan Pembohongan
Waspadalah, jangan sampai Anda menjadi target pembohongan belanja online. Dalam belanja online, risiko yang bisa terjadi adalah kasus pembohongan. Hal ini terjadi jika situs yang Anda kunjungi kurang tepercaya.

Untuk menghindarinya, maka pilihlah situs online yang aman dan memang sudah tepercaya. Selain itu, Anda harus mengetahui kredibilitas sang penjual dan juga testimoni dari pembeli lain. Jika terdapat banyak testimoni yang positif, maka Anda bisa melanjutkan belanja.

5. Barang Tidak Sesuai
Barang yang dipajang toko online terkadang tidak sesuai dengan ekspektasi pembeli. Misalnya saja ukuran baju atau sepatu yang ternyata tidak sesuai dengan ukuran yang biasa Anda gunakan. Namun, ada beberapa toko online yang memberikan layanan penukaran barang.

Kelebihan Toko Offline


Setelah membahas toko online, kini saatnya Anda mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari toko offline.

1. Cek Barang Secara Langsung
Ini adalah kelebihan pertama dari toko offline. Sebelum memutuskan untuk membeli, Anda bisa langsung mengecek barang dan menimbang-nimbangnya terlebih dahulu. Apakah ada cacat atau harga yang ditawarkan sesuai dengan kualitasnya. Cara ini hanya bisa Anda temui saat belanja di toko offline.

2. Tidak Tertipu
Berbanding terbalik dengan toko online, berbelanja di toko offline menghindarkan Anda dari pembohongan terhadap kualitas barang. Dengan melihat secara langsung, maka Anda bisa menilai sendiri kualitas barang tersebut.

3. Tidak Ada Kesalahan Memesan
Bagi tipe orang yang sering bertindak ceroboh atau sedikit gaptek (gagap tekonologi), ada baiknya untuk membeli langsung di toko offline. Pasalnya, Anda tidak mungkin melakukan kesalahan dalam pemesanan. Hal ini akan menghindarkan Anda dari mengeluarkan uang terlalu banyak.

4. Bisa Minta Saran
Jika bingung dalam memilih atau menentukan barang, Anda bisa meminta saran kepada staf toko. Mereka pastinya dengan senang hati membantu para calon pembeli.



Kekurangan Toko Offline


Berikut adalah kekurangan bila berbelanja di toko offline.

1. Memakan Waktu
Belanja offline mengharuskan Anda datang langsung ke toko. Hal ini tentu bisa dilakukan jika Anda memiliki waktu yang cukup banyak untuk berjalan-jalan dan membeli barang.

2. Lokasi Terbatas
Toko offline cenderung berlokasi di satu tempat dan mengharuskan orang untuk datang langsung.

3. Jangkauan Pasar Terbatas
Dikarenakan lokasinya berada di satu tempat, maka pembeli yang datang kemungkinan hanya di sekitar wilayah toko offline tersebut.

4. Waktu Belanja Terbatas
Toko offline hanya bisa buka dengan waktu-waktu yang terbatas, bergantung pada kebijakan dari toko tersebut. Namun, tampaknya tidak ada yang sampai 7x24 jam.
Diubah oleh borongyuk505 19-07-2018 07:50
0
14.8K
3
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Online Business
The Online BusinessKASKUS Official
25.3KThread3.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.